Cara masuk ke Menu Recovery di semua smartphone Android - ASHADIN

Friday, March 8, 2019

Cara masuk ke Menu Recovery di semua smartphone Android

Cara masuk ke Menu Recovery di semua smartphone Android

Cara masuk ke mode Recovery Android

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya semua smartphone Android itu harsunya memiliki atau berpotensi di pasang sebuah Tool Recovery yang memang akan memberikan manfaat dan kegunaan yang besar untuk para penggunannya.

Selain itu sudah secara detail saya sebutkan dan jelaskan arti dan masing-masing dari kegunaan fitur kunci/penting yang ada di Recovery Android tersebut pada artikel ini Arti Recovery di Android, Kegunaan serta Fungsinya yang sangat bermanfaat.

Lalu, yang selanjutnya adalah bagaimana sih cara mengakses menu Recovery tersebut? sejauh ini ada 3 buah macam cara yang bisa anda lakukan untuk bisa mengakses menu Recovery di Android dengan syarat utama smartphone Android anda harus sudah punya Recovery, bisa Recovery bawaan atau Custom Recovery seperti TWRP.

Umumnya di Recovery Bawaan anda tidak akan bisa menggunakan fitur Touch Screen, lalu bagaimana cara menavigasikannya? yaitu dengan menggunakan tombol Volume untuk Navigasi atas bawah dan tombol Power untuk melakukan Eksekusinya.

Berbeda dengan jenis Custom Recovry seperti TWRP atau Recovery lain yang berbasis TWRP, pada jenis Custom Recovery tersebut anda sudah bisa dan sangat memungkinkan menggunakan Touch Screen, karena pada jenis TWRP ini kemampuan dari Recovery Android sudah jauh lebih di tingkatkan dari pada Recovery bawaan pada umumnya.

Berikut adalah k-3 buah cara yang bisa anda lakukan untuk bisa mengakses ke Menu Recovery dari smartphone Android anda, dan salah satu cara lainnya membutuhkan bantuan PC Desktop / Laptop untuk menjempatani perintah agar device Android anda masuk ke dalam Mode Recovery.


Dan inilah ke-3 cara tersebut :



# Via Aplikasi Updater


Memang tidak semua smartphone Android memiliki fitur seperti ini, salah satunya Xiaomi, di dalam smartphone Xiaomi anda bisa menemukan sebuah aplikasi bernama Updater pada aplikasi tersebut sangat memungkinkan bagi anda untuk masuk ke menu Recovery dengan cara menekan opsi Reboot To Recovery.

Untuk tipe smartphone lain yang tidak punya fitur aplikasi Updater tersebut, masih akan bisa masuk ke dalam Mode Recovery, tetapi dengan cara manual yang akan di jelaskan ke cara nomor 2 di bawah ini.


# Special Key


Anda bisa masuk ke menu Recovery dengan sangat mudah dengan cara menekan tombol tertentu pada smartphone Android anda, dengan mekanisme sebagai berikut :

1. Silahkan matikan dulu smartphone Android anda.
2. Lalu tekan Tombol Volume (-) atau (+) dan Power berbarengan, bisa juga menekan dengan menekan Tombol Home jika memang tersedia tombol Fisiknya dan tekan tombol tersebut semuanya berbarengan, hingga masuk ke Menu Recovery.

Umumnya cara ini akan berbeda-beda di setiap smartphone Android, seperti Xiaomi masuk ke Menu Recovery bisa di lakukan dengan menekan Tombol Volume (+) dan Power berbarengan, tetapi di Oppo masuk ke Menu Recovery baru bisa di lakukan dengan menekan tombol (-) dan Power berbarengan.


# Command Prompt


Cara ini adalah cara yang bersifat Universal, artinya Command ini bisa di lakukan untuk semua smartphone Android, asalkan memenuhi syarat di bawah ini :

1. Recovery sudah ada dan terpasang di Smartphone Android.
2. Membutuhkan sebuah PC Desktop / Laptop Windows untuk menjalankan Command Prompt.
3. Kabel USB.
4. Fitur USB Debugging sudah aktif di smartphone Android anda.
5. ADB Driver sudah terpasang di Windows PC/Laptop yang anda miliki.

Maka, jika semua syarat diatas sudah anda penuhi, maka saat ini pun anda sudah bisa masuk ke Mode Recovery dengan mudah, caranya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan hubungkan Smartphone Android anda ke PC dengan kabel USB.
2. Buka Command Prompt dan arahkan ke Folder Direktori ADB Driver.
3. Untuk mengecek apakah Android anda sudah terhubung ke PC dengan baik atau tidak silahkan masukan perintah ini :

adb devices

Jika sudah terhubung dengan munculnya tulisan List Attached, maka silahkan masukan perintah ini untuk masuk ke Mode Recovery :

adb reboot recovery

4. Maka setelahnya smartphone Android anda akan secara otomatis masuk ke dalam Mode Recovery.
5. Done!

Ketiga cara diatas memang sudah terbukti untuk bisa mengantarkan smartphone Android anda masuk kedalam Mode Recovery, terkecuali cara pertama dan cara kedua, anda di perlukan mencari Informasi yang lebih spesifik lagi untuk bagaimana Special Key dan aplikasinya jika ada.

Tetapi, jika anda tidak ingin ambil pusing, silahkan gunakan cara ke-3, saya sendiri pribadi lebih sudah cara ke-3 tersebut, karena selalu berhasil mengantarkan saya ke Menu Recovery, selanjutnya silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Apakah anda ingin melakukan ROOT, melakukan Wipe atau memasang Custom ROM, semua hal tersebut kini sudah bisa anda lakukan melalui Recovery Android, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact