2 Cara agar File yang di Download tidak otomatis terdownload dengan IDM - ASHADIN

Saturday, March 2, 2019

2 Cara agar File yang di Download tidak otomatis terdownload dengan IDM

2 Cara agar File yang di Download tidak otomatis terdownload dengan IDM

Cara agar file tidak otomatis terdownload dengan IDM

Sejatinya IDM (Internet Download Manager) memang di peruntukan untuk memudahkan proses Download yang terjadi di PC Desktop, selain cepat nyatanya aplikasi ini juga bisa di andalkan dan di gunakan hampir ke semua aplikasi Browser populer yang anda saat ini.

IDM sendiri memiliki sebuah fitur yang menarik, yaitu akan otomatis melakukan download via IDM jika bentuk file tersebut memang sudah support di sesuai ekstensi yang ada di IDM, sehingga proses akan langsung menggunakan IDM dan bukan menggunakan Tool Download dari aplikasi Browser yang rata-rata memiliki kecepatan yang lamban.

Pada faktanya fitur ini memang sangat memudahkan kita, selain proses downloadnya cepat, jarang sekali di temukan Error seperti proses download yang terputus di tengah jalan, sehingga bagi sebagian orang menggunakan IDM memang menjadi sebuah hal mutlak dan wajib untuk di lakukan.

Hanya saja di beberapa kasus anda memang tidak di perbolehkan menggunakan IDM untuk mendownload file dari sebuah Web atau Hosting, karena IDM ini dianggap akan mempengaruhi kecepatan Server dan bisa membuat Server Overload.

Jika file tersebut memang sedang anda butuhkan, berarti tidak ada pilihan lain lagi, selain mendownloadnya tanpa jasa IDM, artinya proses Downloadnya hanya akan menggunakan Tool Download bawaan Browser.

Lalu, masalahnya adalah jika anda menekan Button Download maka yang muncul adalah Windows Dialog IDM untuk mendownload File tersebut, lalu bagaimana cara melakukan Disable Download Otomatis dengan menggunakan IDM tersebut agar proses Download bisa di lakukan dengan Tool Download bawaan Browser?

Sejauh ini ada 2 buah cara yang bisa anda gunakan agar proses Download tidak otomatis menggunakan IDM, berikut adalah caranya :


# Cara 1


1. Silahkan buka aplikasi IDM.
2. Lalu masuk ke Menu Options >> General.

Cara agar file tidak otomatis terdownload dengan IDM

3. Hilangkan Centang Integrasi IDM ke aplikasi Browser yang anda gunakan.

Cara agar file tidak otomatis terdownload dengan IDM

4. Selanjutnya tekan OK.
5. Silahkan Coba Download ulang File sebelumnya dan harusnya hanya akan terdownload ke Tool Download bawaan Browser dan bukan ke IDM.
6. Done!

Jika ingin mengembalikan agar IDM terintegrasi lagi dengan aplikasi Browser yang anda gunakan, silahkan centang kembali nama Browser pada Menu Options >> General.


# Cara 2


Cara ini hanya menggunakan Hot Key dari Keyboard, tidak memerlukan mengubah settings apapun di aplikasi IDM ataupun pada aplikaski Browser, caranya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan tekan tombol ALT pada keyboard lalu tahan sambil Klik Tombol Download untuk mengunduh File yang anda inginkan.

Cara agar file tidak otomatis terdownload dengan IDM

2. Cara ini akan membypass Integrasi IDM dan proses Download hanya akan di tangani oleh aplikasi Browser.
3. Done!

Bagaimana? cara yang ke-2 lebih mudah bukan untuk di lakukan! hanya saja jika File yang di download banyak, maka saya sarankan gunakan cara pertama, karena di nilai lebih Efektif dan Efisien.

Jika file yang di dowload hanya 1-2 saja, maka gunakan saja cara ke-2, karena akan lebih mudah untuk di gunakan tanpa perlu mengubah settingan apapun. Umumnya ke-2 cara diatas bisa di lakukan ke semua aplikasi Browser yang telah terintegrasi dengan IDM, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact