Cara atasi gambar Layer yang tidak bisa di pindah/copy ke layer yang lain di Photoshop - ASHADIN

Saturday, November 24, 2018

Layer Photoshop Tidak Bisa di Pindah

Cara atasi gambar Layer yang tidak bisa di pindah/copy ke layer yang lain di Photoshop

Cara atasi gambar Layer yang tidak bisa di pindah/copy ke layer yang lain di Photoshop

Bagi sebagian orang mengedit sebuah gambar atau membuat sebuah gambar yang menarik bisa itu karikatur, baliho, wallpaper dan sebagainya memang merupakan sebuah kegiatan atau hobi yang sangat menyenangkan.

Terlebih lagi saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi editing photo yang bisa anda gunakan, namun dari banyak aplikasi editing photo tersebut yang paling terkenal dan paling powerful sejak dulu ialah Adobe Photoshop.

Secara garis besar penggunaan serta fitur yang ada di Adobe Photoshop memang cukup rumit, tetapi sebanding dengan hasil akhirnya yang memang terlihat tampak profesional karena di dukung dengan fitur-fitur yang sangat banyak.

Bagi para editing photo pemula pasti akan mengalami banyak kendala dalam penggunaan Adobe Photoshop tersebut dan salah satu kendala yang sering di temui adalah tidak bisanya memindah atau melakukan drop dari layer yang satu ke layar yang lain.

Artinya gambar atau icon yang anda buka melalui Photoshop tidak bisa di pindah atau di gabungkan dengan gambar (layer) yang lain, sehingga masalah ini cukup membingungkan untuk bisa di atasi.

Cara atasi gambar Layer yang tidak bisa di pindah/copy ke layer yang lain di Photoshop


Umumnya masalah ini sering muncul pada gambar ber-tipe (.PNG) dengan indikasi gambar tersebut berupa Icon, tetapi tenang saja, ternyata untuk mengatasi masalah ini sungguh-sungguh sangat gampang sekali, berikut adalah cara yang bisa anda terapkan :

1. Silahkan buka gambar layer yang tidak bisa di pindah atau seakan terkunci.


2. Selanjutnya pilih menu Image >> Mode.


3. Pada tahap ini pilih opsi RGB Color.


4. Jika sudah silahkan pindah gambar tersebut ke layer yang lain, saya pastikan pasti berhasil dan tidak terkunci lagi.
5. Done.

Dengan demikian masalah yang nampaknya rumit tersebut sudah bisa anda atasi dengan sangat mudahnya, disini saya menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS6, saya pikir cara ini akan berfungsi untuk semua versi Adobe Photoshop.

Untuk aplikasi lain seperti Corel dan lainnya, saya tidak begitu mengerti, tetapi kalau melihat dari sifatnya, saya pikir solusinya juga akan sama-sama saja.

Jadi, kesimpulannya adalah jika gambar yang anda load terkunci sehingga tidak bisa di pindahkan ke layer yang lain, maka ganti saja modenya.

Disini saya tidak melihat kekurangan dari cara ini, gambar masih tetap dalam kualitas original, artinya tidak terlihat adanya penurunan kualitas, jadi cara ini menurut saya sangat di rekomendasikan untuk di lakukan, ketimbang anda melakukan Convert ke format image yang lainnya.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact