Ketahui hal ini agar tidak di tolak saat mendaftar di Google Adsense - ASHADIN

Tuesday, December 11, 2018

Cara Agar Tidak di Tolak Adsense

Ketahui hal ini agar tidak di tolak saat mendaftar di Google Adsense


Mendapatkan status sebagai publisher resmi di jaringan periklanan Google Adsense pasti menjadi harapan sebagian Blogger yang ada saat ini, karena jika kita lihat dari performa dan hasilnya maka Google Adsense tidak ada saingannya, jika kita berbicara terkait rate income per-klik terhadap harga iklannya.

Selain itu jenis iklan pun sangat banyak dan variatif, wajar saja mengingat para Advertiser masih mengandalkan Google Adsense dalam melakukan promosi terhadap produk yang mereka tawarkan, jadi jika ibarat primadona penghasil pundi pundi uang terbaik secara online melalui kegiatan Blogging, maka Google Adsense lah yang menjadi primadonanya.

Tetapi di balik penghasilan yang menggiurkan dari Google Adsense, nyatanya agar bisa tergabung dalam jaringan Google Adsense tidaklah mudah, karena Blog yang di terima agar bisa menampilkan iklan dari Google Adsense itu memang harus Blog yang mempunyai kualitas dari segi konten dan traffic.

Sehingga jika anda memiliki sebuah Blog anda tidak bisa langsung mendaftarkan begitu saja, karena saya jamin maka anda akan di tolak, alasannya cukup sederhana, karena Blog anda tidak memenuhi syarat.

Maka yang perlu anda lakukan sebelumnya adalah mencari tahu apa saja persyaratan yang di butuhkan agar bisa di terima di Google Adsense dalam sekali pengajuan saja, disini saya akan tuliskan lengkap, berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman yang memang sudah lawas bermain di bidang ini.



1. Blog harus berusia 6 Bulan


Benarkah dan haruskah? maka saya akan jawab iya itu harus anda penuhi! Karena Blog yang di terima di jaringan Google Adsense itu harus berkualitas, selanjutnya orang di balik Blog tersebut juga harus tahu cara mainnya agar tidak merugikan pihak Google.

Apakah ada dasar dari hal ini? tentu saja ada dan ini sudah secara resmi di katakan oleh pihak Google di DISINI.

Maka jika anda berniat menjadi Publisher Google Adsense hal pertama yang anda lakukan ialah menunggu selama 6 Bulan, lalu jangan hanya menunggu tanpa melakukan sesuatu, kembangkan Blog yang anda miliki, pahami cara main dan cara kerjanya, agar nantinya anda paham betul terkait peraturan yang tidak boleh anda langgar.


2. Jumlah Posting harus lumayan banyak


Memang tidak ada angka pastinya, kalau saya sendiri baru berani mengajukan permintaan bergabung dengan Google Adsense jika artikel di Blog saya sudah mencapai 50 buah atau lebih.

Karena disinilah akan terlihat, apakah anda serius dalam bidang ini atau tidak, jika anda mendaftarkan Blog meski sudah berusia 1 tahun lebih, tetapi jumlah artikel baru ada 10 buah, kemungkinan besar, pengajuan yang anda ajukan akan di tolak.

Meski demikian ada beberapa kasus dimana pengajuan tersebut di terima, namun tidak lama setelah itu akun yang sudah di terima tersebut kembali di banned, alasannya adalah karena Blog anda tidak mampu memberikan Impresi tampilan iklan yang besar dan tentu saja ini akan merugikan pihak Google.

Selain itu artikel yang anda buat haruslah orisinil, artinya jangan pernah lakukan Duplicate Content bisa itu dengan Tools khusus yang di lakukan secara otomatis atau melakukan Copy Paste secara manual, semua ini harus anda hindari, karena system Google itu canggih, jika anda ketahuan melakukan tindakan ilegal, pastinya pengajuan yang anda ajukan akan di tolak mentah-mentah.

Ingat! Google sangat membenci hal yang seperti ini.


3. Jumlah visit lumayan dengan dominasi sumber organic


Sekali lagi tidak ada angka pasti dari hal ini, saran saya adalah lakukan pengajuan untuk mendaftarkan diri ke Google Adsense jika pengunjung per-hari sudah mencapai 300-500 idelnya adalah 1000, tetapi mungkin sebagian orang akan kesulitan untuk mendapatkan 1000 kunjungan per-hari.

Yang menjadi masalah utamanya adalah bukan dari jumlahnya, melainkan dari mana sumber kunjungan itu berasal, jika kunjungan sebagian besar datang dari social media seperti Facebook, dll yang berbentuk Direct, maka saya yakin pengajuan yang anda lakukan akan di tolak, karena tingkat manipulasi kunjungan di kasus ini sangat besar, jadi Google tidak bisa mempercayai hal tersebut begitu saja.

Lalu sumber kunjungan seperti apa yang baik? yaitu adalah berbentuk Organic, artinya kunjungan datang langsung dari Search Engine, Google Search lebih di utamakan.

Karena hubungannya adalah jika anda bisa membuat konten yang berkualitas tentu saja artikel anda akan muncul di halaman terdepan dengan kueri khusus atau kata kunci khusus dan kunjungan dengan sumber Organic (Google Search) akan terus berdatangan.

Maka dari itu lihat statistik Blog harian anda, jika jumlah Organic Search lebih banyak dari Direct, maka anda bisa percaya diri untuk bisa melakukan pengajuan bergabung ke Google Adsense, untuk skalanya sendiri saya pikir idelanya adalah 90% untuk Organic Search dan 10% untuk Direct, lebih kecil lagi lebih bagus Direct Search-nya.


4. Jangan pasang iklan lain saat mendaftar


Hal ini yang kerap menjadi masalah fatal yang tidak di hiraukan oleh para calon Publisher, memang tidak ada peraturan jelas terkait hal ini.

Hanya saja perlu anda ketahui anda tidak boleh menjalankan resource iklan lain dengan format Contextual based berbarengan dengan Google Adsense, alasan pastinya saya kurang mengerti, tetapi peraturan seperti ini sudah ada sejak lama.

Lalu masih berlaku hingga hari ini, maka dengan demikian sebelum anda mendaftar di Google Adsense, pastikan tidak ada jenis iklan apapun, meski itu paid link sekalipun, anda harus mendaftar secara polosan atau bersih dari penyedia iklan lain, percaya saja sama saya ini benar adanya.


5. Perhatikan Navigasi Blog


Ingat! Google punya standard untuk membedakan Blog yang baik itu seperti apa dan yang tidak baik itu seperti apa, salah satunya datang dari masalah User Experience.

Artinya Blog anda itu harus mudah di akses untuk berpindah halaman dari satu halaman ke halaman lain itu harus anda buat sejelas mungkin, inti buat pengunjung Blog mudah mencari apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka baca.

Hal pertama yang harus anda hindari adalah jangan sampai ada redirect (pengalihan) ke situs lain tanpa seijin dari pengunjung, biasanya kasus ini muncul ketika anda memasangkan iklan Pop under, tolong hindari hal ini, karena hal semacam ini memang sangat menganggu kenyamanan dalam melakukan Navigasi di Blog.

Usahakan Navigasi penting di Blog seperti Search Form (Kotak Pencarian), Kategori artikel, hingga widget seperti latest post, popular psot itu paling tidak ada, karena hal ini akan membuat Blog yang anda kelola akan tampak terlihat profesional.

Hindari penggunaan template yang acak-acakan, gunakan template yang bersih saja, jangan gunakan warna yang memaksa yang akan menyakitkan mata, maka percaya saja Blog anda akan di perhitungkan untuk di terima di jaringan Iklan Adsense.

Dengan demikian menurut saya, jika ke-5 hal di atas sudah bisa anda pastikan benar dan sesuai, maka kemungkinan besar pengajuan yang anda ajukan akan di terima oleh Google, namun ingat tidak 100%.

Alasannya adalah yang memeriksa pengajuan yang anda lakukan (Tim Verifikator) Google Adsense itu manusia bukan robot, jadi jika anda kena sial karena verifikatornya sedang berada di suasana hati yang kurang baik, mungkin saja Blog yang anda ajukan akan di tolak, tetapi ini hanya kemungkinan saja.

Percaya saja pihak Google itu profesional kok, lakukan saja sesuai prosedur, saya yakin hasilnya juga akan ikut baik, anda hanya perlu banyak bersabar dan konsisten saja dengan yang anda lakukan, maka hasilnya akan anda nikmati kelak.

Untuk artikel di atas adalah hanya gambaran umum saja terkait hal yang perlu anda ketahui sebelum melakukan pendaftaran di Google Adsense, untuk meminimalisir penolakan yang akan terjadi.

Masih banyak faktor lain, seperti bahasa yang di gunakan, panjang artikel, implementasi SEO, semua itu juga berhubungan dengan kelancaran dalam bermain Google Adsense.

Kenapa saya tidak menyertakan hal tersebut? karena saya ingin anda belajar dengan cara anda sendiri, waktu 6 Bulan itu lama lho! anda bisa berkembang dengan mempelajari semua hal yang tidak saya sebut diatas.

Karena ke-5 hal diatas itu adalah syarat utamanya yang lainnya hanya optimasi, bedakan itu! jadi persiapkan dengan benar, sebelum anda melakukan pengajuan pendaftaran Google Adsense, karena jika di tolak maka akan banyak waktu produktif yang terbuang sia-sia, semoga berhasil.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact