Kenapa sih anda harus memiliki Smartphone dengan USB Type-C sekarang ini? - ASHADIN

Wednesday, March 6, 2019

Kenapa sih anda harus memiliki Smartphone dengan USB Type-C sekarang ini?

Kenapa sih anda harus memiliki Smartphone dengan USB Type-C sekarang ini?

Kenapa harus pakai USB Type C

Sama seperti teknologi lainnya, saat ini teknologi konektor sudah berjalan ke arah yang lebih modern, jika sebelumnya anda mengenal dengan istilah Micro USB, maka saat ini yang populer adalah seri USB Type-C.

Memang bukan barang baru, mengingat sejak tahun 2013 USB Type-C ini memang sudah di implementasikan ke berbagai smartphone, hingga sekarang ini dapat anda lihat bahwa smartphone sudah sebagian besar menggunakan teknologi USB Type-C tersebut.

Hanya saja fakta di lapangan menyebutkan bahwa hanya smartphone dengan Grade Mid hingga High-end saja yang menggunakan USB Type-C tersebut, untuk smartphone Entry-level masih banyak bahkan hampir semuannya menggunakan Micro USB, salah satu faktornya adalah masalah biaya produksi yang mungkin saja akan lebih mahal dari USB Type-C.

Selanjutnya saat ini USB Type-C juga sudah sangat lumrah di gunakan, karena di dunia komperisasi terutama produk Komputer Portable yaitu Laptop, rata-rata sudah menyediakan USB Type-C untuk mendukung perangkat yang tentu saja juga sudah Support USB Type-C tersebut.


Adapun keunggulan dari USB Type-C adalah sebagai berikut :



1. Konektor bolak balik


Istilahnya adalah Reversible yang artinya anda tidak akan kesulitan sama sekali dalam penggunaannya, karena bentuk design dari Konektor tersebut antara sisi atas dan bawah sama, sehingga anda tidak akan menemukan salah colok yang berpotensi merusak lubang konektor yang ada seperti Micro USB.


2. Kecepatan Transfer yang lebih cepat


Umumnya USB Type-C memiliki kekuatan Transfer data yang lebih cepat dari Micro USB, yaitu 10Gbps yang pada Micro USB cuma 5Gbps, fitur ini akan sangat berguna jika anda ingin mentransfer data besar. Namun, dengan waktu proses yang 2 kali lebih cepat dari USB Traditional.


3. Bersifat Universal


Bayangkan saja jika anda ingin mengkoneksikan device ke Monitor dengan standard koneksi VGA, Display Port dan lainnya, maka USB Type-C ini bisa diandalkan, selain bersifat Efisien faktanya USB Type-C ini sudah support banyak jenis konektor lainnya, sehingga dapat diandalkan dalam berbagai macam kondisi.

Sehingga wajar jika sekarang penggunaan seperti Jack 3.5mm di hilangkan, karena fungsinya sebenarnya bisa di gantikan dengan USB Type-C tersebut, selain akan membuat design smartphone semakin tipis, menghilangkan Jack 3.5mm juga akan banyak memberikan ruang bagi para pembuat smartphone untuk bisa berinovasi lebih, terkait space yang masih cukup lebar di smartphone yang mereka buat.


4. Teknologi masa depan


Ini sudah sangat jelas, mungkin 3-5 tahun kedepan kita tidak akan menggunakan Micro USB lagi, karena memang tipe Micro USB sudah mulai kuno penggunaannya, maka akan lebih rasional jika kita menggunakan variant USB yang lebih baru yaitu USB Type-C.

Hanya saja ada beberapa kendala yang perlu anda hadapi sekarang ini jika memiliki smartphone dengan USB Type-C yaitu adalah anda kemana-mana harus membawa Charger smartphone anda, karena di masyrakat umumnya jika anda ingin meminjam sebuah Charge, maka saya pastikan anda akan kesulitan untuk menemukan Charger dengan teknologi USB Type-C.

Tetapi dengan beberapa fitur canggih dan tentu saja lebih modern dari sebelumnya, sangat layak sebenarnya jika anda membeli sebuah smartphone dengan USB Type-C sekarang ini, karena biasanya smartphone dengan USB Type-C sudah di bekali dengan teknologi Fast Charging secara default.

Jadi, banyak keuntungannya sebenarnya jika anda menggunakan smartphone dengan teknologi USB Type-C tersebut.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact