2 Cara untuk masuk ke Menu Safe Mode di Windows 10 dengan sangat mudah - ASHADIN

Saturday, February 23, 2019

2 Cara untuk masuk ke Menu Safe Mode di Windows 10 dengan sangat mudah

2 Cara untuk masuk ke Menu Safe Mode di Windows 10 dengan sangat mudah

Cara masuk safe mode windows

PC Desktop atau Laptop anda sedang mengalami masalah dengam virus? performa menjadi lamban? dan anda tidak bisa melakukan Backup karena PC sudah terlalu lelet? maka solusinya adalah dengan menggunakan Safe Mode.

Umumnya di Safe Mode yang di jalankan pada App Background adalah hanya yang bersifat penting saja dan biasanya itu adalah system core dari Windows 10 itu sendiri, untuk aplikasi pihak ke-3 akan di disable meski sudah ada konfigurasi Auto Startnya.

Tetapi, anda masih bisa membuka aplikasi apapun pada Safe Mode tersebut, umumnya Safe Mode adalah tempat paling favorite untuk menghapus virus atau aplikasi yang membandel yang tidak bisa di hapus dengan cara biasa.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa masuk ke fitur Safe Mode tersebut? untuk kasus kali ini saya khususkan hanya untuk pengguna Windows 10 saja, untuk versi Windows yang lebih lama yaitu 7,8 dan 8.1, sebenarnya cara masuk ke Safe Modenya akan sama saja.

Disini saya punya 2 buah cara yang umum di gunakan untuk bisa mengakses Safe Mode tersebut, yaitu adalah sebagai berikut :


# CARA 1


1. Silahkan buka aplikasi RUN atau tekan tombol "Windows + R".
2. Setelahnya masukan perintah ini :

msconfig

Cara masuk safe mode windows

3. Selanjutnya masuk ke dalam Tab Boot.

Cara masuk safe mode windows

4. Centang Safe Boot pada bagian Safe Mode, untuk opsinya pilih saja yang Minimal.

Cara masuk safe mode windows

5. Tekan Apply.
6. Silahkan lakukan Reboot, maka secara otomatis Windows akan masuk ke Safe Mode ketika Booting.
7. Done!

Catatan : Untuk bisa keluar dari Safe Mode silahkan gunakan cara di atas lagi dan hilangkan centang pada Safe Boot, setelahnya lakukan Reboot, maka Windows akan kembali ke Normal Mode.


# CARA 2


Cara ini khusus bagi mereka yang sudah terbiasa menekan tombol F8 saat Booting dan sayangnya fitur ini sudah di disable secara default di Windows 10 dengan alasan untuk mempercepat Booting.

Tetapi, tenang saja anda masih bisa tetap masuk ke Safe Mode dengan menekan tombol F8 dengan cara ini :

1. Silahkan Buka Command Prompt (CMD) dengan Run As Administatior.

Cara masuk safe mode windows

2. Masukan perintah ini dan tekan Enter :
 
bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy

Cara masuk safe mode windows

3. Setelahnya lakukan Restart dan silahkan coba tekan tombol F8, maka secara otomatis Windows akan masuk ke Safe Mode.
4. Untuk bisa keluar dari menu Safe Mode anda bisa menggunakan cara yang sudah saya tulis diatas.
5. Done!

Dengan demikian, sangat mudah sekali memang mengakses Safe Mode di Windows 10 tersebut, ada banyak manfaat yang bisa anda lakukan di Safe Mode, seperti melakukan Backup data, melakukan troubleshoot dan lain sebagainya.

Selain itu juga Safe Mode ini juga bisa di gunakan untuk melakukan Diagnostic apakah di Windows 10 yang anda gunakan sudah terjadi penurunan performa yang diakibatkan oleh Cache yang menumpuk, gara-gara virus dan lain sebagainya, sehingga Safe Mode ini akan sangat bagus sebagai media untuk pengambilan keputusan untuk anda, apakah akan melakukan Install Ulang Windows atau tidak, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact