Cara mencetak Pas Foto melalui Microsoft Word - ASHADIN

Thursday, January 24, 2019

Cara mencetak Pas Foto melalui Microsoft Word

Cara mencetak Pas Foto melalui Microsoft Word

Cara mencetak Pas Foto melalui Microsoft Word

Secara umum fungsi utama dari Microsoft Word adalah untuk mengolah dokumen yang berhubungan dengan perkerjaan, pendidikan dan lain sebagainya, tetapi tahukah anda bahwa ternyata selain berfungsi sebagai media pengolahan dokumen Microsoft Word juga bisa di andalkan untuk mencetak Pas Foto dengan ukuran Foto yang akurat?

Saya yakin tidak banyak dari anda semua yang tahu akan hal ini, karena pada umumnya jika ingin mencetak sebuah Pas Foto ukuran tertentu maka harus menggunakan aplikasi khusus minimalnya adalah dengan menggunakan aplikasi Paint, tetapi pada kasus ini kita akan menggunakan Microsoft Word.

Kenapa tulisan ini sengaja saya buat adalah karena agar siapa saja bisa untuk mencetak Pas Foto sendiri dengan aplikasi yang pastinya hampir semua orang mengenalnya yaitu adalah Microsoft Word.

Untuk versinya sendiri saya sarankan gunakan yang versi 2010 keatas, karena tampilan UI atau tampilan antar mukanya sudah berubah, sehingga anda tidak akan kebingungan jika ingin mengikuti cara yang saya gunakan di bawah ini.

Pada kasus kali ini saya menggunakan Microsoft Word tahun 2013 dan harusnya cara kerjanya sama saja dari versi Microsoft Word 2010 hingga yang paling terbaru sekarang ini, berikut adalah cara pengerjaannya.

1. Silahkan siapkan Foto yang ingin anda cetak.
2. Lalu buka/load Foto tersebut ke dokumen baru di Microsoft Word.

Cara cetak foto dengan MS Word

3. Jika sudah silahkan pilih menu Crop yang bisa anda temukan saat melakukan Klik Kanan pada gambar.

Cara cetak foto dengan MS Word

4. Langkah selanjutnya adalah dengan masuk ke Tab Format, seperti ini :

Cara cetak foto dengan MS Word

5. Selanjutnya silahkan anda tentukan sendiri ukuran Foto yang ingin anda cetak bisa itu 2x3, 3x4, 4x6 dan seterusnya, format ukuran di MS Word ini menggunakan format Inch, jika anda tidak tahu ukuran pastinya, anda bisa melihatnya di artikel ini, karena semua ukuran sudah saya sertakan di dalamnya Lengkap! inilah ukuran Standard Cetak Foto dalam CM, Inch dan Pixel.

Cara cetak foto dengan MS Word

6. Lalu silahkan perbanyak Foto yang ingin anda cetak, langsung di Copy dan Paste saja, hingga menjadi seperti ini :

Cara cetak foto dengan MS Word

7. Pas Foto siap di cetak.
8. Done.

Maka dengan demikian anda tidak perlu lagi bingung bagaimana cara mencetak Pas Foto, anda pun bisa melakukannya sendiri dan caranya sangat mudah dengan aplikasi yang pasti sudah anda ketahui, hanya saja ada kekurangan dari cara ini yaitu adalah :

1. Ukuran Foto harus sudah sesuai dengan ukuran cetak foto, misalkan Foto 4x6, maka ukuran cetak Foto tersebut juga harus 4x6 dengan dimensi panjang dan lebar yang juga sudah sesuai standard pas Foto 4x6.
2. Anda harus mengatur Margin kertasnya terlebih dahulu, agar kertas Foto tidak banyak terbuang sia-sia.

Meski terdapat kekurangan seperti yang saya sebutkan diatas, faktanya cara ini tetap menjadi cara yang paling saya sukai dengan alasan mudah, simple dan tidak ribet menggunakan aplikasi macam-macam.

Kalau anda bisa mencetak Pas Foto sendiri, kenapa harus ke tempat cetak yang mengharuskan anda membayar segelintir uang? tapi semua terserah anda, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact