Cara mengatasi subtitles video yang tidak muncul di Windows 10 - ASHADIN

Wednesday, November 14, 2018

Atasi Subtitles tidak Muncul

Cara mengatasi subtitles video yang tidak muncul di Windows 10

Cara mengatasi subtitles video yang tidak muncul di Windows 10

Bagi para penyuka film gratisan, menonton video melalui PC/Laptop memang telah menjadi solusi utama, selain gratis tentu saja anda juga bisa menonton video tersebut kapan saja dan di mana saja, namun ada satu hal yang mengesalkan dan ini terjadi di Windows 10.

Yaitu adalah subtitles yang seharusnya muncul mengiringi setiap ucapan kata muncul malah tidak keluar sama sekali dan sebelum ini di Windows 7 dan Wndows 8.1 tidak menimbulkan masalah tersebut, jika memang subtitle tidak muncul, tinggal instal K-Lite Codex maka masalah teratasi, sayangnya di Windows 10 semua ini tidak berlaku.

Sebenarnya saya juga kurang mengerti kenapa hal ini bisa terjadi, namun anda jangan khwatir ternyata masalah ini dapat dengan sangat mudah untuk anda atasi.

Di bawah ini saya akan membagikan 2 buah cara yang bisa anda gunakan, yang satu hanya bersifat lokal, artinya subtitle hanya akan muncul jika anda menonton video dengan aplikasi tersebut dan satu cara lainnya akan memberikan pengaturan penuh, sehingga subtitle video akan selalu muncul meski dengan menggunakan aplikasi Media Player yang berbeda.

# VIA APLIKASI VLC

Saya pikir banyak di antara anda semua yang sudah tahu dengan aplikasi yang satu ini, karena sudah umum di gunakan sebagai aplikasi Media Player pihak 3 selain menggunakan Media Player bawaan Windows.

Ternyata di balik penggunaannya yang sudah mainstream, faktanya aplikasi satu ini bisa di gunakan untuk mengatasi masalah hilangnya subtitle yang ada di Windows 10 yang anda miliki, jadi sebenarnya aplikasi VLC tersebut merupakan sebuah aplikasi All in one Codecs yang sudah berserta Media Playernya.

Jika kita sandingkan mungkin akan mirip seperti  K-Lite Codec dengan Media Player Classic-nya yang sudah begitu melegendaris.

Lalu bagaimana cara memunculkan subtitles dengan aplikasi VLC tersebut? mudah sekali :

1. Silahkan download aplikasi VLC yang paling baru tersebut DISINI.
2. Install VLC tersebut.


3. Silahkan putar video tersebut dengan aplikasi VLC, maka subtitles yang tidak bisa muncul sebelumnya, kini telah muncul di VLC Media Player tersebut.

Kekurangan dari cara ini adalah :


1. Hanya bersifat lokal artinya subtitles baru akan muncul jika memutar video tersebut menggunakan VLC Media Player.
2. Terkesan sedikit ribet karena harus terus melakukan Open With video bersangkutan ke VLC.

# VIA SHARK007

Jika memang anda tidak ingin ribet karena harus menggunakan aplikasi VLC yang bisa jadi tidak anda sukai, maka saran saya gunakan cara yang kedua ini, karena ini bersifat global setting, artinya settingan ini akan bersifat aktif terhadap semua aplikasi Media Player.

Hanya saja cara pengerjaanya tidak semudah cara yang pertama, anda memerlukan beberapa software pendukung yang harus anda lengkapi terlebih dahulu, berikut adalah alat tempur yang perlu anda persiapkan :

1. DirectVobSUB
2. ADVANCED Codecs (Shark007)

Perhatikan, sesuaikan dengan jenis versi Windows 10 yang anda gunakan, jika memang ber-versi 32-bit gunakan DirectVobSUB untuk 32-bit, sebaliknya jika 64-bit gunakan versi x64 (64-bit) jangan salah memilih, karena hasil akhirnya bisa gagal dan subtitles tetap tidak akan muncul.

Jika sudah anda pastikan persiapan di atas benar, langkah selanjutnya adalah melakukan aktivasti subtitles tersebut caranya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan install kedua bahan di atas.


2. Lalu buka aplikasi Shark007 dengan Run As Administrator, ingat jika anda menggunakan Windows 10 versi 64-bit, maka gunakan aplikasi Shark007 khusus untuk versi Win 64-bit, jika berversi 32-bit maka gunakan juga aplikasi Shark007 khusus 32-bit.
3. Pada tahap ini silahkan masuk ke bagian av/wmv/rm, mkv dan mpg/mp4 dan centang pada bagian opsi Disabel Media Foundation for ... centang semua pada bagian ini dalam setiap tab codec-nya.


4. Selanjutnya agar subtitles bisa muncul di semua aplikasi Media Player, silahkan masuk ke tab Swap dan centang opsi Disable Windows Media Foundation.


5. Selanjutnya lakukan restart windows dan sekarang subtitles sudah bisa muncul di semua aplikasi Media Player.
6. Done!

Sangat mudah memang untuk mengatasi hal tersebut jika tahu caranya dan perlu anda ketahui bahwa memang wajar jika di Windows 10 subtitles tidak muncul, karena memang settingan awalnya tidak seperti itu, sehingga di perlukan beberapa settingan agar bisa memunculkan subtitles tersebut.

Jika pada tahap pengerjaannya gagal, maka lakukan langkah-langkah tersebut dari awal lagi, karena metode di atas memang sudah menjadi solusi nomor 1 untuk mengatasi masalah subtitles yang tidak muncul di Windows 10 dan di pastikan work! asalkan cara pengerjaannya sesuai dengan apa yang sudah saya jelaskan di atas.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact