√ Tips agar Download di IDM tidak Corrupt - ASHADIN

Saturday, March 16, 2019

Atasi Download IDM Corrupt

√ Tips agar Download di IDM tidak Corrupt

Cara agar download tidak Corrupt

Melakukan aktifitas Download memang sangat menyenangkan, terlebih jika di barengi dengan koneksi Internet yang cepat dan Stabil, maka sudah pasti siapa saja akan ketagihan untuk melakukan Download file apapun.

Saat ini ada banyak sekali jenis File yang bisa anda download melalui Internet, bisa itu untuk kepentingan produktivitas, hiburan, maupun hal lainnya, banyak orang lebih memilih melakukan Download File di banding dengan melakukan Streaming.

Alasannya cukup sederhana, karena dengan melakukan Download anda hanya perlu sekali saja menggunakan Data Internet. Tetapi, jika anda melakukan Streaming maka Data Internet anda akan selalu tergerus jika anda menonton Video tersebut secara berulang kali.

Selain itu kebanyakan orang yang memilih mendownload File itu karena biasanya media Streaming itu tidak stabil, bisa jadi Internet anda kencang, tetapi Server Video lelet atau penuh, maupun sebaliknya.

Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu kelancaran anda untuk menikmati sebuah hiburan, bukannya terhibur malah jadi kesal setelahnya.

Melakukan Download sendiri juga tidak sepenuhnya menyenangkan, adakalanya anda di buat kesal, yaitu jika dalam kondisi File yang sudah anda Download mengalami Corrupt (Rusak) padahal anda sudah menunggu dalam waktu yang cukup lama.

Umumnya kasus seperti ini terjadi pada File Download yang ber-size besar sebut saja lebih dari 1GB, selain itu biasanya dan hampir 80% orang selalu menggunakan IDM (Internet Download Manager) untuk mempercepat proses Download.


Sebenarnya masalah Download Corrupt ini bisa anda minimalisir dengan beberapa Tips di bawah ini :



1. Batasi jumlah Koneksi Download


Di IDM sendiri anda bisa membatasi Jumlah Koneksi pada File Download yang anda lakukan sekarang, caranya adalah dengan mempersempit jumlah cacahan File, misalnya yang awal File Download di bagi menjadi 8 Bagian.

Untuk meminimalisir terjadinya Corrupt maka batasi saja jumlah koneksinya menjadi seperti 4 atau 2, dengan logika semakin sedikit jumlah File yang di cacah, maka akan semakin sedikit juga peluang terjadinya Corrupt.

Untuk membatasi jumlah koneksi Download di IDM anda bisa melakukannya dengan mengakses menu Options >> Connections, lalu ubah jumlah koneksi menjadi 4 atau 2 pada bagian menu Max Connection Number.

Cara agar download tidak Corrupt


2. Matikan Windows Firewall


Salah satu penyebab dari terjadinya Corrupt adalah karena Windows Firewall yang aktif, mudahnya begini jika anda mendownload sebuah File besar, bisa jadi akan terjadi Crash pada saat File tersebut di gabungkan.

Hal ini pasti selalu terjadi jika anda menggunakan IDM, pada waktu penggabungan File yang telah di Cacah sebelumnya ini, maka jika ada campur tangan dari Windows Firewall yang mungkin akan membatasi atau melakukan Block pada File yang mungkin dianggapnya berbahaya, maka sudah pasti hasil akhirnya file Download yang anda lakukan akan menjadi Corrupt.

Anda bisa melakukan Disable Windows Firewall sementara jika anda sedang mendownload, caranya adalah dengan masuk ke Controll Panel >> System and Security >> Windows Defender Firewall, lalu selanjutnya pilih opsi Turn Windows Defender Firewall on or off.

Cara agar download tidak Corrupt

Jika sudah selesai melakukan Download, maka silahkan enable saja lagi Windows Firewall-nya, karena mau bagaimana pun sebenarnya fitur Windows Firewall ini memang sangat penting untuk di aktifkan, karena dia adalah pertahanan pertama dari segala ancaman untuk PC Windows anda.


3. Matikan Anti Virus


Sebenarnya sama saja seperti Windows Firewall, anti virus juga bisa menyebabkan File yang anda Download Corrupt, karena sebelum di gabung menjadi satu File setelah di cacah sebelumnya ketika sedang di Download.

Maka pada proses akhir inilah Anti Virus berkerja dengan melakukan Scanning terhadap File Download tersebut yang jika anda sial maka Anti Virus ini bisa menjadi beban yaitu membuat hasil Download yang anda lakukan Corrupt, maka dari itu silahkan disable saja dulu Anti Virus ketika anda sedang melakukan Download dan silahkan aktifkan lagi jika sudah tidak mendownload lagi.


4. Jangan melakukan Download ketika jaringan tidak stabil


Hal selanjutnya yang menyebabkan terjadi Corrupt saat mendownload adalah jaringan Internet yang anda gunakan sendiri.

Umumnya hasil File akan Corrupt jika pada prosesnya downloadnya terjadi ketika stabilan jaringa atau yang parahnya adalah proses Download sempat terhenti, karena jaringan Internet anda tidak kuat dan stabil.

Maka jangan pernah sekali-kali melakukan Download jika memang jaringan Internet yang anda gunakan tidak stabil, untuk membuat jarigan Internet anda menjadi sedikit lebih stabil, anda bisa mencoba Cara Ping ke Google, karena cara ini terhitung efektif agar jaringan Internet selalu On dan tidak Idle.


5. Download File perbagian (Part)


Alasan utama kenapa para Repacker membuat File Download dalam beberapa bagian, memang selain akan mempermudah anda untuk mencicil File yang akan di Download, cara ini juga akan bisa meminimalisir terjadinya Corrupt.

Silahkan anda coba sendiri, Download File satu buah 10GB dan 10GB File yang di bagi menjadi 10 Bagian kecil yaitu per-1GB, maka hasil akhirnya File yang anda Download dengan satu kali Download sebesar 10GB bisa jadi akan mengalami Corrupt.

Tetapi, jika anda mendownload per-bagian dan anda gabung lagi saat semuanya sudah anda Download, maka tidak akan terjadi Corrupt atau minim Corrupt, maka sudah pasti mendownload per-bagian File itu selalu lebih baik dari berbagai aspek di banding mendownload File langsung secara menyeluruh.

Dengan demikian, ke-5 Tips diatas akan bisa sangat membantu anda untuk meminimalisir masalah Download Corrupt melalui IDM.

Ingat! cara diatas hanya untuk meminimalisir terjadiu Corrupt saja dan tidak bisa memperbaiki File yang sudah Corrupt, jika anda ingin memperbaiki File Download yang Corrupt, anda bisa mencobanya dengan Cara Memperbaiki File Corrupt dengan Torrent, karena cara ini adalah cara yang paling jitu kalau menurut saya, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact