Contoh surat lamaran kerja formal yang baik dan benar sesuai EYD

Contoh surat lamaran kerja formal yang baik dan benar sesuai EYD

Contoh surat lamaran kerja formal yang baik dan benar sesuai EYD

Siapa siah yang tidak ingin kerja dan bisa menghasilkan pendapatan sendiri tanpa perlu membebani keluarga lagi? saya pun demikian, hanya saja realitanya tidak semudah itu, anda harus berusaha dulu agar apa yang anda impi-impikan bisa terwujub.

Secara umum memang ada 2 buah jenis perkerjaan yang bisa anda pilih yaitu anda bisa berkerja sendiri dengan modal sendiri dan resiko yang anda tanggung sendiri dalam kasus ini anda berperan sebagai seorang Wirausahawan.

Lalu, ada juga jenis perkerjaan yang anda hanya menjadi bagian dari prajurit kerja untuk mencapai target suatu perusahaan, maka jika anda ingin memilih jenis perkerjaan seperti ini anda harus mengikuti prosedur awalnya, yaitu adalah dengan melamar pekerjaan yang anda mau tersebut.

Saat ini ada banyak sekali formasi perkerjaan yang bisa anda masuki sesuai dengan jenis tingkat pendidikan yang anda miliki, hanya saja beberapa di antaranya mengharuskan anda memiliki keahlian khusus hingga jam terbang (pengalaman) yang banyak di bidang yang di butuhkan.

Mau bagaimanapun bentuknya setiap perkerjaan yang ingin anda lamar, maka anda di haruskan membuat surat lamaran terlebih dahulu, beruntungnya saat ini saya punya contohnya untuk anda.

Contoh surat lamaran kerja formal yang baik dan benar sesuai EYD


Surat lamaran yang saya contohkan di bawah ini bersifat Formal dalam artian ini adalah surat lamaran yang memang umum di gunakan, karena penggunaan kata-kata yang singkat, padat dan jelas, juga sesuai dengan bahasa baku yang telah berlaku di tanah air kita ini.

Perlu anda ketahui, jika surat lamaran yang anda buat itu jelek atau acak-acakan, maka sudah pasti kesempatan kerja yang harusnya anda miliki akan hilang, karena surat lamaran ini sifatnya sangat krusial, jika bagus dan jelas maka akan di pertimbangkan, jika jelek langsung masuk tong sampah, begitulah cara kerjanya.

Untuk itu persiapkan dulu persyaratan yang di perlukan salah satunya adalah dengan membuat surat lamaran kerja tersebut, karena dari selembar kertas inilah nasib anda di tentukan.

Banyak yang bilang bahwa surat lamaran itu hanya sebagai bentuk prosedur saja, tetapi hal ini tidak bisa di pegang, karena secara nyatanya surat lamaran inilah yang pertama kali di lihat oleh agen pencari kerja, apakah anda sesuai kualifikasi atau tidak, maka dari itu tidak ada salahnya jika anda membuat surat lamaran dengan baik dan benar.

Maka dari itu anda perlu melihat contoh surat lamaran yang baik dan benar itu seperti apa, maka disini saya akan membagikan surat lamaran ini, karena faktanya saya di terima di tempat saya berkerja melalui surat lamaran yang akan saya bagikan ini.

Berikut adalah bentuk contoh surat lamaran pertama yang menurut saya paling baik dan sudah saya buktikan sendiri :


Ini adalah contoh surat lamaran kedua yang saya buat, karena isinya mengandung lampiran yang lebih banyak dan terkesan seperti "SAYA BISA KERJA!".


Perlu anda tahu, saya sudah banyak melamar di perusahaan besar hingga menengah, diantaranya saya di panggil dengan format surat lamaran seperti yang sudah saya tampakan di atas.

Anda bisa dengan bebas melakukan improvisasi dalam penggunaan kata-kata dalam surat lamaran tersebut, hanya saja gunakan bahasa yang jelas dan baku, surat lamaran ini bebas bisa anda tujukan ke pemerintah daerah, perusahaan swasta, toko, ruko, warung dan sebagainya.

Umumnya surat lamaran kerja itu memang di tulis tangan, tetapi ada beberapa perusahaan yang memang hanya menerima surat lamaran dengan hasil ketikan, maka disini saya juga menyediakan format downloadnya, sehingga bisa langsung anda edit untuk kemudahan anda sendiri :

FORMAT 1 (WORD) (PDF)
FORMAT 2 (WORD) (PDF)

Terakhir, perlu anda ketahui masih ada banyak jenis surat lamaran yang lain, diatas hanya dalam bentuk formal, ada lagi yang berbentuk formal modern, berbahasa asing dan lain sebagainya, namun jika anda ingin surat lamaran kerja yang baik dan teruji, maka gunakan saja yang sudah saya bagikan di atas.

Selanjutnya, tinggal anda sendiri yang menyesuaikannya mau melamar di mana, apakah Bank, Dinas, Warung, Toko, Perusahaan Besar dan lain sebagainya, semoga artikel share saya ini bermanfaat untuk anda semua, karena berbagi itu sangat indah.

Baca juga:

Philiadi Agung Wicaksana
Pasha Dino

"Berkerja Saat Ingin"

Buka Komentar

No comments