Cara atasi warna layar / gambar di Laptop terlihat kusam (IntelHD) - ASHADIN

Wednesday, May 1, 2019

Cara Atasi Warna Layar Monitor Laptop yang Kusam

Cara atasi warna layar / gambar di Laptop terlihat kusam (IntelHD)

Cara Atasi Warna Layar Monitor Laptop yang Kusam

Bagi sebian orang melihat gambar layar di Laptop yang agak kusam itu memang sangat menganggu dan membosankan, karena tipikal manusia memang seperti itu, kebanyakan manusia memang lebih suka dengan warna yang cenderung sedikit terang dan terlihat lebih berwarna.

Tetapi, ada juga sebagian orang yang tidak menyukai hal itu dan cenderung suka dengan warna yang agak kusam, karena di nilai lebih nyaman di mata, maka untuk aturan seperti ini anda bisa dengan bebas melakukan Settingan-nya sendiri.

Artikel ini khusus saya buat untuk pengguna Laptop / PC yang tidak memiliki VGA, melainkan hanya mengandalkan Graphic Card On Board pada kasus ini adalah IntelHD, maka dengan demikian artikel ini memang hanya khusus saya buat untuk pengguna Laptop dengan Processor Intel yang juga sudah Support IntelHD.

Anda bisa dengan mudah melakukan Settingan warna di layar monitor Laptop anda, apakah akan anda buat lebih terang dan berwarna atau anda biarkan terlihat kusam, kalau saya sendiri lebih suka yang berwarna, namun bukan warna yang begitu tajam, malainkan warna yang saya kira natural untuk mata saya.

Karena saya sering tidak suka menonton sebuah Film jika gambar tersebut terlihat kusam, maka jangn khwatir ternyata ada Settingan-nya, setelah saya coba maka sudah jelas saya menyukai hal itu!


# Cara Atasi Warna Layar Monitor Laptop yang Kusam


Jika anda tertarik anda bisa menerangkan warna laya monitor Laptop anda dengan cara ini ;

1. Silahkan ke Desktop dulu, Klik Kanan dan pilih Opsi Intel Graphic Settings.

Cara Atasi Warna Layar Monitor Laptop yang Kusam

2. Setelahnya silahkan masuk ke Menu Display.

Cara Atasi Warna Layar Monitor Laptop yang Kusam

3. Lalu pilih Color Settings.

Cara Atasi Warna Layar Monitor Laptop yang Kusam

4. Pada bagian Slider Saturations, silahkan geser saja untuk menentukan warna terbaik yang anda sukai.

Cara Atasi Warna Layar Monitor Laptop yang Kusam

5. Jika sudah tekan Save Profile.

Cara Atasi Warna Layar Monitor Laptop yang Kusam

6. Done.

Catatan : Tampilan Menu IntelHD bisa jadi berbeda, karena biasanya setiap versi IntelHD, memiliki tampilan antar muka yang cukup berbeda, tetapi untuk fitur dan letak menu Color Settingsnya di pastikan sama saja.

Lalu bagaimana jika anda menggunakan VGA dan atau menggunakan Processor AMD dengan VGA On board dari AMD?

Maka silahkan settings di Tool yang sudah di sediakan, jika anda menggunakan VGA NVIDIA, harusnya ada settingannya juga pada menu NVIDIA Control Panel, sama seperti jenis VGA AMD, yang perlu anda lakukan hanyalah mengubah settingan Saturations saja.

Perlu anda ketahui dengan mengubah Saturations ini bisa jadi akan sedikit menurunkan performa anda dalam bermain game, mungkin anda akan kehilangan 1-2 FPS, hal itu wajar karena Graphic Card IntelHD akan berkerja dengan sedikit lebih keras untuk menghasilkan warna sesuai dengan Settingan yang telah anda buat.

Maka dari itu sesuaikan saja bagaimana enaknya mata anda, karena jika anda seperti saya, maka sudah jelas anda akan merasa tersiksa jika terus-terusan melihat monitor layar Laptop yang warnapnya kusam, terlihat membosankan dan pastinya akan cepat membuat mata lelah dan ngantuk.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact