Cara membuat Password di file RAR atau ZIP agar tidak bisa di buka sembarangan - ASHADIN

Thursday, November 15, 2018

Membuat Password RAR dan ZIP

Cara membuat Password di file RAR atau ZIP agar tidak bisa di buka sembarangan

Cara membuat Password di file RAR atau ZIP agar tidak bisa di buka sembarangan

Era digital memang sudah menjadi keseharian bagi kita sekarang ini, perubahan zaman yang cepat pun tidak bisa terhindarkan dan terkesan terus melaju di setiap harinya, meski dampak positifnya begitu besar, namun nyatanya dampak negatifnya pun juga tidak kecil.

Salah satu isu utama di era digital ini iyalah masalah Privacy yang mungkin saja tidak di perhatikan banyak orang dengan serius, bayangkan saja jika anda menyimpan sebuah data yang penting, namun anda menyelepekan masalah privacy pribadi anda, apa yang terjadi?

Sudah jelas data atau informasi yang harusnya anda lindungi, kini berubah menjadi konsumsi banyak orang atau orang tertentu yang sebenarnya tidak anda inginkan, maka dari itu jika data itu memang perlu anda lindungi maka lindungilah dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan cara yang akan kita bahas di bawah ini.

Kebanyakan orang saat ini sudah mulai menyimpan data penting yang bisa jadi bersifat pribadi tidak dalam bentuk fisik lagi, melainkan dalam bentuk file yang bermacam-macam, bisa jadi itu file dokumen, foto, video dan lain sebagainya.

Agar data tersebut tidak bisa di akses oleh orang selain anda, maka sudah pasti anda mesti memberikan pengamanan berupa password yang harusnya anda sendiri yang hanya mengetahuinya, dengan ini maka jaminan data anda akan terlindungi dari konsumsi publik kian besar.

Jika memang anda menyimpan data penting anda, mungkin data perkerjaan kantor anda di komputer kantor yang bisa di operasikan siapa saja, maka wajib hukumnya memberikan pengamanan pada data yang anda simpan, alasannya sederhana agar data anda tidak di utak atik orang, ataupun informasi berharga di dalamnya tidak di curi orang.

Cara membuat Password di file RAR atau ZIP agar tidak bisa di buka sembarangan


Maka dari itu disini saya punya solusi untuk anda agar data yang anda buat dan simpan aman dari konsumsi publik, salah satu caranya anda bisa memberikan Password terhadap data tersebut dengan menggunakan aplikasi sederhana seperti WinRAR.

Cara kerjanya cukup mudah, anda hanya perlu membuat sebuah Archive lalu memberikannya Password, jadi data tersebut tidak akan bisa di buka jika Password yang di masukan salah, dengan demikian harusnya cuma anda sendiri yang bisa membuka dan melakukan edit pada data tersebut.

Perlu anda ketahui aplikasi ini bukan aplikasi satu-satunya yang bisa memberikan proteksi ke data pribadi anda, tetapi aplikasi ini memang saya sukai, karena memang terbukti sulit untuk di retas, mungkin bisa, tetapi itupun hanya bisa di lakukan oleh kalangan profesional, untuk orang awam, mungkin aplikasi ini sudah lebih dari cukup.

Berikut adalah cara kerjanya :


1. Pastikan anda sudah mengerti cara membuat file RAR dan ZIP, kalau belum sudah saya jelaskan lengkap dalam artikel ini Cara membuat file RAR dan ZIP dengan mudah dan aman.
2. Selanjutnya buat Archive dengan data-data anda di dalamnya.
3. Lalu pada langkah ini silahkan tekan menu Set Password.


4. Silahkan isikan Password anda di kedua buah kotak tersebut.
5. Jangan lupa mencentang opsi Encrypt File Names.


6. Jika sudah tekan OK dan buat Archive tersebut berformat RAR ataupun ZIP.
7. Jika sudah silahkan uji coba dengan membuka file Archive tersebut, harusnya sudah muncul dialog untuk memasukan Password lebih dulu agar bisa melihat kedalam file Archive tersebut.


8. Jika Password salah di masukan, maka akan terjadi Error dan file di dalam Archive tidak terbuka, artinya anda sudah berhasil untuk memproteksi data pribadi yang anda miliki.


9. Done!

Dengan demikian, harusnya anda sudah bisa bernafas lebih lega, karena saat ini kemanan data yang anda olah atau simpan sudah terjamin, meski tidak 100%.

Saran saya silahkan buat file Archive RAR atau ZIP dalam banyak kategori, misalkan khusus untuk file dokumen mingguan, khusus file photo atau video dan jangan lupa, selalu bedakan Password antar file Archive tersebut, jangan sama karena jika seseorang sudah tahu, maka sudah pasti dia memiliki akses kesemua data yang anda miliki.

Selanjutnya jika anda ingin data anda lebih aman lagi, silahkan simpan ke penyimpanan berbasis Cloud seperti Google Driver, One Driver, Drop Box, dll, karena dengan ini maka proteksi bisa berjalan 100%, alasannya hanya anda sendiri yang tahu akses menuju data yang anda simpan tersebut.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact