Bahaya dan Kelebihan jika menggunakan VPN di Android - ASHADIN

Thursday, June 13, 2019

Kelebihan dan Kekurangan VPN di Android

Bahaya dan Kelebihan jika menggunakan VPN di Android

Kelebihan dan Kekurangan VPN di Android

Pengguna VPN di Android belakangan ini memang sedang meningkat, karena memang kondisi pemerintahan kita sekarang ini menjadi salah satu pemicunya, hal tersebut diakibatkan karena pemerintah melakukan pembatasan Medsos beberapa waktu lalu, sehingga benar saja, beberapa Medos vital seperti WhatsApp dan Facebook tidak bisa di gunakan sama sekali pada hari itu.

Tetapi, anda masih bisa mengakali hal tersebut dengan menggunakan VPN, hanya saja ada untung ruginya jika anda menggunakan VPN tersebut, maka dengan demikian masalah ini akan menjadi penting untuk kita bahas sekarang ini.

Karena di luar sana masih banyak orang yang ragu menggunakan VPN tersebut, seperti bingung apakah VPN yang mereka gunakan aman atau tidak dan yang lebih penting apa saja yang menjadi kekurangan dari VPN tersebut, maka dengan demikian disini saya akan menjabarkan hal-hal tersebut secara jelas.


# Cara Kerja VPN


Sebelum kita memulai pembahasan utama kita, anda harus mengetahui dulu garis besar cara kerja VPN tersebut, saya tidak akan menjelaskan secara teknis, karena saya memang bukan orang teknis yang paham betul terkait hal ini.

Hanya saja saya sedikit banyaknya mengerti dari penggunaan VPN tersebut, yaitu adalah jika anda menggunakan VPN maka informasi IP Address anda juga akan ikut berubah, itulah kenapa jika Medsos di Negara Indonesia di Block, maka anda tetap akan bisa menggunakan Medsos tersebut dengan menggunakan VPN.

Asumsikan saja misalkan anda menggunakan VPN dengan Network dari United States, maka jelas saja IP Address anda akan berubah menjadi IP Address United States dan bukan dari Indonesia lagi, sehingga Block yang di terapkan Pemerintah tidak akan berimbas ke anda.

Maka, hal ini juga berlaku kebanyak hal, seperti situs yang di larang di Negara kita bisa anda buka dengan mudah dengan menggunakan VPN, Games yang tidak support di Negara kita, bisa tetap anda mainkan dengan lancar dengan menggunakan VPN, sehingga sama seperti namanya sendiri Virtual Private Network, maka disini anda akan mendapatkan koneksi secara Private, meski pada kenyataannya IP Address yang anda dapatkan memang hanya berupa Shared IP Public saja, hal ini berlaku untuk semua jenis VPN gratisan.


# Apakah VPN aman ?


Nah, hal ini yang sering sekali di tanyakan dan menjadi keraguan bagi sebagian orang, jawaban dari hal ini bisa menjadi relatif, tergantung anda mendapatkan VPN tersebut dari mana dan anda gunakan untuk apa.

Keamanan data anda akan terjamin, jika anda mendownload aplikasi VPN Android tersebut langsung dari Google Play Store, karena biasanya aplikasi yang sudah di Listing di Google Play Store itu aman, jika ada laporan, terlebih jika ini adalah VPN, maka sudah jelas Google akan mengambil tindakan terkait hal tersebut, seperti menghapus aplikasi tersebut dari Listing Play Store.

Maka dengan demikian, akan sangat baik jika anda menggunakan aplikasi VPN yang paling populer di Google Play Store, asumsinya adalah dengan demikian maka harusnya VPN tersebut terpercaya, karena banyak di gunakan oleh pengguna dari seluruh dunia.

Selanjutnya, anda tidak boleh mendownload aplikasi VPN tersebut di luar Google Play Store, dengan alasan apapun, karena jika di luar Google Play Store, maka bisa jadi berbahaya untuk data di smartphone Android anda.

Selain itu jika anda menggunakan VPN maka jangan pernah sekali-kali anda melakukan Transaksi secara Online! karena takutnya informasi data Bank anda akan di curi, ini adalah peraturan pertama dan mutlak yang harus anda lakukan jika sedang menggunakan VPN.

Karena tidak ada jaminan jika data anda tidak di curi, apalagi jika anda menggunakan VPN gratisan, saya sangat sarankan jangan pernah melakukan Transaksi Online.

Selanjutnya jika anda juga menikmati Medsos, jangan pernah mengumbar data pribadi anda jika sedang menggunakan VPN, hal ini sudah menjadi hal yang di rekomendasikan oleh banyak pakar dan ahli IT, maka gunakan VPN dengan bijak dan benar.


# Kelebihan dan Kekurangan VPN


Jika kita berbicara kelebihan dan kekurangan VPN, tentu saja akan banyak hal positifnya di banding negatifnya, maka dari itu dapat kita simpulkan kelebihan dan kekurangan VPN adalah sebagai berikut :


Kelebihan VPN :


  • Anda bisa berganti IP dengan identitas negara lain, biasanya di gunakan Hacker atau untuk bermain game online, sekaligus membuka situs yang di larang.
  • Implementasinya sangat mudah di OS Android.
  • Bisa anda dapatkan secara gratis dan cuma-cuma.
  • Mendukung Server Hosts Negara tercepat, seperti Singapore dan United States.
  • Bisa anda aktifkan dan matikan dengan sangat mudah.



Kekurangan VPN :


  • Kecepatan & Bandwith di batasi, jika ingin lebih cepat anda harus berlangganan koneksi VPN, yang gratisan saya jamin pasti lamban.
  • Seringan di salah gunakan untuk tujuan yang kurang baik.
  • Sulit di lacak.
  • Untuk beberapa situs, biasanya akan melakukan Block IP, jika anda ketahuan menggunakan VPN.
  • Bisa sangat berbahaya dan rentan pencurian data, jika anda menggunakan aplikasi VPN yang tidak terpercaya.



# Jenis VPN


Perlu anda ketahui juga, bahwa VPN di Android itu bukan hanya bisa di gunakan melalui aplikasi VPN yang bisa anda Download dari Google Play Store saja, melainkan jauh sebelum itu System OS Android sudah mempunyai fitur ini.

Tetapi, hanya bisa anda konfigurasi secara manual saja dan VPN ini terbagi dalam beberapa jenis yaitu adalah Gratis dan Berbayar.

Bedanya adalah jika anda menggunakan VPN gratis, maka anda harus puas dengan segala keterbatasan yang di milikinya.

Namun, jika anda menggunakan yang berbayar, maka sudah jelas anda akan mendapatkan layanan Premium, meski harga VPN yang bagus itu tidak murah dan anda harus berlangganan, dalam artian anda di tuntut untuk membayar sejumlah uang dalam satu Bulan pemakaian, jika masih ingin menggunakan layanan VPN Premium.


# Bagaimana cara menggunakan VPN di Android


Jika anda sudah paham betul kekurangan dan kelebihan serta behaya yang mungkin saja akan terjadi dan anda masih saja tetap ngotot untuk menggunakan VPN, maka silahkan ikuti 2 cara ini untuk bisa menggunakan VPN di Smartphone Android yang anda miliki 2 Cara menggunakan VPN di Android secara Gratis dan Berbayar.

Dengan demikian, harusnya sekarang ini anda sudah cukup ilmu untuk mengatahui dan mengerti terkait penggunaan VPN di Android tersebut, maka sebisanya anda tidak perlu menggunakan VPN jika memang tidak sedang di butuhkan dan terdesak.

Karena saya kira jaringan Network Reguler yang ada di Negara Indonesia ini sudah lebih dari cukup, kecuali anda adalah seorang yang berkebutuhan khusus, maka sah-sah saja anda menggunakan VPN tersebut, lagi pula anda tidak akan terkena pidana apapun jika anda menggunakan VPN, asalkan bukan untuk tindakan kejahatan, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact