Contoh Surat Lamaran Kerja Modern yang banyak di gunakan sekarang ini

Contoh Surat Lamaran Kerja Modern yang banyak di gunakan sekarang ini

Contoh Surat Lamaran Kerja Modern yang banyak di gunakan sekarang ini

Seperti yang anda tahu jika anda ingin menggapai mimpi anda untuk berkerja di sebuah perusahaan yang anda inginkan, maka anda harus melewati prosedurnya, salah satunya adalah dengan membuat surat lamaran yang di tujuan ke perusahaan tersebut agar nantinya mendapat pertimbangan dari pihak HRD perusahaan tersebut.

Sebelum ini saya sudah pernah membuat sebuah artikel Contoh Surat Lamaran Formal, tetapi berbeda dengan yang satu ini, karena struktur yang tertulis di dalam surat tidak begitu formal dan terlihat lebih santai.

Namun, tahukah anda sekarang ini nampaknya para pencari karywaran baru dari berbagai perusahaan lebih menyukai format Surat Lamaran Modern di bandingkan dengan Format Surat Lamaran Tradisional yang terlihat begitu kaku dan begitu-begitu saja.

Maka dengan demikian tidak ada salahnya jika anda menggunakan Contoh Surat Lamaran Modern yang akan saya bagikan di bawah ini, karena sifat dari Surat Lamaran Modern yang mungkin di anggap unik yang selanjutnya dapat di pertimbangkan oleh pihak pencari kerja.

Memang tidak dapat kita pastikan apakah Surat Lamaran yang anda tulis di baca atau di pertimbangkan, tetapi melihat dari sifat manusia yang selalu tertarik dengan hal yang berbeda, maka contoh surat yang saya sertakan di bawah ini patut untuk anda coba.

Contoh Surat Lamaran Kerja Modern yang banyak di gunakan sekarang ini


Kali ini saya akan membagikan 2 buah Format Surat Lamaran Modern dengan gaya yang berbeda, salah satunya masih berbentuk dalam susunan Formal, namun gaya bahasanya lebih santai dan satu lainnya benar-benar mencerminkan gaya Modern sekarang ini.

Tetapi, gaya bahasa yang di gunakan bukanlah bahasa gaul atau bahasa anak muda, melainkan gaya bahasa formal yang di buat lebih santai agar mudah untuk di baca, tidak membuat mata lelah dan mudah untuk di ambil maksudnya.

Sebelum itu saya akan sedikit menjelaskan terkait struktur dari komposisi Surat Lamaran Modern tersebut yang terdiri dari :

1. Tanggal Surat
2. Tujuan dan Alamat Pengirim
3. Identitas
4. Pengalaman kerja
5. Penghargaan yang di dapat
6. Dokumen pendukung
7. Kejelasan Pendidikan

Sesederhana itu memang bentuk struktur Surat Lamaran Kerja Modern tersebut, untuk susunannya tidak terlalu baku, anda hanya perlu menyertakan apa yang ingin anda sampaikan dengan jelas, jujur dan meyakinkan.

Secara fisik terlihat seperti Surat Lamaran Kerja Formal pada umumnya, namun pada bagian tertentu ada pendekatan secara Modern, yaitu penjelasan terkait latar belakang yang tidak ada di jenis Surat Lamaran Formal yang baku, contoh Format Surat Lamran Kerja Modern Format 1 ini adalah yang paling banyak di sukai dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

Karena alasan masih berbentuk seperti surat Lamaran Formal, namun memiliki isi yang lebih jelas, terkait pencerminan dan penjelasan pendidikan, pengalaman, dll.

Berikut adalah contohnya :


Selanjutnya adalah Format Surat Lamaran Kerja Modern dengan gaya bebas, artinya di dalam surat Lamaran Kerja ini, anda hanya akan bercerita saja yang faktanya Format seperti ini lebih condong memperlihatkan bahwa anda serius dan anda adalah seorang yang kreatif.

Berikut adalah contohnya :



Jika anda memang berniat menggunakan Format Surat Lamaran kerja Modern Format ke-2 ini, saya sarankan jangan gunakan paragraf yang panjang, karena akan melelahkan untuk di baca, tulis sesingkat mungkin tetapi berisi informasi yang padat dan meyakinkan, itulah kuncinya.

Kebanyakan bentuk Surat Lamaran Kerja Modern dengan gaya bebas ini pasti memiliki nilai yang unik, karena hanya 1 dari 30 orang yang menggunakannya, jadi mungkin saja pihak agen pencari kerja tertarik dengan anda, berkat Surat Lamaran kerja yang telah anda tulis tersebut.

Sama seperti sebelumnya, saya juga akan membagikan Format Surat Lamaran kerja Modern ini dalam 2 buat bentuk yaitu Word dan PDF, silahkan Download saja untuk di contek atau langsung di aplikasikan :

FORMAT 1 (WORD) (PDF)
FORMAT 2 (WORD) (PDF)


Dalam penulisan Surat Lamaran Modern ini biasanya tidak tulis tangan, artinya di ketik dan print, karena bentuknya yang tidak baku, tetapi kalau saya sendiri lebih memilih tulis tangan, karena memang unsur uniknya akan terlihat dan para Psikolog akan bisa membaca kepribadian seperti apa anda dari gaya tulisan tangan yang anda buat.

Tetapi, kembali lagi lihat seperti apa peraturannya, jika memang ada penjelasan untuk di buatkan dengan ketikan, bukan tulis tangan, tentu saja hal ini akan lebih memudahkan anda, yang perlu anda lakukan hanyalah mendownload draft Format yang sudah saya sertakan di atas, mengedit sedikit, lalu kirimkan dengan persyaratan apa saja yang di butuhkan.

Semoga artikel kali ini bisa membantu anda dalam mencari perkerjaan, karena tidak ada yang lebih indah selain bisa berbagi dan bermanfaat bagi sesama.

Baca juga:

Philiadi Agung Wicaksana
Pasha Dino

"Berkerja Saat Ingin"

Buka Komentar

No comments