Cara membuat file RAR dan ZIP dengan mudah dan aman - ASHADIN

Monday, November 12, 2018

Cara Membuat File RAR dan ZIP

Cara membuat file RAR dan ZIP dengan mudah dan aman

Cara membuat file RAR dan ZIP dengan mudah dan aman

Penggunaan file archive berupa RAR dan ZIP memang sudah sering kali kita temui saat ini, di dunia pendidikan hingga dunia kerja pun sistem archive file digital pasti selalu menggunakan kedua buah format tersebut.

Meski demikian jika di tanya lebih banyak penggunaan file RAR atau ZIP? maka jawabannya adalah ZIP, saya juga kurang tahu alasannya karena mungkin kita sudah terbiasa dengan format ini, sehingga dalam kesehariannya kalau mau melakukan archive data mungkin akan di ubah kedalam format ZIP.

Perlu anda ketahui bahwa penggunaan format file RAR dan ZIP ini sudah ada sejak dulu kala, kalau tidak salah sejak tahun 1993 format RAR sudah banyak di pergunakan untuk melakukan archive data, untuk ZIP sendiri nampaknya berumur lebih muda dari pada format RAR.

Lalu hebatnya lagi hampir 98% PC/Laptop yang di ada sekarang ini sudah mendukung dan saya jamin pasti ada memiliki aplikasi untuk membuka atau membuat file RAR dan ZIP tersebut, sehingga aplikasi ini menjadi seakan wajib di miliki saat ini.

Wajar saja, karena mengingat betapa bergunanya aplikasi tersebut, bayangkan saja ratusan data bisa di buat kedalam satu file saja dan anda tidak akan kebingungan lagi untuk mengelola data tersebut, sehingga cara ini akan menjadi lebih efektif di bandingkan dengan melakukan atau membuat kategori dengan folder maupun sub-folder, jauh jauh lebih efektif dan efisien.

Masuk dalam pembasahan utama kita, apakah anda tahu bagaimana cara membuat file RAR dan ZIP tersebut? saya yakin jika anda telah terbiasa menggunakan PC/Laptop Windows anda pasti tahu cara membuat file tersebut.

Cara membuat file RAR dan ZIP dengan mudah dan aman


Mungkin saja anda lupa atau memang tidak tahu, maka saya akan mengingatkannya lagi, karena hal ini nampaknya sudah di ketahui oleh semua orang milenial yang kesehariannya berkutat dengan yang namanya komputer dan seperangkat alatnya.

1. Silahkan download dulu aplikasi WinRAR, aplikasi ini gratis untuk anda pakai.
2. Selanjutnya install aplikasi tersebut.
3. Silahkan letakan file yang ingin anda Archive dalam format RAR atau ZIP kedalam sebuah Folder baru.
4. Klik kanan dan pilih menu Add to archive..
5. Selanjutnya silahkan pilih saja jenis format apa yang ingin anda gunakan, format RAR dan ZIP kurang lebih sama saja.
6. Untuk Compression Type-nya pilih Normal saja, kalau memang ingin data anda aman sepenuhnya gunakan opsi Store.
7. Pada bagian Update Mode, saya sarankan gunakan opsi Add and Update Files.



8. Selanjutnya tekan OK!
9. Done!

Jika anda ingin membuka file yang sudah anda buat menjadi RAR dan ZIP itu sama saja mudahnya seperti membuatnya, yang anda lakukan hanya perlu memilih opsi Extract, caranya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan buka file yang sudah berbentuk RAR ataupun ZIP.
2. Pada bagian ini silahkan lihat ke bagian menu diatas.
3. Pilih Extact to.



4. Kemudian pilih opsi Keep Broken Files, kalau saja kebetulan data yang anda archivekan rusak, maka proses ekstraksi tetap akan berlangsung.


5. Tekan OK.
6. Done!

Perlu anda ketahui juga bahwa ada keuntungan di balik metode Archive dengan file berbentuk RAR atau ZIP tersebut, yaitu adalah adanya metode Convert Size, dimana size ketika data telah di Archivekan bisa menjadi lebih kecil dari pada file originalnya.

Hanya saja lakukan Convert Size tersebut dengan benar, kalau saya sendiri menyarankan Compression Type di setting ke Normal atau Store saja, karena Compression yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan data yang akan di Archivekan rusak atau biasa di sebut Corrupt.

Jadi, lakukan dengan cara yang normal-normal saja, lalu cara Archive diatas hanya cara yang umum digunakan saja, masih banyak di luar sana cara dan metode Archive yang mungkin lebih rumit dan lebih bagus hasilnya, tetapi kalau yang umum dan mudah saja, tutorial diataslah yang paling baik dan ideal untuk di lakukan.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact