Cara mematikan Auto Text pada GBoard / Keyboard Google di Android - ASHADIN

Tuesday, February 26, 2019

Atasi Keyboard Android Text Otomatis

Cara mematikan Auto Text pada GBoard / Keyboard Google di Android

Cara mematikan text otomatis di keyboard

Saya yakin anda pasti sering sekali kesal dengan fitur yang satu ini, yaitu adalah fitur Auto Text atau firtur Text Otomatis yang ada di Keyboard smartphone Android yang anda miliki, bukannya mempermudah fitur ini jutsru sering membuat masalah bagi para pengguannya.

Secara umum fitur ini memang di tujukan bagi mereka yang tidak ingin capek dalam menulis suatu Text untuk sebuah pesan atau chat, tujuan lainny selain untuk mempermudah fitur ini juga bisa di gunakan untuk meminimalisr Typo dalam penulisan.

Hanya saja bagi orang Indonesia yang gemar mengirimkan pesan Text asal-asalan se-enak jidatnya, tanpa tanda baca dan menggunakan singkatan, maka sudah jelas fitur ini menjadi sangat tidak bersahabat, yang awalnya di buat untuk mempermudah, malah mempersulit penggunannya.

Fitur Auto Text atau lebih tepatnya disebut Text Predictions ini memang sudah di gunakan oleh banyak jenis Keyboard digital yang ada untuk smartphone Android, eksistensinya pun sudah cukup lama.

Secara default Keyboard standard yang di install di semua smartphone Android itu adalah GBoard atau Google Keyboard, selain ringan dan minimalistik, tentu saja Keyboard Google ini bisa di customisasi seperti mengganti gaya tampilan hingga latarnya.

Hanya saja, fitur Auto Text atau Text Predictions ini aktif secara default, itulah kenapa jika anda sedang melakukan Chat dengan atasan anda atau orang tua anda, mereka sering sekali melakukan Typo, itu bukan kesalahan mereka, melainkan fitur Auto Text ini yang menyebabkannya.

Misalnya kita ingin mengetik "JAM" malah yang muncul "JAMBAN" hal semacam ini tentu saja sangat menganggu, jika yang lawan Chatting anda seorang yang tidak paham akan kondisi anda sekarang, saya yakin anda akan di marahi atau paling tidak di tegur.

Maka dengan demikian, untuk mengatasi supaya kejadian diatas tidak terjadi, maka silahkan lakukan saja Disable pada fitur Auto Text tersebut, caranya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan masuk Settings >> Language & Input >> GBoard.
2. Selanjutnya Masuk ke opsi Text Correction.
3. Lalu Disable atau Nonaktifkan fitur Show Suggestions Strip, Next Word Suggestions, Block Offensive Words, Suggest Contact dan Auto-corrections, lebih jelasnya seperti ini :

Cara mematikan text otomatis di keyboard

4. Selanjutnya fitur Auto Text ini tidak akan pernah muncul lagi.
5. Done!

Saya sangat menyarankan anda untuk melakukan Disable kepada fitur satu ini, mengingat penggunaannya masih belum cocok dengan budaya komunikasi yang kita miliki.

Saya sendiri ketika pertama kali membeli sebuah smartphone atau setelah melakukan Flashing Firmware, maka hal pertama yang saya lakukan adalah dengan melakukan Disable terhadap Fitur Text Corrections tersebut.

Begitu pula, saya juga langsung melakukan Settings pada smartphone orang tua, kerabat, dan rekan kerja saya, diantara mereka semua tidak ada yang suka fitur ini diaktifkan, kalau anda?

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact