Apakah Whetstone di Xiaomi merupakan Virus? dan ini cara untuk menghapusnya - ASHADIN

Sunday, November 25, 2018

Whetstone Xiaomi

Apakah Whetstone di Xiaomi merupakan Virus? dan ini cara untuk menghapusnya

Apakah Whetstone di Xiaomi merupakan Virus? dan ini cara untuk menghapusnya

Belakangan ada hal menarik yang terjadi di smartphone Xiaomi yang ada saat ini, yaitu di temukannya sebuah aplikasi ber-size kecil yang katanya telah di identifikasi sebagai sebuah virus yang berbentuk sebuah Spyware yang ada dan langsung di distribusikan oleh pihak Xiaomi melalui Firmware resmi yang mereka rilis.

Kok bisa? katanya pihak Xiaomi menjunjung tinggi security yang ada di jajaran smartphone Android yang mereka rilis, lalu kenapa aplikasi Whetstone yang kabarnya virus ini di masukan, apakah mereka kecolongan atau memang sengaja memasukan virus tersebut?

Mungkin inilah pertanyaan yang muncul di benak anda saat ini, lalu benarkah aplikasi Whetstone di Xiaomi merupakan virus yang berbahaya? Saya yakin jawabannya adalah tidak, tetapi kalau ter-identifikasi sebagai virus mungkin iya, karena aplikasi ini berjalan dengan otomatis tanpa perlu interaksi melalui ijin dari pengguna smartphone itu sendiri.

Sejatinya aplikasi Whetstone Xiaomi ini memang di buat seperti itu dan bukan hanya di Xiaomi saja, namun di perangkat smartphone Android yang lain juga di temukan hal serupa, lalu berbahayakah? seperti yang saya bilang sebelumnya sama sekali tidak!

Karena sifat dari Whetstone ini adalah hanya sebagai alat untuk melalukan monitoring terhadap perangkat Xiaomi yang anda gunakan, artinya aplikasi ini hanya berupa aplikasi pencari informasi Benchmark dari smartphone Xiaomi anda.

Setelahnya hasil benchmark tersebut akan di kirimkan langsung ke pihak Xiaomi yang tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk pengembangan Firmware dari smartphone Xiaomi yang anda pakai, semua ini sudah jelas tertulis DISINI.

Sebenarnya fitur ini bisa anda disable secara manual dengan cara mengakses di Settings >> Accessibility, lalu pada Whetstone Assist Service anda bisa mematikannya dengan memilih opsi OFF, tetapi anda juga bisa menghapus aplikasi ini yang akan kita bahas pada bagian akhir dari artikel ini.



Apakah Whetstone di Xiaomi merupakan Virus? dan ini cara untuk menghapusnya


Jadi, sebenarnya aplikasi ini Legal, tetapi kenapa bisa ter-identifikasi sebagai virus? itu karena seperti yang sudah saya sebutkan di atas, aplikasi ini berjalan bagai robot secara otomatis yang memiliki tingkah yang aneh, yaitu mengumpulkan informasi performa smartphone yang nantinya di kirim dengan otomatis tanpa sepengathuan anda ke pihak Xiaomi.

Jadi, jika aplikasi Whetstone Xiaomi itu di sebut Spyware juga tidak salah, tetapi bentuknya bukan sebuah virus yang jahat, lalu ada fakta menarik dari hal ini, yaitu aplikasi Whetstone ini hanya di temukan di Firmware Xiaomi yang berasal dari China.

Untuk versi Global firmware Xiaomi hampir tidak pernah di temukan, saya juga kurang mengerti kenapa hal ini bisa terjadi, mungkin di China saja tindakan semacam ini di legalkan, namun untuk kawasan International di larang, karena mungkin saja melanggar peraturan Privacy.

# BAGAIMANA CARA MENGHAPUSNYA?


Sejatinya anda hanya bisa menghapus aplikasi ini jika anda sudah mendapat akses ROOT, karena letak aplikasi ini yang berada di System, itulah mengapa anda harus mendapatkan ijin dulu ke system agar bisa menghapus aplikasi tersebut.

Untuk nama aplikasi Whetstone Xiaomi ini adalah Whetstone.apk yang bisa anda temukan di System App, selanjutnya tinggal hapus saja jika anda ingin.

Namun, jika device anda belum mendapat akses ROOT apakah tetap bisa menghapus aplikasi yang di anggap virus ini? faktanya bisa dengan cara sebagai berikut :

1. Pastikan USB Debugging di smartphone Xiaomi anda sudah aktif.
2. Pastikan ADB Driver sudah terpasang di PC/Laptop anda.
3. Silahkan koneksikan device anda ke PC dengan kabel USB.
4. Buka Command Prompt dan arahkan ke direktory ADB Driver.
5. Selanjutnya masukan Command ini :

adb devices

6. Jika sudah terbaca, sekarang adalah tahap untuk melakukan penghapusan aplikasi whetstone tersebut. masukan command ini :

adb shell

Lalu masukan lagi. command ini :

pm uninstall -k --user 0 com.miui.whetstone

7. Jika sudah selesai, lakukan Reboot.
8. Done!

Maka dengan cara di atas aplikasi Whetstone akan terhapus dari smartphone Xiaomi anda, tidak ada efek samping dari penghapusan aplikasi satu ini, karena smartphone Xiaomi yang anda miliki tetap berjalan dengan lancar tanpa adanya penurunan performa.

Lalu sebenarnya aplikasi ini apakah patut di hapus atau tidak? kalau saya sendiri tidak menghapus aplikasi satu ini, di karenakan aplikasi ini tidak berbahaya, terlebih lagi dengan adanya aplikasi ini, kita juga akan sedikit membantu komunitas Xiaomi untuk membentuk sebuah firmware atau device yang hebat nantinya.

Tetapi, jika memang anda tidak mau ada aplikasi mencurigakan di smartphone Xiaomi yang anda miliki, maka silahkan di hapus saja, karena tidak ada larangan untuk anda, karena ini adalah smartphone Xiaomi anda dan anda berhak melakukan apapun dengan smartphone Xiaomi yang anda punya.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact