Cara mudah membuat Kop Surat sendiri di jamin bisa!

Cara mudah membuat Kop Surat sendiri di jamin bisa!

Cara mudah membuat Kop Surat sendiri di jamin bisa!

Jika anda memiliki perkerjaan sebagai seorang yang memang sering berurusan dengan bagian administrasi, maka pasti anda tahu apa yang di sebut dengan Kop Surat atau Kepala Surat, umumnya bentuk Kop surat ini ada bermacam-macam bentuk dan gayanya.

Lalu jika anda ingin membuat sebuah surat yang formal, anda harus membuat surat dengan kepala surat (Kop) karena ini akan mengindikasikan bahwa surat yang anda buat itu resmi berdasarkan tempat kerja atau instansi yang menauingi anda.

Selain itu bentuk Kop surat ini bisa juga di jadikan sebagai surat resmi proposal ke instansi atau perusahaan terkait guna untuk meminta kerja sama dan lain sebagainya.

Bentuk dari Kop Surat tersebut terdiri dari :


1. Logo Instansi/Perusahaan/Tempat Kerja.
2. Nama dari Instansi/Perusahaan/Tempat Kerja.
3. Alamat yang rinci dan kontak yang bisa di hubungi.

Dari pengalaman saya sendiri ada 2 buah cara untuk bisa membuat Kop Surat tersebut, satu caranya langsung dari Microsoft Word dan satu lainnya dari Photoshop, kedua cara ini sama baiknya untuk bisa anda terapkan, tinggal pilih salah satu saja yang menurut anda paling baik, berikut adalah cara untuk membuat Kop Surat :


# MICROSOFT WORD


1. Silahkan buka aplikasi MS Word dan buat dokumen baru.
2. Jika sudah silahkan tekan 2-3 kali (Klik) bagian Header dari dokumen baru tersebut, hingga muncul selektor Header Page.


3. Selanjutnya lihat menu dan atur opsi Header From Top ke 0.1" atau anda bisa atur sendiri sesuai kehendak anda.


4. Jika sudah yang pertama adalah silahkan anda load dulu gambar logo Instansi/Perusahaan/Toko tempat anda berkerja, dengan memilih Opsi Insert Picture.


5. Atur Size-nya, lalu agar bisa di pindah sesuka hati, tekan opsi Layout Option.


6. Selanjutnya pilih opsi Behind Text, agar gambar bisa di pindah-pindah.


7. Silahkan masukan saja selanjutnya Informasi dari Instansi/Perusahaan/Toko tempat anda berkerja, beserta kontaknya, sebagai contoh seperti ini :


8. Tambahkan Line Shape untuk garis pembatas di bawahnya dan terakhir Save.
9. Done!

Ini adalah hasil dari Preview-nya :



# ADOBE PHOTOSHOP


Selanjutnya cara kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, kali ini yang saya gunakan adalah versi CS6.

Tujuan dari penggunaan cara ini adalah agar bisa menghasilkan gambar Kop Surat, sehingga nantinya jika anda memerlukan Kop Surat anda hanya perlu menempelkannya saja lagi di bagian Header, berikut adalah caranya :

1. Silahkan buka dulu aplikasi Adobe Photoshop yang anda miliki.
2. Buat dokumen baru dengan Background Transparent.
3. Untuk Width dan Height silahkan atur ke 670 x 70 Pixel.


4. Selanjutnya silahkan buat saja Kop Suratnya sesuai yang anda mau, dari menyertakan gambar hingga nama dan alamat Instansi/Perusahaan/Toko.
5. Jika sudah silahkan Save dengan Format (.PNG).


6. Selanjutnya, ikuti Cara No.1 di atas dari Point 1-6 (Ingat!, Load Kop Surat yang sudah anda buat melalui Photoshop sebelumnya).
7. Jika sudah anda tempel, lakukan Save.
8. Done.

Berikut adalah Preview hasil dari cara ini :



Dengan demikian sudah seleasi cara membuat Kop Surat untuk penggunaan surat resmi, anda tidak perlu bersusah payah dalam membuatnya, karena cara pembuatannya begitu mudah untuk di lakukan bagi orang awam sekalipun.

Agar anda tidak lagi membuat Kop Surat baru yang sama dalam setiap pembuatan surat resmi, anda harus punya Draft khusus di mana sudah tertempel Kop Surat yang anda buat di atasnya, jadi tidak perlu membuat Kop Surat lagi sewaktu ingin membuat surat atau pemberitahuan resmi.

Semog bisa di pahami dengan baik apa yang sudah saya jelaskan di atas, harapannya adalah agar anda bisa membuat Kop Surat sendiri dan tidak lagi bergantung kepada seseorang, semoga bermanfaat untuk anda semua.

Baca juga:

Philiadi Agung Wicaksana
Pasha Dino

"Berkerja Saat Ingin"

Buka Komentar

No comments