Cara atasi Baterai Android yang tidak bisa dicas - ASHADIN

Monday, June 17, 2019

Android Tidak Bisa Dicas

Cara atasi Baterai Android yang tidak bisa dicas

Android Tidak Bisa Dicas

Smartphone Android memang menjadi OS ponsel pintar yang paling banyak di gunakan di zaman sekarang ini, hal tersebut karena Smartphone Android itu tersedia degan rentang harga yang berbeda-beda, bisa saja murah sekali hingga mahal sekali, tentu saja ada harga ada kualitas, maka dengan demikian siapa saja saat ini sudah bisa menggunakan ponsel pintar dengan OS Android tersebut.

Hanya saja, sama seperti perangkat keras lainnya, faktanya sebuah Smartphone Android itu juga kerap sekali mengalami masalah, bisa itu masalah kecil hingga masalah besar yang bisa jadi tidak bisa di perbaiki sama sekali.

Umumnya masalah ini datang dari 2 hal yaitu kerusakan di Software dan Hardware, kebanyakan kasus yang ada saat ini memang hanya datang dari kerusakan Software saja, sehingga cara mengatasinya pun tergolong cukup mudah.

Smartphone Android itu sangat jarang mengalami kerusakan Hardware begitu saja, melainkan pasti ada faktor di baliknya, seperti usia Smartphone Android itu sendiri dan juga cara pemakaian penggunannya yang bisa jadi tidak wajar.

Pada kasus kali ini saya hanya akan membahas terkait masalah pada salah satu perangkat vital pada sebuah Snartphone Android, yaitu adalah baterai!

Betarai di Smartphone Android itu ibarat nyawa dari perangkat tersebut, jika rusak maka masalah besar akan terjadi, yaitu Smartphone Android anda tidak akan bisa beroperasi dengan baik, umumnya masalah baterai ini meliputi masalah sebagai berikut :

  • Drop
  • Kembung
  • Tidak bisa dicas (Charge)
  • Bocor


Biasanya ke-4 masalah itu yang selalu menyertai rusaknya baterai di suatu perangkat Smartphone Android, pada bahasan kali ini saya hanya akan berbicara terkait masalah Baterai Android yang tidak bisa dicas (Charge) saja.

Sebenarnya untuk bisa mengetahui dari mana kerusakan ini terjadi cukup mudah untuk anda lakuka, karena biasanya masalah ini selalu saja kuat kaitannya dengan Hardware pendukung dan sangat jarang terjadi akibat kerusakan Software, maka dengan demikian anda bisa memperkecil ruang lingkup masalah ke Hardware saja.

Baterai Smartohone Android yang tidak bisa dicas itu bisa datang dari banyak faktor, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, masalah ini bisa datang akibat dari Hardware Pendukung-nya, yaitu adalah sebagai berikut :

  • Kepala Charger
  • Kabel USB
  • Konektor
  • Port Konektor
  • Baterainya itu sendiri
  • Motherboard


Maka dengan hal ini, seharusnya anda sudah bisa melacak kerusakan tersebut secara mandiri, caranya sangat mudah dan silahkan ikuti solusi dari saya ini :


1. Ganti Charge dan Komponen Pendukungnya


Hal pertama yang bisa anda lakukan, tentu saja dengan mengganti Charger dengan Charger lain, tentu saja harus seperangkat dengan kabel USB-nya tersebut, alasan anda melakukan hal ini adalah untuk mengetahui apakah ada kerusakan atau tidak di kabel Charger yang anda miliki saat ini.

Karena anda harus tahu, bahwa Adapter dan Kabel Charger itu juga ada umurnya, dengan pemakaian yang lama bahkan dengan kondisi arus listrik yang tidak stabil, maka bisa jadi Adapter Charger menjadi rusak yang akan berimbas kepada Smartphone Android anda tidak bisa dicas.

Selain itu silahkan lihat pada kabel USB bersangkutan, pastikan tidak ada kabel yang robek, jika memang tidak ada kecacatan maka bisa jadi Adapter Charger yang bermasalah.

Namun, jika akhirnya smartphone anda bisa dicas dengan Charger lain, maka sudah pasti anda harus membeli dan mengganti Charger anda dengan yang baru, pastikan spesifikasi Charger sama dari jumlah Volt dan Amp-nya.


2. Lihat Konektor Charger


Konektor yang saya maksud disini adalah kepala dari kabel USB yang akan langsung anda hubungkan ke Smartphone Android anda, lihat baik-baik konektor tersebut, jika terlihat agak karatan, berjamur bahkan kotor, maka bisa ini yang menjadi penyebabnya.

Android Tidak Bisa Dicas

Karena jika Konektor tersebut kotor biasanya terkena karatan, maka sudah pasti Konektor tersebut tidak akan bisa berfungsi dengan baik lagi, maka solusi yang bisa anda ambil pada kasus ini adalah segera ganti dengan kabel USB baru, terserah dengan kualitas yang bagaimana, asalkan sesuai dengan Port Charger di Smartphone Android anda.


3. Port Charger


Jika sebelumnya masalah ada pada Kabel USB, maka lain lagi dengan kasus ini dan faktanya hampir seluruh kasus di sebabkan oleh hal ini, yaitu rusaknya Konektor Port Charger dan USB pada Smartphone Android anda, maka dengan demikian solusinya hanya bisa di perbaiki dengan cara mengganti komponen tersebut.

Android Tidak Bisa Dicas

Untuk biaya reparasinya sendiri cukup terjangkau dari 50 - 200 ribuan saja, itu pun sesuai dengan jenis Konektor Port yang di miliki yang biasanya USB Type-C akan lebih mahal dari pada Port USB standard, biasanya kerusakan ini terjadi karena beberapa hal ini :

  • Terlalu sering melakukan charging
  • Smartphone sering di gunakan saat melakukan Charging
  • Anda menggunakan Charger berkualitas rendah
  • Sudah umurnya


Maka, jika ini masalahnya, segera lakukan pergantian Part, prosesnya cepat, karena sudah menggunakan metode PnP, sehingga paling hanya membutuhkan waktu 2 Jam, maka Smartphone Android anda sudah bisa di gunakan lagi dengan sewajarnya.


4. Baterai Kembung


Sebenarnya masalah ini pasti bisa saja di ketahui banyak orang, karena jika baterai suatu Smartphone Android itu sudah kembung terlihat seperti buncit, maka sudah pasti baterai itu bermasalah, jika terlalu lama dibiarkan mungkin akan berbahaya.

Biasanya masalah yang mengiringi kasus ini adalah Baterai tersebut menjadi Drop hingga sukar untuk di isi ulang, tidak ada solusi lain dari masalah ini, kecuali anda menggantinya dengan baterai yang baru.

Saya kira ke-4 masalah diatas adalah masalah yang paling umum terjadi, jika baterai Android anda tidak dapat dicas, untuk solusinya sendiri tentu saja anda bisa memperbaikinya sendiri jika memang anda berani dan berpengalaman.

Jika tidak, maka saya sarankan serahkan saja kepada yang ahlinya, meski harus membayar upah jasa, secara umum tidak ada ketentuan pasti kapan kiranya suatu baterai Smartphone Android itu menjadi rusak.

Karena semua ini tergantung dari pemakaiannya itu sendiri, sehingga hasil akhirnya bisa jadi berbeda-beda, maka dengan demikian jika anda mengalami masalah seperti ini, saya sarankan silahkan lacak hal yang menjadi penyebabnya dan segera lakukan penanganan setelahnya.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact