Mengenal Router Indihome sejuta umat Huawei HG8245A/H serta cara menggunakan fitur di dalamnya - ASHADIN

Saturday, November 24, 2018

Mengenal Router Indihome sejuta umat Huawei HG8245A/H serta cara menggunakan fitur di dalamnya

Mengenal Router Indihome sejuta umat Huawei HG8245A/H serta cara menggunakan fitur di dalamnya

Mengenal Router Indihome sejuta umat Huawei HG8245A/H serta cara menggunakan fitur di dalamnya

Anda pengguna jaringan internet dari IndiHome? ya saya juga, dan mungkin anda adalah salah seorang yang menggunakan Modem Router dari Huawei HG8245A atau HG8245H, kenapa saya bisa tahu? karena modem ini memang menjadi modem Standard bagi pengguna paket internet IndiHome yang ada saat ini.

Pengakuan ini saya dapatkan dari salah seorang pekerja teknisi dari IndiHome yang baru saja memasangkan IndiHome di rumah orang tua saya, jadi untuk sumbernya sudah jelas, mengapa saat kita ingin berlangganan Internet dengan Telkom selalu saja Modem Routernya adalah Huawei HG8245A.

Secara umum ada 2 buah tipe dari jenis modem ini yaitu adalah HG8245A dan HG8245H, saya tidak tahu kenapa bisa ada 2 buah versi, tetapi dari segi spesifikasi fungsi dan aksesnya kedua buah modem ini sangat identik,

Tetapi di beberapa tempat lain di pulau jawa ada juga yang tidak menggunakan Router jenis ini, namun bisa jadi menggunakan merek lain seperti Router dari ZTE, tetapi kebanyakannya memang menggunakan Huawei HG8245A.

Mengenal Router Indihome sejuta umat Huawei HG8245A atau HG8245H serta cara menggunakan fitur di dalamnya


Dari segi spesifikasi Router Huawei HG8245A ini tidak terlalu buruk, untuk fiturnya lengkap hanya saja belum profesional, seperti pengaturan pembagian bandwith (QOS) tidak di sediakan di modem satu ini, yang bisa anda lakukan hanyalah melakukan tindakan dasar saja.

Seperti melakukan Black List atau White List, melihat informasi pengguna yang ikut nebeng di jaringan Wi-Fi rumah anda, selanjutnya, melakukan restart dan power off secara remotely, lalu anda juga bisa membuat access point baru dan lain sebagainya.

Bagi sebagian pengguna Internet IndiHome pasti hanya tinggal pakai saja dan bayar jika sudah saatnya membayar tagihan, namun sebenarnya anda harus lebih teliti, karena pasalnya bisa jadi anda kecolongan, yaitu adanya orang luar yang memang bukan haknya untuk mendapatkan akses internet tersebut malah bisa menikmati akses internet yang anda bayar tidak bulan dengan leluasa.

Tentu saja, hal ini sangat-sangat merugikan anda, untuk itu anda perlu tahu bagaimana cara kerja dan fungsi dari Modem Router Huawei HG8245A tersebut, anda akan mendapatkan akses sebagai Admin utama di kasus ini, jadi anda bisa mengatur lalu lintas dari penggunaan Internet yang anda pasang di rumah atau di tempat kerja.

Tahap pertama yang perlu anda tahu adalah anda bisa mengelola semua itu secara Online dengan mengakses ke alamat IP Modem Router anda tersebut secara wireless, yang perlu anda lakukan adalah hanya mempersiapkan sebuah Browser seperti Chrome, Microsoft Edge, Fire Fox, dll.

1. Silahkan akses dulu ke sini 192.168.100.1
2. Anda akan di minta memasukan Account dan Password, untuk itu silahkan isi :

Account : Admin
Password : admin

Ini adalah password bawaan atau default, sebenarnya ada tipe login tingkat atas (ROOT) tetapi hal ini di larang oleh pihak Telkom untuk di sebarluaskan, untuk itu anda bisa tahu sendiri.


3. Jika sudah maka anda akan di bawa kehalaman utama dan disini anda bisa melihat status informasi dari modem anda sekarang.


# CARA MENGETAHUI SIAPA SAJA YANG IKUT NEBENG DI JARINGAN WI-FI


Anda pastinya ingin tahu siapa saja yang ikut jaringan IndiHome yang telah anda pasang, pastinya anda tidak ingin rugi bukan jika ada penyusup yang ikut nebeng jaringan Wi-Fi anda yang mungik saja password Wi-Fi nya telah bocor ke tetangga atau orang lain, untuk itu anda bisa mengetahui dengan cara :

1. Masuk ke Tab Status.
2. Lalu Device Information.


3. Disini anda akan melihat device apa saja yang terkoneksi, umumnya ada 2 jenis yaitu Smartphone dan juga PC.
4. Untuk mengetahui penyusup tersebut anda harus tahu MAC-Address dari pengguna yang anda ijinkan, kalau tidak akan sulit melakukan identifikasi siapa yang ikut menyusup.


# CARA MELAKUKAN BLOCK AGAR PENYUSUP TIDAK BISA MASUK KE JARINGAN WI-FI


Uumumnya disini ada 2 cara yang bisa anda lakukan, yaitu adalah cara Black List dan White List, kedua cara ini memang terbukti powerful hanya saja penggunaan dari White List sedikit lebih baku, yaitu hanya IP Address dan MAC Address yang anda percayai saja yang boleh masuk, jika dalam kondisi darurat smartphone baru anda atau kerabat anda tidak akan bisa masuk jika anda tidak melakukan White List terlebih dahulu.

Untuk itu saya sarankan menggunakan teknik Black List saja agar lebih flexible, untuk melakukan Blocking, sara sarankan gunakan yang metode Block MAC Address karena kalau IP Address masih bisa di akali dengan mengganti informasi IP dan jika MAC Address maka akan sulit untuk di akali, caranya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan masuk ke Tab Security.
2. Lalu Mac Filter Configuration.


3. Pada bagian atas centang Enable MAC Filter.


4. Silahkan buat listnya dengan menekan tombol New.
5. Agar lebih mudah untuk mengetahui alamat MAC Address silahkan masuk ke menu Device Information dan Copy saja MAC Address yang ingin anda Black List.


6. Jika sudah tekan Apply.
7. Maka device dengan MAC Address yang sudah anda Black List sampai kapan pun tidak bisa lagi mengakses Internet dari Wi-Fi anda.

Catatan : Untuk Add List hanya bisa berjumlah maksimal 8 List saja!


# CARA MEMBUAT ACCESS POINT BARU


Jika anda ingin membuat Access Point untuk pribadi artinya khusus untuk perangkat anda saja, tanpa perlu bergabung dengan Access Point public maka anda bisa membuat untuk anda sendiri, caranya sangat mudah yaitu :

1. Silahkan masuk ke menu WLAN.
2. Lalu tekan NEW untuk membuat Access Point baru.


3. Selanjutnya silahkan lakukan konfigurasi, sebagai berikut :

SSID Name : isi dengan nama Access Point
Centang Enable SSID
Number of Associated Devices : isi dengan 3 saja jika anda ingin menggunakan access point ini secara pribadi.


4. Selanjutnya tekan saja Apply.
5. Jika sudah anda mesti melakukan Konfigurasi lagi, silahkan pilih nama Access Point yang sudah anda buat tadi.
6. Pada bagian bagian Authentication Mode silahkan isi dengan WPA/WPA2 PreSharedKey.
7. Lalu pada Encryption Mode silahkan isi dengan TKIP&AES, lalu isi Password Access Point tersebut di pada kolom yang telah di sediakan.
8. Terakhir pada bagian WPS Mode silahkan isi PBC.


9. Tekan Apply dan lihat Access Point yang telah anda buat sudah Online.


10. Done


# CARA MENGGANTI PASSWORD LOGIN MODEM


Jika anda merasa tidak yakin dengan Password bawaan default Modem Router dari Huawei HG8245A mungkin anda bisa membuat password untuk anda sendiri, tujuannya adalah agar tidak ada pihak luar yang bisa mengakses ke tingkat konfigurasi modem, untuk itu anda bisa melakukannya di :

1. Silahkan masuk ke Tab System Tools.
2. Lalu pilih Opsi Modify Login Password.


3. Selanjutnya silahkan atur Password apa yang anda inginkan.

Perlu anda ketahui cara ini hanya akan melindungi dari Login dengan cara biasa, jika penyusup jaringan Wi-Fi anda tahu terkait Login ke level ROOT maka cara diatas tidak akan bisa mengatasi masalah ini, jadi berhati-hatilah.


# MELAKUKAN RESTART/REBOOT SECARA WIRELESS


Seperti yang saya jelaskan di atas anda juga bisa melakukan Restart atau Reboot Modem Router Huawei HG8245A dengan sangat mudah via Browser, cara ini efektif di lakukan jika koneksi Modem terhadap suatu Access Point sudah penuh dan terkesan membuat koneksi Internet menjadi lelet, caranya adalah sebagai berikut ;

1. Silahkan masuk ke Tab System Tools.
2. Lalu pilih Opsi Reboot.


3. Untuk melakukan Reboot secara otomatis anda hanya perlu menekan tombol Restart.
4. Done!

Sebenarnya anda juga bisa melakukan Shut Down atau Power Off secara Wireless, namun hanya bisa di lakukan jika anda sudah masuk ke tingkat ROOT terhadap Modem Huaweri HG8245A.

Dengan demikian itu adalah beberapa fungsi utama dari Modem Router Huawei HG8245A yang bisa anda manfaatkan, meski demikian masih ada beberapa fitur lainnya yang mungkin di tujukan ke penggunaan yang tidak biasa atau mudahnya memang di tujukan kepada pengguna yang sudah Expert.

Saya ingatkan sekali lagi cara di atas bisa di terapkan di variant Modem Router Huawei HG8245A atau HG8245H, karena kedua buah Router ini sejatinya adalah sama!.

Harapan saya dengan adanya artikel ini adalah anda bisa melakukan kontrol secara mandiri agar dalam penggunaannya bisa maksimal tanpa adanya penyusup atau seseorang yang bisa merugikan anda sendiri, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact