Cara Convert Size PDF yang mempunyai kualitas tinggi - ASHADIN

Sunday, November 11, 2018

Cara Convert Size PDF yang mempunyai kualitas tinggi

Cara Convert Size PDF yang mempunyai kualitas tinggi

Cara Convert Size PDF yang mempunyai kualitas tinggi

Seperti yang telah anda ketahui, saat ini dalam persyaratan pengunggahan dokumen via Online kebanyakannya sudah menggunakan prosedur dengan format unggahan dokumen berbentuk PDF, seperti yang terjadi di kasus pendaftaran CPNS, Instansi kerja lain atau bahkan pengumpulan tugas kuliah maupun sekolah.

Sehingga agar penyimpanan cloud situs unggahan tersebut tidak cepat penuh, para admin situs tersebut membatasi atau membuat regulasi bahwa file PDF yang di Upload tidak boleh melebihi kapasitas yang telah di tentukan, misalkan 300KB.

Seperti yang anda ketahui, sebuah file PDF yang memiliki kualitas gambar yang tinggi itu pasti memiliki size yang juga terbilang besar, sebut saja lebih dari 1MB, semakin banyak halaman atau semakin rumitnya pola gambar dari file PDF tersebut, size dari file PDF bisa menjadi semakin tinggi misalkan lebih dari 10MB.

Untuk mengakali hal tersebut satu-satunya cara ialah melakukan Convert size dari PDF tersebut, sekarang ini ada banyak penyedia Convert Size PDF yang bisa anda temukan via Online atau Offline menggunakan cara tertentu.

Namun, hanya sebagian saja yang memiliki kualitas yang bagus artinya adalah size kecil namun kualitas gambar yang di sajikan tetap tajam dan dapat dengan jelas di baca.

Cara Convert Size PDF yang mempunyai kualitas tinggi


Sejauh ini dari pengalaman yang saya telah lalui, hanya ada beberapa saja yang memiliki kualitas seperti yang saya maksud, karena goal-nya adalah agar file PDF memiliki size yang kecil, namun penurunan kualitas gambar tidak terlalu terlihat, maka saya akan merekomendasikan kedua hal ini.

Yaitu anda bisa sesuaikan cara mana yang ingin anda terapkan, apakah cara Online maupun Offline.

# ONLINE

Cara pertama ini sangat saya sukai, karena anda hanya perlu mengunggah dokumen PDF tersebut, lalu melakukan Convert terhadap size tersebut, disini web yang saya gunakan adalah smallpdf.

Caranya anda hanya perlu menyiapkan file yang ingin anda Convert, selanjutnya mengunggahnya.


Tunggu hingga selesai, jika sudah disini anda akan melihat size yang telah di Convert penurunannya hingga 79.45%, tanpa adanya penurunan kualitas yang berarti.


Untuk mendapatkan file PDF tersebut, anda hanya perlu melakukan Download ke File bersangkutan dan selesai!

Kekurangan dari cara ini adalah sebagai berikut :


1. Anda tidak bisa menentukan size dari file PDF yang telah di Convert tersebut, karena sifatnya yang sudah Fixed.
2. Ada batasan bagi para pengguna gratisan, kalau tidak salah anda hanya bisa melakukan Convert size sebanyak 3-5 dokumen saja seharinya.
3. Jika jaringan Internet lelet maka proses Convertnya akan berlangsung lama dan cendurung gagal.

# OFFLINE

Jika cara pertama kita di berikan kemudahan dalam melakukan Convert tersebut, maka di cara kedua ini anda perlu melakukannya secara manual, namun kelebihannya anda bisa atur sendiri tingkat kualitas dari file PDF tersebut.

Dari banyak aplikasi PDF Converter size, ini adalah yang paling baik menurut saya pribadi, anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis DISINI.

Selanjutnya silahkan buka aplikasi FREE PDF COMPRESSOR.

Lalu, silahkan cari file mana yang ingin anda Convert dan selanjutnya pilih destinasi tempat Save dari file PDF yang akan di Convert.


Langah selanjutnya ialah dengan memilih kualitas dari file PDF tersebut, karena disinilah yang akan menentukan size dari PDF tersebut, saran saya gunakan kualitas 150 dpi.

Jika sudah silahkan tekan Compress, tunggu hingga prosesnya berakhir.


Buka file destinasi yang telah anda buat sebelumnya, disini anda akan melihat perbedaan size dari file Original dan yang sudah di Convert.


Hebatnya lagi penurunan kualitas tidak terlalu terlihat, hasilnya masih tetap tajam dan sangat jelas untuk bisa di baca.

Jika anda ingin sizenya lebih kecil lagi, anda bisa melakukan Convert ke tingkat yang lebih rendah lagi, yaitu ke 72 dpi, dengan konsekuensi, penurunan kualitas gambar mungkin akan terlihat jelas di level ini, untuk itu saya selalu merekomendasikan anda agar melakukan Convert di level 150 dpi saja, jika memang sudah kepepet, maka melakukan Convert ke tingkat yang paling rendah, memang menjadi solusi terakhir.

Dengan demikian, jika anda sudah mengetahui hal ini, harusnya anda bisa melakukan Convert PDF tersebut secara mandiri dan tidak perlu lagi meminta bantuan ke tukan fotocopian atau teman anda yang bisa jadi anda perlu mengeluarkan sedikit biaya.

Terlebih lagi anda harus menunggu dan melakukan antrian agar file PDF anda dapat di Convert, maka dengan ini harapannya anda bisa melakukannya secara mandiri dengan cost atau biaya yang sangat minimal bahkan dalam level gratissss!

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact