Contoh Surat Izin tidak masuk Sekolah Formal karena ada Kegiatan / Acara - ASHADIN

Sunday, May 5, 2019

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Formal

Contoh Surat Izin tidak masuk Sekolah Formal karena ada Kegiatan / Acara

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Formal

Seperti yang anda tahu, bahwa penilaian dari seorang Pelajar (Siswa / Siswi) Sekolah itu bukan hanya dari mata pelajarannya saja, melainkan hal penting seperti Absensi juga menjadi pertimbangan besar, biarpun anda seorang yang cerdar, tetapi sering Absen, maka sudah jelas anda bisa tinggal kelas nantinya.

Maka dengan demikian, jika anda memang benar-benar tidak bisa masuk Kelas / Sekolah, maka saya sarankan tulis saja surat dengan sejujur-jujurnya, jangan takut, karena Surat Izin memang menjadi prosedur yang paling benar untuk memberitahukan kondisi anda dan meminta Izin untuk tidak masuk.

Karena setiap Sekolahan itu mewajibkan jika ada perihal apapun terkait Absensi, maka anda wajib memberitahukannya dengan Surat, karena jika tidak menggunakan Surat, meski anda benar-benar tidak bisa masuk Kelas atau Sekolah karena suatu hal, maka tetap saja anda akan dianggap tidak hadir.

Selain itu andapun tidak bisa sembarangan untuk membuat Surat Izin tidak masuk Kelas / Sekolah tersebut, karena jenis Surat seperti ini harus bersifat Formal dan memiliki bukti terkait perihal acara dan kegiatan yang sedang anda lakukan.

Perlu anda ketahui, Surat Izin Sakit dan Izin tidak masuk Sekolah karena ada Kegiatan itu berbeda, jika Surat Izin Sakit, maka anda bisa saja tidak perlu menggunakan Surat Keterangan jika hanya Izin satu hari saja, karena memang kondisinya terdesak.

Tetapi, jika anda Izin karena ada kegiatan, maka anda harus melampirkan bukti bahwa anda sedang mengikuti kegiatan, buktinya bisa bermacam-macam, seperti :

1. Keterangan dari Wali
2. Undangan Kegiatan.
3. Keterangan mengitukit Kegiatan.
4. Keterangan Tanggal Kegiatan (Seperti Lomba)
5. Dll.

Semua Keterangan diatas, harus benar dan harus bertanda-tangan, jika tidak maka bisa jadi dianggap palsu.


# Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Formal Karena Ada Kegiatan


Untuk Jenis Surat ini anda bisa membuatnya sendiri dengan cara Tulis tangan atau diketik lalu di Print, selain itu anda juga minat tolong Wali anda untuk membuat Surat ini, asalkan bukti kerengan bahwa anda sedang mengikuti suatu kegiatan atau acara itu terlampir secara sah dan benar.

Berikut adalah Contoh Surat Izin tidak masuk Kelas / Sekolah Formal karena ada Kegiatan / Acara :

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Formal

Download Format Surat : (PDF)

Catatan : Silahkan Sesuikan kata yang telah saya beri tanda Bold dan Italic.


Beberapa Point penting yang harus anda perhatikan di dalam Surat ini adalah :


  • Sertkan Tanggal.
  • Identitas.
  • Tanggal Mengikuti Kegiatan.
  • Perihal Acara / Kegiatan.
  • Lampiran Surat Keterangan asli dan bertanda tangan.
  • Tanda Tangan Wali atau Anda sendiri.

Dengan demikian, jika anda sudah menerapkan hal diatas, maka sudah pasti Surat Izin tidak Masuk Kelas / Sekolah secara Formal yang telah anda buat di akui dan mempunyai kekuatan yang sah.

Saran saya, silahkan tulis saja kegiatan apa dan cara apa dengan sejelas-jelasnya, buat sepadat dan sesingkat mungkin, jika anda merasa kurang, silahkan kembangkan saja kata-kata dari Contoh Surat Izin yang sudah saya buat diatas.

Setelahnya tinggal anda kirim atau titipkan ke teman sekelas anda saja lagi, jika sudah sampai ke Wali Kelas, maka sudah pasti Izin Tidak Masuk akan anda dapatkan secara Sah dan benar, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact