Butuh berapa banyak visitor harian agar bisa gajian Adsense tiap bulan?

Butuh berapa banyak visitor harian agar bisa gajian Adsense tiap bulan?

Butuh berapa banyak visitor harian agar bisa gajian Adsense tiap bulan?

Pertanyaan semacam ini pasti sering anda jumpai jika memang anda tergabung dalam sebuah komunitas Blogger atau Adsense, namun biasanya pertanyaan semacam ini malah tidak di jawab sama sekali dan terkesan di hiraukan, memangnya ada yang salah dengan pertanyaan tersebut?

Secara umum pertanyaan tersebit tidaklah salah, tetapi karena sudah sering sekali di tanyakan, mungkin pertanyaan tersebut bersifat tidak menarik lagi untuk di jawab, alhasil bagi Blogger pemula yang baru saja menadapatkan akun Adsense pasti akan kesulitan dalam mencari informasi yang di inginkannya.

Seperti "Butuh berapa banyak visitor harian Blog agar bisa cair atau gajian tiap bulannya?" maka dari itu disini saya akan menjawab pertanyaan tersebut dengan jelas dan tentu saja berbasis fakta yang saya alami setelah cukup lama berada dibidang ini.

Butuh berapa banyak visitor harian agar bisa gajian Adsense tiap bulan?


Perlu anda ketahui, sebenarnya tidak ada patokan yang pasti terkait berapa banyak jumlah Visitor yang bisa membuat anda gajian dari Adsense setiap bulannya, karena banyak sekali faktor yang mempengaruhi hal tersebut, beberapanya adalah sebagai berikut :

# Jumlah Klik Iklan (CTR)

Yang pertama yang akan kita bahas adalah terkait hubungan jumlah visitor dan jumlah klik iklan adsense, seperti yang anda ketahui para pemain Adsense itu sangat bergantung dengan jumlah klik yang banyak agar penghasilan harian dari Adsense bisa terus meningkat.

Lalu apa hubungannya dengan visitor? ya sudah jelas, jika anda memiliki visitor Blog yang lumayan bisa kita sebut di kisaran 3000 - 5000 harusnya anda sudah bisa gajian Adsense tiap bulan, jika CTR Adsense di Blog yang anda kelola sebesar 3-5% dengan CPC rata-rata $0.03 hingga $0.05 atau 400 hingga 600 Rupiah perhari, maka syarat $100 atau Rp.1.300.000 sudah bisa anda penuhi setiap bulannya.

# Niche (Topik) Blog yang di gunakan

Dalam taksiran berapa kira-kira jumlah visitor yang di butuhkan untuk bisa gajian setiap bulannya juga bisa tergantung dari Niche (Topik) Blog yang anda gunakan. Pasalnya setiap Niche Blog itu memiliki jumlah besaran CPC/BPK yang berbeda.

Harusnya dengan jumlah visitor seperti yang sudah saya jelaskan di atas, tetapi Blog dengan bahasan khusus seperti Techno, Finance, Blogging atau Life Style harusnya di CTR/RKT 1-3% saja anda bisa sudah gajian setiap bulannya.

Namun, jika Niche Blog berjenis General atau gado-gado, maka anda perlu meningkatkan traffic menjadi 5000-7000 perhari agar bisa gajian, dengan spesifikasi seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

# Target Negara

Perlu anda ketahui rata-rata jumlah visitor harian dari tiap negera itu berbeda-beda, misalkan Indonesia yang perlu ribuan visitor agar bisa gajian tiap bulan, namun bagi Blog dengan user atau visitor yang berasal dari United States maka hanya perlu mencari visitor kurang lebih 700-1000 saja anda kemungkinan sudah bisa gajian setiap bulannya.

Alasannya adalah karena memang harga CPC/BPK antara negara Indonesia dan United States itu bisa berkali lipat perbandiangannya, misalnya di Indonesia CPC terendah mungkin di angka 100 rupiah dan tertinggi mungkin 10.000 rupiah, maka CPC/BPK asala United States itu paling rendahnya adalah 5.000 rupiah dan paling tingginya adalah RATUSAN ribu rupiah.

Maka dengan demikian, patokan banyaknya jumlah visitor yang perlu anda cari agar bisa gajian setiap bulannya itu bisa berbeda dari negara yang telah anda targetkan.

# Konten Blog Anda

Siapa sangka ternyata konten Blog juga ada hubungannya dengan hal yang kita bahas sekarang ini, karena mau tidak mau konten Blog itu perannya sangat vital.

Logikanya adalah tidak mungkin visitor Blog anda banyak jika konten artikel di Blog anda sedikit bahkan tidak memiliki kualitas dan konten Blog ini juga kuat kaitannya dengan besaran CPC/BPK dan juga CTR, tidak percaya?

Anda harus percaya ini, artikel Blog dengan pembahasan yang lengkap dan berkualitas pasti akan mendapatkan CTR yang lebih tinggi dari pada jenis artikel dengan kualitas biasa saja, karena biasanya iklan dengan harga tinggi itu muncul pada jenis artikel yang berkualitas tinggi dari segi pembahasan, contoh, pengutaraan pendapat dan lain sebagainya.

Efek lain dari hal ini adalah bahwa visitor akan menghabiskan waktu lebih lama untuk menyelesaikan bacaan artikel yang anda buat, jadi besar kemungkinan iklan yang tampil juga akan ikut di Klik, karena biasanya iklan yang muncul pada artikel berkualitas itu adalah iklan yang memiliki relevansi yang tinggi dengan artikel yang telah anda buat, maka bisa kita sebut yang seperti inilah jenis iklan dan artikel yang premium, karena saling berkesinambungan.

Maka dengan demikian jumlah visitor dari jenis konten dengan porsi dan kualitas yang berbeda juga bisa mengakibatkan besaran pendapatan yang berbeda, meski memiliki jumlah visitor sama, niche sama, tetapi dengan cara pengemasan yang berbeda.

Lalu bagaimana kesimpulannya? harus berapa banyak anda mencari visitor agar bisa gajian setiap bulannya, jika spesifikasi Blog anda adalah sebagai berikut :

Niche : General
Target : Indonesia
Konten : Biasa saja kualitasnya
Jumlah Klik : Standard 1-2%

Jika melihat dari kondisi seperti itu, maka anda harus berkerja lebih keras lagi, karena anda perlu jumlah visitor sekitar 10.000 perhari agar bisa pasti gajian setiap bulannya, dari mana dasar saya menyebutkan fakta diatas?

Tentu saja dari pengalaman saya sendiri, tidak percaya? silahkan tanyakan saja dengan para ahlinya, saya jamin jawaban yang saya lontarkan dapat di pertanggung jawabkan.

Terlebih dengan kondisi ekonomi kita yang seperti sekarang ini, maka tidak menutup kemungkinan nantinya anda harus mencari lebih banyak visitor lagi agar bisa mempertahankan gajian Adsense setiap bulannya.

Karena jika anda memang serius ingin bermain di bidang ini, maka anda harus selalu aktif mengurus Blog yang anda kelola, jika anda lakukan secara malas-malasan, saya jamin 100% Blog anda akan kesulitan bersaing dan target gajian dari Adsense setiap bulannya hanya akan menjadi angan-angan belaka.

Baca juga:

Philiadi Agung Wicaksana
Pasha Dino

"Berkerja Saat Ingin"

Buka Komentar

No comments