Cara mengatasi masalah Browser Hijacking di semua Browser Windows - ASHADIN

Wednesday, February 27, 2019

Atasi Masalah Browser Hijacking

Cara mengatasi masalah Browser Hijacking di semua Browser Windows

Mengatasi Browser muncul sendiri windows

Seperti yang anda ketahui OS Windows itu memang rentan sekali terkena Virus jika anda tidak hat-hati dalam menginstall aplikasi atau tidak hat-hati dalam mencolok USB Drive dan lainnya, saat ini ada banyak sekali jenis virus yang bisa menyerang OS Windows yang anda miliki.

Tipikal virus tersebut juga ada banyak macamnya, ada yang mengunci file anda, menghapus file anda, menginstall aplikasi sendiri dan ada juga yang berupaya melakukan sabotase terhadap aplikasi Browser yang anda gunakan saat ini.

Tujuannya adalah sudah pasti untuk mendapatkan keuntungan, karena pasalnya yang di distribusikan virus tersebut adalah sebuah redirect ke situs dengan program pengiklanan, sehingga si pembuat virus mendapat untung dan anda akan mendapatkan masalah.

Masalah yang saya maksud disini adalah kenyamanan anda dalam melakukan Browsing karena tanpa sepengetahuan dan tanpan anda inginkan Browser anda secara otomatis akan melakukan redirect atau membuka halaman baru yang berisi iklan dan ini munculnya sangat sering dan bertubi-tubi.

Dampak lain dari hal ini adalah performa PC atau Laptop anda akan semakin menurun dan melamban, maka dari itu jika anda mendapati hal ini, sebaiknya lakukan penanganan, jika tidak maka anda akan di rugikan.

Untuk kasus Virus ini pertama kali saya temui, ketika saya telah selesai menginstall OS Windows bajakan dari sumber yang tidak jelas yang sudah saya tulis pada artikel Ini bahaya jika anda menggunakan OS Windows bajakan jika tidak hati-hati.

Perlu anda ketahui sebenarnya menangani virus semacam ini memang harus memerlukan sebuah anti virus karena kategori dari teknik Browser Hijacking ini adalah berjenis Adware.

Tetapi, sebenarnya tanpa anti virus pun bisa untuk menyegel virus ini, asalkan virus hanya menyebar ke aplikasi Browser saja, caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Advanced Systemcare.

Dengan aplikasi ini maka Browser anda akan terlindungi dari masalah Hijacking, biasanya metode yang mereka gunakan anda dengan cara mengubah settingan Browser awal ke Settingan yang telah mereka tentukan, maka dari itu cara termudah untuk mengatasi masalah ini memang hanyalah dengan mengembalikan Settingan tersebut, caranya sebagai berikut :

1. Silahkan Install dulu aplikasi Advanced Systemcare, anda bisa menggunakan yang gratis atau berbayar.
2. Langkah pertama yang mesti anda lakukan adalah dengan melakukan Clean & Optimized dulu, tujuannya adalah untuk menghapus beberapa ancaman seperti virus yang menjangkiti Browser yang anda gunakan, hal penting yang harus di bersihkan adalah pada kriteria sebagai berikut :

Mengatasi Browser muncul sendiri windows

3. Proses Clean & Optimized akan berlangsung dalam beberapa menit, jika anda lakukan secara menyeluruh.
4. Jika sudah selesai dalam melakukan Clean up, maka langkah selanjutnya adalah untuk memprotect aplikasi Browser yang sedang anda gunakan.
5. Silahkan masuk pada Tab Protect dan pastikan pada Opsi Homepage Advisor tercentang On atau Aktif.

Mengatasi Browser muncul sendiri windows

6. Untuk lebih detail silahkan buka menu Settings pada Homepage Advisor tersebut untuk mengetahui Browser mana saja yang sudah di Protect.

Mengatasi Browser muncul sendiri windows

7. Pastikan semua Browser yang muncul sudah tercentang On atau dalam artian sudah di Protect.

Mengatasi Browser muncul sendiri windows

8. Done!

Lalu, untuk memastikan apakah Browser anda tidak melakukan Redirect atau otomatis membuka kehalaman lain lagi, silahkan konfigurasi ulang Homepage Browser anda, sebagai contoh disini saya menggunakan Google Chrome, harusnya aplikasi Browser lain juga akan sama saja.

Mengatasi Browser muncul sendiri windows

Silahkan ubah Setinggan Hompage misalnya ke Google.com atau Search Engine lain.

Jika Virus Browser Hijacking ini masih ada, maka sangat saya sarankan anda untuk menghapus virus tersebut dulu dengan aplikasi anti-virus terpercaya, kalau saya sendiri menggunakan jasa Windows Defender pun sudah lebih dari cukup.

Penting untuk anda ketahui, bahwa Virus Browser Hijacking ini memang sangat mengesalkan dan penyebarannya pun bisa dengan mudah menginfkesi PC Desktop yang anda gunakan, maka dengan demikian hati-hatilah dalam menginstall sebuah aplikasi, baca dengan benar jangan asal Next saja, maka anda sendiri yang akan di rugikan nantinya.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact