Cara pasang TWRP di Redmi Note 7 mudah dan jelas untuk di pahami - ASHADIN

Friday, July 19, 2019

Cara Pasang TWRP di Redmi Note 7

Cara pasang TWRP di Redmi Note 7 mudah dan jelas untuk di pahami

Cara Pasang TWRP di Redmi Note 7

Redmi Note 7 memang menjadi sebuah device debut dari Sub-Brand baru dari Xioami, yaitu adalah Redmi, meski demikian semua hal yang ada pada lini seri Redmi ini keseluruhannya memang masih Xiaomi, yang berbeda mereka hanya melakukan Re-Branding saja.

Sehingga segala hal hebat yang sebelumnya ada di jajaran device Xiaomi, kini juga ada di hadirkan pada variant Redmi tersebut, sehingga jika kita lihat dari harga dan spesifikasi, saya berani jamin device ini pasti akan sangat laku di pasaran.

Sehingga, terbukti sekarang ini pengguna dari device satu ini sudah sangat menjamur, lalu untuk dukungan dari developers pihak ke-3 pun juga sudah sangat banyak dan tumbuh, maka dengan demikian untuk mencari komponen penting seperti TWRP pun sudah tidak sulit lagi untuk di lakukan sekarang ini.

Secara singkat Redmi Note 7 ini memiliki Codename "Lavender", dengan spesifikasi Qualcomm Snapdragon 660 dengan RAM 3/4/6GB, hal ini penting untuk anda ketahui, karena jika spesifikasinya berbeda, maka peruntukan TWRP ini juga akan berbeda dan tidak bisa di pasangkan.

Selanjutnya, jika kalian masih awam terkait TWRP tersebut adalah sebuah Custom Recovery Open Source yang memang sudah sangat populer dari dulu hingga sekarang dan terkenal dengan kemampuan Touch Screen dan fitur yang user friendly, maka sangat wajar jika banyak orang yang menyukai jenis Custom Recovery satu ini.

Selanjutnya jika anda memang ingin memasangkan TWRP tersebut pada device Redmi Note 7 yang anda miliki, maka ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi sebelumnya dan hal ini bersifat penting dan harus untuk anda penuhi, yaitu adalah sebagai berikut :


1. Unlock Bootloader


Karena disini kita akan menggunakan Fastboot sebagai media untuk Installations TWRP, maka sudah jelas UBL sangat di perlukan dan harus anda penuhi disini, berikut adalah Cara UBL Redmi Note 7.


2. Fastboot Driver


Selanjutnya adalah hal yang tak kalah penting lainnya, yaitu adalah Fastboot Driver, sehingga pada metode kali ini anda akan membutuhkan Laptop / PC sebagai Media untuk memasangkan TWRP tersebut, silahkan Download dan Extract Fastboot Driver Terbaru di Laptop / PC Windows yang anda miliki.


3. File TWRP


Lalu yang paling penting adalah anda harus mempersiapkan File TWRP yang di butuhkan tentunya, anda bisa mendapatkan TWRP untuk Redmi Note 7 ini secara gratis dan cuma-cuma, selain itu jenis TWRP ini juga sudah Stable meski belum Official, silahkan Download TWRP Redmi Note 7.

Setelah selesai di Download silahkan Copy file TWRP Redmi Note 7 tersebut ke dalam Folder Fastboot Driver dan Rename File TWRP tersebut menjadi twrp.img.


4. Kabel USB


Sudah saya singgung diatas, karena disini kita membutuhkan PC / Laptop Windows sebagai Media pemasangan TWRP, maka sudah jelas untuk penghubung antara PC dan Redmi Note 7 anda adalah Kabel USB, pastikan Kabel USB tersebut masih berfungsi dengan baik, kalau bisa gunakan saja yang Original.


5. Pasang DM-Verity & Force Encryption Disabler


Selanjutnya anda juga membutuhkan sebuah File yang kalau menurut saya pribadi sangat penting, yaitu adalah Dm-Verity, karena jika terjadi Bootloop setelah pemasangan TWRP, maka solusi untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan melakukan Flash file DM-Verity tersebut, silahkan di Download File DM-Verity & Force Encryption Disabler Terbaru dan Copy / Pindahkan ke Internal Memory Redmi Note 7 kalian untuk jaga-jaga, kalau saja Bootloop nantinya.

Jika ke-5 persyaratan diatas sudah anda penuhi semuanya, maka setelahnya anda sudah bisa memasangkan TWRP tersebut ke Redmi Note 7 kesayangan anda, silahkan ikuti tutorial cara yang saya tulis di bawah ini :


Cara pasang TWRP di Redmi Note 7


1. Buat Redmi Note 7 anda masuk ke dalam Mode Fastboot, jika tidak tahu caranya silahkan baca artikel Cara Masuk Fastboot Mode Redmi.
2. Jika sudah silahkan hubungkan Redmi Note 7 anda ke PC dengan menggunakan kabel USB.
3. Selanjutnya silahkan buka CMD dan arahkan ke Direktori Fastboot Driver, atau bisa dengan menggunakan Open Command Windows Here di dalam Folder Fastboot Driver tersebut.
4. Lalu silahkan masukan Command ini untuk mengetahui apakah Redmi Note 7 anda sudah terkoneksi atau belum :

fastboot devices

5. Jika sudah terkoneksi silahkan pasang TWRP dengan memasukan Command ini :

fastboot flash recovery twrp.img

atau

fastboot flash boot twrp.img

6. Jika muncul pesan OKAY, berarti berhasil, jika FAIL, maka berarti ada sesuatu yang salah, silahkan coba di teliti lagi persyaratan diatas.
7. Untuk melakukan Reboot silahkan masukan perintah ini :

fastboot reboot

8. Done.


Cara Masuk ke TWRP Mode


Sejauh ini ada 3 buah cara yang bisa anda lakukan untuk bisa masuk ke dalam Mode TWRP di Redmi Note 7, yaitu adalah sebagai berikut :

1. Dengan menekan Tombol Volume Up (+) dan Power berbarengan saat Redmi Note 7 dalam kondisi Power Off (Shutdown).
2. Dengan Fastboot Driver, yaitu dengan mengetikan perintah ini:

fastboot boot twrp.img

3. Dengan ABD Driver, yaitu dengan mengetikan perintah ini :

adb reboot recovery



Cara mengatasi Internal Storage yang tidak terbaca


Jika setelah pemasangan TWRP, lalu anda mencoba mengakses Internal Storage dari TWRP dan muncul 0MB atau tidak terbaca, maka solusinya adalah dengan cara melakukan Format pada TWRP tersebut, anda bisa melakukan Format tersebut dengan fitur Wipe pada TWRP dengan konsekuensi semua File di Internal Storage hilang.

Cara Pasang TWRP di Redmi Note 7


Cara kembali ke Stock Recovery (Recovery bawaan MI)


Anda juga masih punya kebebasan untuk kembali ke Stock Recovery, yaitu dengan mencomot file boot.img atau recovery.img dari Firmware yang sedang anda gunakan sekarang ini, ingat! versi Firmware yang di comot boot.img dan recovery.img nya harus sama, kalau tidak maka akan terjadi Brick.

Untuk pemasangannya silahkan ikuti atau ulangi cara diatas, tetapi dengan file TWRP di ganti dengan boot.img dan recovery.img yang sudah anda ambil dan rename dari Firmware yang anda gunakan.


Cara atasi Bootloop setelah memasang TWRP di Redmi Note 7


Perlu anda ketahui setelah pemasangan TWRP tersebut, maka Booting pertama bisa memakan waktu hingga 15-30 Menit lamanya, tetapi kalau lebih dari itu maka yang pasti terjadi adalah Bootloop, sebenarnya sudah saya singgung diatas cara untuk mengatasi hal tersebut, yaitu adalah dengan melakukan Flash File DM-Verity.

Dengan demikian, selesai sudah tutorial pemasangan TWRP pada Redmi Note 7 tersebut, saya kira tutorial ini sudah sangat lengkap saya buat, tetapi tidak ada salahnya jika anda bingun untuk menanyakan di kolom komentar di bawah.

Sebenarnya tutorial ini sederhana saja, tetapi saya ingin membuat tutorial agar mudah untuk di mengerti semua orang, berikut dengan Issues dan Solutions yang bisa anda pilih, jika anda teliti dan paham, maka sudah pasti tutorial diatas akan berhasil 100%, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact