Contoh Surat Izin Sakit Formal Karyawan Swasta - ASHADIN

Sunday, May 5, 2019

Surat Izin Sakit Karyawan Swasta

Contoh Surat Izin Sakit Formal Karyawan Swasta

Surat Izin Sakit Karyawan Swasta

Sakit memang menjadi masalah setiap manusia, jika anda sakit maka anda hraus istirahat, jika anda memaksakan maka sakit yang anda derita akan lama untuk sembuh, selain itu jika kondisi anda sakit, maka perkerjaan yang anda lakukan juga tidak akan maksimal dan bisa jadi anda akan menyusahkan orang lain.

Setiap pekerja, termasuk Karyawan Swasta itu mendapat hak tidak berkerja jika sedang mengalami sakit, asalkan anda benar-benar sakit dan di tunjang dengan bukti yang sebenar-benarnya.

Karena kita yang hidup di Indonesia ini, di lindungi oleh hukum yang berlaku, jadi jika anda sakit dan anda tidak ingin masuk kerja, maka jangan khwatir, karena memang anda punya hak terhadap hal tersebut.

Yang menjadi masalahnya adalah jika anda sakit, maka anda harus membuat sebuah Surat pemberitahuan bahwa anda sedang sakit selanjutnya anda juga perlu melampirkan dokumen terkait, seperti Surat Keterangan dari Dokter atau bahkan Foto Kondisi anda sekarang ini.

Karena tidak bisa di pungkiri, jika anda adalah seorang Pekerja / Karyawan Swasta, maka untuk mendapatkan Izin itu memang benar-benar sulit, bahkan jika kondisi anda sakit pun itu juga terbilang sulit untuk meminta Izin.

Apalagi jika anda tidak menyertakan surai Izin Sakit, sudah jelas anda akan terkena Sanksi seperti Pemotongan Gaji hingga pemecatan, tentu saja hal ini tidak di inginkan oleh siapapun.

Maka, dengan demikian disini anda perlu membuat surat Izin Sakit tersebut, bukan Surat biasa, melainkan sebuah Surat Formal.

Biasanya jenis Surat Izin Sakit untuk Karyawan itu di buat dengan di ketik dan di sertakan di dalam amplop, selanjutnya di kirimkan dengan jasa ekspedisi atau titip langsung dengan rekan kerja, silahkan anda sesuaikan saja yang mana yang mudah untuk anda.


# Contoh Surat Izin Sakit Formal Karyawan Swasta


Disini saya punya contoh surat terkait hal tersebut, anda bisa menirunya dan tentu saja anda juga bisa menambahkan (Improvisasi) jika Contoh Surat Izin Sakit Formal yang saya share ini agak kurang menurut anda.


# Contoh Surat Izin Sakit Formal Karyawan Swasta (Izin 1 Hari)


Surat Izin Sakit Karyawan Swasta

Download Format Surat : (PDF)


# Contoh Surat Izin Sakit Formal Karyawan Swasta (Izin Beberapa Hari)


Surat Izin Sakit Karyawan Swasta

Download Format Surat : (PDF)


Adapaun Point penting dari Surat tersebut agar dianggap Legal dan benar adalah sebagai berikut :



  • Menyertakan Identitas Lengkap, jika ada Nomor Induk Pekerja / Karywan sertakan.
  • Menyertakan Nomor Telpon yang bisa di hubungi, biasanya di gunakan untuk mengecek kebenaran dari kondisi anda.
  • Menjelaskan kondisi anda, jika Izin lebih dari satu hari, maka sebutkan saja.
  • Melampirkan Surat Keterangan dari Dokter yang asli dan bertanda-tangan.
  • Jika perlu lampirkan juga Foto kondisi anda yang sedang sakit.


Kenapa saya menekankan beberapa point diatas? karena pimpinan itu tidak mudah percaya, jika anda tidak berkerja satu hari saja, maka roda perusahaan juga akan melamban sedikit, maka dari itu anda adalah mesin uang perusahaan, maka anda harus di manfaatkan dengan sebaik mungkin.

Dengan demikian, jika kondisi anda memang tidak memungkinkan untuk berkerja, maka katakan saja yang sebenarnya, sertakan butktinya, maka mau tidak mau, pimpinan anda harus percaya dan anda juga tidak bisa di berikan Sanksi begitu saja, karena ada hukum yang melindungi anda.

Asalkan anda tidak berbohong, maka dengan demikian, Surat Izin Sakit untuk Karyawan Swasta ini memang harus di buat sebaik dan sebenar mungkin, jika tidak maka sudah jelas, anda tidak akan di beri Izin dan anda akan di berikan Sanksi jika tetap memaksa tidak masuk kerja, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact