Perlukah untuk Update BIOS Motherboard PC / Laptop anda sekarang? - ASHADIN

Saturday, March 2, 2019

Perlukah untuk Update BIOS Motherboard PC / Laptop anda sekarang?

Perlukah untuk Update BIOS Motherboard PC / Laptop anda sekarang?

Apakah penting update BIOS

Apakah anda seorang yang sering melakukan pembaharuan terhadap OS Windows secara berkala? maka harusnya anda juga memperhatikan hal ini, yaitu adalah melakukan Update BIOS pada Motherboard agar kinerja dari PC/Laptop anda menjadi lebih baik dari pada sebelumnya.

Untuk anda ketahui, melakukan update BIOS memang tidak wajib hukumnya, karena biasanya sebuah PC atau Laptop yang sudah menjalankan Motherboard tertentu pasti sudah di pasangkan BIOS yang stabil untuk di gunakan.

Sebelum itu anda harus tahu dulu apasih BIOS itu? BIOS adalah singkatan dari (Basic Input Output System) yang merupakan sebuah software khusus Motherboard untuk menjalankan perintah dasar bagi semua hardwware yang terpasang di Motherboard, maka dengan demikian peran BIOS ini sangat penting memang untuk menunjang kinerja dari sebuah perangkat komputer.

Umumnya para vendor Motherboard pasti akan mengeluarkan versi update dari BIOS dalam waktu tertentu, memang pasti ada alasan di balik perilisan versi BIOS yang mereka lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Bugs


Hal yang pasti terjadi pada setiap versi terbaru dari BIOS adalah penyelesaian suatu Bugs atau kecacatan dalam versi BIOS sebelumnya, dengan datangnya versi baru ini, maka kinerja Motherboard akan lebih baik lagi.

Alasannya cukup sederhana, karena Bugs yang sebelumnya ada yang mungkin saja membuat performa PC anda kurang nyaman, kita sudah terselesaikan berkat update BIOS tersebut.


2. Stabilitas


Selain menyelesaikan atau memperbaiki beberapa Bugs, pada versi terbaru dari BIOS pada masing-masing vendor, biasanya juga melakukan penyesuaian ulang pada settingan yang sudah ada sebelumnya.

Sehingga stabilitas kinerja Motherboard untuk menjalankan Hardware yang lain semakin membaik dan efektif dari sebelumnya, maka jangan heran jika anda mendapati peningkatan yang signifikan dari performa PC Desktop atau Laptop anda jika telah melakukan update BIOS tersebut.


3. Fitur baru


Ini adalah alasan selanjutnya kenapa pihak vendor merilis versi terbaru dari BIOS yang di gunakan oleh Motherboard yang mereke rilis, salah satunya adalah pemutakhiran fitur, seperti di tambahkannya pengaturan kecepatan RAM, kipas, Boot dan lain sebagainya.

Hal ini akan menjadi sangat penting, jika memang anda perlu settingan tersebut adadi BIOS yang anda gunakan saat ini, karena BIOS ini bisa menentukan apakah sebuah hardware itu berjalan pada standardnya atau di naikan levelnya (Overclock) semua ini umumnya bisa di lakukan dengan mengubah settingan dari BIOS tersebut.


Saya pikir ke-3 alasan diatas sudah cukup untuk menggambarkan bahwa faktanya melakukan update BIOS itu penting untuk di lakukan, hanya saja tidak bersifat wajib! dan anda bisa mengabaikan update tersbut jika memang anda tidak ingin melakukan update atau masih merasa nyaman dengan BIOS yang sekarang anda gunakan.

Perlu saya tekankan lagi, faktanya untuk melakukan update BIOS pada Motherboard itu caranya bisa berbeda-beda tergantung dari vendor bersangkutan, misalnya Motherboard Asus dan Biostar itu sudah pasti beda cara melakukan Update BIOS-nya.

Silahkan masuk ke Official Web masing-masing Motherboard tersebut untuk bisa mendapatkan informasi terkait update BIOS tersebut, jangan lakukan sembarangan! karena jika gagal Motherboard matot dan ini pernah saya alami, ketika sedang melakukan update BIOS baru berjalan seperempat mati listrik dan pada akhirnya Mobo PC saya dinyatakan matot oleh para ahlinya, untung Mobo murahan, jika yang mahal mungkin saya akan meneteskan air mata setelahnya.

Maka dengan demikian anda juga harus berhati-hati dalam melakukan update BIOS tersebut, baca dengan benar perintahnya dan pastikan PC / Laptop tidak mati di tengah jalan ketika sedang melakukan update BIOS, karena hasilnya bisa sangat sangat fatal sekali!

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact