Apa sih perbedaan RAM DDR4 yang Murah dan Mahal? simak ini - ASHADIN

Friday, February 22, 2019

RAM DDR4 Mahal vs Murah

Apa sih perbedaan RAM DDR4 yang Murah dan Mahal? simak ini

Perbedaan RAM DDR4 Murah dan Mahal

Sama halnya seperti Processor, RAM juga memiliki fungsi yang sangat penting dan vital bagi sebuah perangkat komputer, dengan adanya RAM tersebut, maka memungkinkan anda untuk membuka sebuah aplikasi atau beberapa aplikasi dengan lancar, karena process yang telah di bagi dan di manage dengan baik.

Untuk anda ketahui sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis RAM  dari berbagai merek yang di jual kepasaran dan umumnya saat ini RAM yang paling banyak di gunakan adalah RAM generasi terbaru yaitu DDR4 yang tentu saja lebih kencang Clockspeednya dari pada seri sebelumnya yaitu DDR3.

Jika anda ingin membeli atau sedang mengupayakan merakit sebuah komputer atau PC Desktop, maka mungkin anda akan sedikit di buat bingung terkait pemilihan RAM tersebut, wajar saja menurut saya karena saya pun dulu juga sedikit kebingungan dalam memilih RAM yang paling baik dari segi Budget yang saya punyai.

Umumnya RAM DDR4 saat ini memiliki variasi harga yang bermacam-macam mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah, kapasitas RAM tentu saja menjadi faktor utamanya, lalu jika kapasitas sama dan juga menggunakan sistem DDR4, tetapi di jual dengan harga yang berbeda? pasti saja ada keunggulannya.

Maka dari itu disini kita akan bahas perbedaan RAM DDR4 yang "Murah" dan yang "Mahal" itu seperti apa :


1. Kualitas dan bahan


Inilah yang sebenarnya membedakan harga dari kedua buah jenis RAM DDR4 mahal dan murah, biasanya RAM DDR4 yang di jual murah itu hanya di buat se-standard mungkin, karena di buat asal bisa di pakai saja tanpa adanya fitur external pendukung, maka dengan demikian wajar saja jika RAM DDR4 yang murah itu lebih cepat rusak dari pada yang mahal, karena faktanya RAM itu juga bisa Overheating! jika anda bingung seperti apa sih jenis RAM yang terjangkau dan standard yang ssaya maksud, maka kira-kira seperti inilah contohnya :

Perbedaan RAM DDR4 Murah dan Mahal

Berbeda dengan RAM yang superior atau dalam kategori "Mahal", secara bahan dan kualitas tentu saja premium dan biasanya RAM DDR4 yang mahal itu di beri sebuah armor dengan bahan Aluminium murni yang berguna mempercepat atau membuang panas dari RAM tersebut dan biasanya semua RAM mahal itu memiliki fitur serupa.

Maka wajar saja jika umur dari RAM DDR4 kelas premium selalu saja lebih lama dan lebih awet pemakaiannya, karena memang di buat dengan cara, bahan dan kualitas terbaik, mungkin seperti inilah RAM DDR4 versi premium yang saya maksud.

Perbedaan RAM DDR4 Murah dan Mahal

Selain itu juga kualitas RAM yang mahal juga jempolan, bayangkan saja bahan yang di gunakan berkali-lipat lebih baik dari RAM standard? otomatis jangka waktu pemakiannya juga akan lama, selain itu design RAM premium juga sangat keren.


2. Fitur


Selanjutnya inilah pembedanya jika RAM DDR4 murah hanya di jual dengan fitur standard yaitu hanya berjalan pada Base Clock Default pada 2100Mhz.

Untuk RAM DDR4 Premium anda bisa mempercepat kinerja RAM tersebut hingga 3600Mhz dengan cara melakukan Over Clock, tentu saja dengan hal ini perkerjaan anda di PC terkait Multitasking dan lain sebagainya akan sangat cepat dari RAM standard.

Umumnya RAM DDR4 yang mahal itu sudah di jual dengan versi Over Clocking yang sudah berjalan di Base Clock 2400Mhz, dengan demikian secara pembelian awal saja anda sudah mendapati perbedaan kecepatan pada jenis RAM DDR4 yang murah dan mahal.


3. Estetika


Ini salah satu point yang menonjol juga terkait murah dan mahalnya sebuah RAM, karena semakin mahal RAM maka akan semakin kece dan cantik juga tampilannya.


Jika RAM DDR4 standard hanya berupa kepingan tanpa ada unsur "keren" sama sekali, maka berbeda dengan RAM DDR4 yang premium, anda bisa mendapati kilauan cahaya LED single maupun RGB dengan efek yang dramatis dan tentu saja pada variant RAM DDR4 yang mahal anda juga bisa mengontrol warna LED yang di pancarkan oleh RAM tersebut.

Sehingga jika anda menggunakan RAM DDR4 yang mahal, maka tentu saja siapa pun yang melihatnya pasti berpikiran bahwa sudah pasti RAM tersebut Premium, karena tampilannya saja sudah berkelas.


4. Jarang Error


Jika di RAM DDR4 murah anda biasa mendapati Error Bluescreen dengan indikasi Conflict Memory Management, maka di RAM yang lebih mahal anda tidak bakalan menemukan hal serupa dengan sering.

Karena dari bahan, pengembangan dan juga fitur sudah di uji sebaik mungkin pada RAM DDR4 Premium, maka masalah Bluescreen atau Error pada RAM sudah sangat di minimalisir, kalau tidak percaya silahkan anda coba sendiri, karena saya sudah membuktikannya!

Dengan demikian ke-4 hal diatas nampaknya sudah menjawab perbedaan RAM DDR4 "Murah" dan "Mahal", sekali lagi jika anda hanya ingin RAM DDR4 tanpa memperdulikan fitur, kualitas dan apapun asalkan bisa jalan saja, maka membeli RAM DDR4 Standard dengan harga yang lebih murah sudah pasti bukan menjadi sebuah masalah.

Namun, jika anda ingin kualitas, di buat dari bahan terbaik, memiliki fitur yang bisa anda customisasi, keren dan pastinya berumur panjang, maka anda harus membeli RAM DDR4 Premium yang harganya bisa 2 hingga 4 kali lebih mahal dari jenis RAM DDR4 Standard.

Selain itu jika anda ingin menggunakan RAM DDR4 Premium anda juga di haruskan menggunakan Motherboard yang bisa menggunakan semua fitur kunci pada RAM tersebut, jika tidak maka saya pikir yang akan anda dapatkan hanya "keren" nya saja, untuk fiturnya mungkin tidak bisa anda nikmati sepenuhnya.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact