Cara selamatkan Smartphone yang terkena air di jamin berhasil! - ASHADIN

Friday, May 3, 2019

Cara Atasi Smartphone yang Terkena Air

Cara selamatkan Smartphone yang terkena air di jamin berhasil!

Cara Atasi Smartphone yang Terkena Air

Sama seperti alat elektronik lainnya, smartphone sendiri juga memiliki musuh terbesar, yaitu adalah air, meski smartphone anda tahan air, itu masih tidak bisa menjamin 100% smartphone anda akaun "survive" terhadap masalah air tersebut.

Umumnya smartphone yang tahan air itu hanya mampu bertahan di dalam air selama kurang dari 2 Jam, lalu tergantung kedalaman dari air itu sendiri dan sudah pasti jenis airnya juga mempengaruhi, seperti air panas, dingin dan air laut, semunya memberikan dampak yang berbeda-beda.

Tetapi, bukan berarti jika smartphone anda terkena air, sebut saja seperti tercebur di dalam bak, sungai, terguyur hujan hingga tercemplung di air laut, lalu anda beranggapan bahwa smartphone anda rusak begitu saja.

Ada beberapa faktor yang membuat rusak smartphone anda jika terkena air, jika faktor tersebut belum terpenuhi, maka sudah jelas smartphone anda bisa di selamatkan dengan aman dan kerusakan yang di minimalisir.

Tentunya, anda sebagai pemilik smartphone bersangkutan harus tanggap untuk memilih langkah pencegahan yang efektif.

Sebenarnya masalah smartphone yang rusak terkena air itu masalahnya pasti karena terjadi korsleting "Short" yang di mana kita sudah ketahui sendiri, bahwa air itu bisa menjadi penyalur listrik, sehingga bayangkan saja, jika Mainboard (Motherboard) smartphone anda terkena Short? apa yang terjadi?


# Cara Atasi Smartphone yang Terkena Air


Ya! sudah jelas smartphone anda akan mati total, maka sebenarnya ada cara dan prosedur yang benar untuk mencegah terjadinya korsleting gara-gara air ini, yaitu anda bisa melakukan beberapa pertolongan di bawah ini dengan sigap :


# Jangan Hidupkan / Langsung matikan


Maksudnya jika smartphone anda terkena air dengan kondisi smartphone yang sudah mati, maka jangan pernah sekali-kali anda menghidupkannya, karena disinilah memont ketika smartphone anda menjadi rusak, bayangkan saja ada begitu banyak air yang masuk ke dalam bagian dalam smartphone anda dan ketika di hidupkan, maka sudah pasti arus listrik akan menjalar kemana-mana.

Sebaliknya jika smartphone anda masih hidup mungkin sepertti "Ngehang" segera matikan secepat mungkin, hal ini di lakukan untuk memutus arus listrik agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah, jika sudah anda matikan, maka jangan pernah anda menghidupkannya lagi, jika prosedur selanjutnya tidak anda lakukan.


# Lepas Baterai dan usahakan bongkar semampu anda


Hal pertama setelah anda memastikan smartphone anda mati dan tidak hidup lagi adalah dengan mencopot pusat energi dari smartphona anda yaitu adalah baterai!

Ingat, harus di lepas, meski smartphone anda sudah mati, jika baterai masih terhubung ke Mainboard, maka listrik statis masih ada, yang di takutkannya adalah lama-kelamaan listrik statis ini akan merusak Motherboard dan komponen lainnya.

Jika memang bisa anda lakukan, silahkan bongkar semua part yang terpasang, selain melepaskan baterai, anda harus melepaskan Motherboard. layar dan module lainnya seperti kamera dan speaker, lakukan semaksimal dan sebisa yang anda lakukan, karena pada saat inilah yang menentukan apakah smartphone anda bisa di selamatkan atau tidak.


# Keringkan semua Part yang telah di lepas


Pada langkah ini anda harus mengeringkan semua Part yang terkena air, pastikan jangan di rakit dulu jika Part tersebut belum benar-benar kering.

Untuk masa pengeringannya sendiri saya sarankan usahakan keringkan dengan maksimal selama 2-3 hari, kenapa memamakn waktu yang lama?

Hal yang di takutkan adalah masuknya air ke bagian terdalam dan rumit, karena sifat air yang jika tertahan akan menguap dan mengendap, maka waktu 2-3 hari adalah waktu yang paling baik untuk memastikan air benar-benar kering dari komponen Part yang sebelumnya terkena air.


Untuk metode pengeringan sendiri, anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini :


1. Jemur di bawah terik matahari (Pastikan jangan sampai terkena air hujan atau embun)
2. Keringkan dengan Hair Dryer, pastikan untuk level panasnya gunakan yang rendah saja, jika terlalu panas, bisa jadi ada komponen yang ikut meleleh.
3. Letakan di dalam kotak kedap udara dengan di taburi Gel Silicica (Sejenis bahan kimia yang berfungsi untuk menyerap kelembapan).
4. Pendam di dalam Tumpukan Beras, cara kerjanya sama saja seperti Gel Silica.

Usahakan pengeringan ini di lakukan 2-3 hari, jika di pendam di dalam beras atau menggunakan Gel Silica, maka biarkan saja di pendam hingga 3 hari.


# Bersihkan Semua Part


Setelah anda keringkan, bukan berarti masalah ini sudah selesai, langkah setelahnya adalah silahkan anda bersihkan, karena biasanya air yang terperangkap itu akan menimbulkan jejak berupa korosi.

Yang pastinya hal ini akan mematikan fungsi sirkuit elektronik, jika anda melihat ada jejak korosi, seperti bekas air atau sudah mulai berkarat atau berjamus, silahkan bersihkan dengan perlahan manggunakan kain berbahan halus.


# Rakit Kembali


Jika sudah anda lakukan semua prosedur diatas, selanjutnya silahkan rakit kembali, pastikan semua komponen terpasang dengan semestinya tanpa ada yang tertinggal atau tertukar, dan inilah saat-saat yang menegangkan!

Silahkan berdoa saja dulu, selanjutnya silahkan hidupkan, jika beruntung smartphone anda akan hidup lagi, jika sial, maka smartphone anda akan tetap mati total, alasannya?

Karena smartphone anda sudah Korsleting (Short) terlebih dulu sebelum anda mengupayakan prosedur penyelamatan, pada tahap ini sudah tidak ada lagi yang bisa anda upayakan, selain membawa ke tempat service atau membeli baru.

Selanjutnya smartphone yang sudah terkena air itu bukan serta merta berfungsi seperti baru lagi, biasanya ada kecacatan yang terjadi, seperti suaru speaker yang serak atau tidak bersuara sama sekali dan pada kamera akan memunculkan gambar yang blur seperti berembun.

Maka, dari semua kasus yang anda hanya sedikit saja smartphone yang sudah terkena air itu selamat secara 100%, jika pun masih bisa di hidupkan, saya yakin ada beberapa komponen yang terkena dampak negatifnya.

Saya sendiri sudah 2 kali mengalami masalah serupa dan beruntungnya berhasil saya selamatkan, meski pada 1 buah smartphone saya, kameranya berhenti berfungsi, jika anda sedang mengalami masalah seperti ini, maka saya doakan semoga smartphone anda bisa di selamatkan, semoga bermanfaat dan berhasil.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact