Cara Customize Themes di MIUI 10 untuk merubah Style Themes biar lebih keren! - ASHADIN

Tuesday, March 5, 2019

Cara Customize Themes di MIUI 10 untuk merubah Style Themes biar lebih keren!

Cara Customize Themes di MIUI 10 untuk merubah Style Themes biar lebih keren!

Cara Customize Themes MIUI 10

Sudah sejak lama MIUI menyandang gelar ROM dengan tampilan dan fitur customisasi yang sangat lengkap dan indah, hingga ke versi yang paling baru sekarang yaitu MIUI 10 yang tentu saja hadir dengan tampilan yang lebih keren, elegant dan pastinya lebih kaya fitur dari seri pendahulunya.

Memang sudah lama sejak MIUI 10 di rilis secara global, tetapi hanya beberapa di antara pengguna yang tahu ternyata ada sebuah fitur di MIUI 10 yang bisa untuk mengcustomisasi sebuah tema.

Bagaimana maksudnya? yaitu seperti yang sudah saya bilang sebelumnya anda bisa mengcustomisasi Tema di MIUI 10 yang sedang anda gunakan sekarang ini, maksud saya adalah anda bisa mengganti keseluruhan dari Themes default seperti mengganti Icon, Statusbar, Message, Home dan lainnya.

Misalkan begini, anda suka denga salah satu Themes yang ada di Themes Manager MIUI 10, tetapi anda tidak suka tampilan Lockscreennya. Nah! tinggal anda ganti saja Lockscreen di Themes yang tidak anda sukai tersebut dengan Lockscreen dari Themes lain. 

Inilah hebatnya MIUI anda bisa melakukan hal serupa, karena memang fitur ini sudah ada sejak versi MIUI 4 atau 5 kalau tidak salah, hingga ke versi MIUI 10 fitur ini juga masih tetap ada, hanya saja hanya sedikit pengguna yang tahu, karena memang peletakan dari fitur satu ini memang agak tersembunyi.


Berikut adalah cara untuk mendapati lokasi dari Fitur keren satu ini :


1. Silahkan masuk aplikasi Themes Manager MIUI.
2. Lalu Klik Icon opsi di paling kanan, seperti ini :

Cara Customize Themes MIUI 10

3. Lalu pilih opsi Customize Themes.

Cara Customize Themes MIUI 10

4. Pada tahap ini anda bisa dengan bebas mengganti tampilan Lockscreen, Tray, Status bar, Icons, Messaging dan Dial Pad.

Cara Customize Themes MIUI 10

5. Sayangnya anda tidak bisa mengganti Font di opsi ini, tetapi anda masih bisa mengganti Font tersebut tanpa perlu ROOT dengan cara ini Cara merubah Font di MIUI 10 tanpa ROOT 100% pasti berhasil.
6. Sebaiknya lakukan Reboot setelah mengganti Part dari Themes yang telah anda gonta-ganti.
7. Done!

Dengan demikian, saya yakin sekarang anda bisa lebih betah dengan smartphone Xiaomi yang anda miliki, karena anda bebas mengganti Style Themes dengan gaya anda sendiri.

Untuk kekurangan dari cara ini, saya pikir tidak ada, kecuali biasanya terdapat masalah misalnya anda basenya menggunakan Themes Dark, lalu menggunakan Komponen Part dari Themes dengan Style Light, biasanya akan terjadi ketidak cocokan, seperti Text yang sama gelapnya dengan Background Themes tersebut.

Untuk masalah Performance saya pikir tidak akan ada masalah jika anda menggunakan smartphone Xiaomi dengan kapasitas RAM 2GB keatas, karena faktanya dengan anda melakukan Customisasi Themes maka penggunaan RAM untuk Source Themes akan menjadi sedikit lebih banyak.

Wajar saja karena menggunakan banyak Part lebih dari satu Themes, sejauh ini saya tidak menemukan masalah berarti, selain Smartphone Xiaomi saya menjadi lebih enak di pandang, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact