Alasan penting kenapa harus melakukan Update OS Android - ASHADIN

Monday, April 15, 2019

Keuntungan Update Firmware / ROM / OS Android

Alasan penting kenapa harus melakukan Update OS Android

Keuntungan Update Firmware / ROM / OS Android

Anda pengguna Smartphone Android? maka saya kira anda harus memperhatikan hal penting yang akan saya sampaikan sekarang, karena hal ini teramat penting untuk anda lakukan sekarang jika memang sudah anda lakukan.

Apa itu? Yaitu adalah Update OS Android secara berkala! ini sangat penting menurut saya pribadi, tentu saja saya tidak menyebutkan hal tersebut tanpa alasan, karena disini saya punya beberapa alasan kenapa hal ini menjadi begitu penting untuk anda perhatikan.

Sebelum itu anda harus ketahui dulu, sejauh ini ada beberapa Tipe dari Update OS Android yang harus anda ketahui yaitu adalah Update yang bersifat Bug Fixes, Security Patch, Versi OS, Peningkatan Fitur dan Update Custom ROM yang di berlakukan oleh beberapa vendor smartphone bersangkutan.

Misalnya seperti ini anda menggunakan smartphone Xiaomi, tentu anda sudah tahu bahwa smartphone tersebut menggunakan OS Android, tetapi yang anda perlu tahu adalah bahwa Xiaomi juga menggunakan Custom ROM yang di sebut dengan MIUI.

Jadi, smartphone Xiaomi ini bisa mendapat 2 Update, bisa itu update dari peningkatan OS Android tersebut, bisa juga update dari fitur, stabilitas, atau Bug fixes yang ada di ROM MIUI tersebut, biasanya bentuk Update ini kemas dengan satu kali Update, yaitu Update ROM dan Update OS Android itu sendiri yang biasanya berupa Security Patch terbaru.

Hal ini juga tidak ada bedanya dengan vendor lain, seperti Samsung, LG, Sony, Huawei dan vendor lainnya, mereka juga menerapkan hal yang sama, karena di zaman sekarang ini, hanya sedikit saja vendor smartphone yang mendistribusikan produk smartphone mereka dengan OS Android murni.

Kecuali smartphone tersebut memang ikut dalam program Google seperti, Android One atau Android Go, baru smartphone tersebut mendapat dukungan dari OS Android murni, yang kerap di sebut dengan AOSP.


# Keuntungan Melakukan Update Firmware / OS Android


Lalu apa hal penting yang membuat anda harus melakukan Update OS Android, jika memang update tersebut sudah tersedia untuk smartphone Android anda?


1. Stabilitas dan Balancing Hardware dan Software


Dalam artian setiap update Firmware yang di gulirkan, pasti akan mendapat penyesuaian ulang, terkait performa dari smartphone yang mendapat update tersebut, biasanya di Update Firmware terbaru, anda bisa menikmati performa yang lebih baik, seperti kinerja Processor yang lebih cepat karena di buat se-efektif mungkin performanya dengan dukungan Software yang mumpuni, dan hal lainnya yang berimbas pada kenyamanan anda dalam menggunakan Smartphone Android itu sendiri.


2. Bug Fixes


Ini yang paling penting menurut saya, jika sebelumnya anda merasa tidak nyaman dengan performa kamera smartphone Android anda yang terkesan jelek dan tidak responsif, maka harusnya masalah tersebut akan terselaikan pada Update Firmware yang di gulirkan untuk smartphone Android bersangkutan.

Maka dari itu kebanyakan Update yang di gulirkan, pasti akan menyertakan Log Bug Fixes, yang bisa jadi kececatan dari versi Firmware sebelumnya, kini sudah di perbaiki pada versi Update Firmware terbaru, maka inilah mengapa Update Firmware itu sangat penting untuk di lakukan.


3. Security


Siapa bilang Smartphone Android tidak bisa di susupi virus? jika tidak bisa ter-infeksi Virus, kenapa Google selalu developers OS Android selalu mengeluarkan Secuirty Patch secara berkala?

Maka dari itu penting untuk melakukan Update OS atau Firmware tersebut, karena sifat Virus di Android bukan seperti di PC, karena kebanyakan virus di Android itu adalah Spyware dan Adware.

Jika anda menyimpan informasi Bank dan informasi pribadi lainnya, maka saya sangat menyarankan anda untuk melakukan Update Firmware tersebut, saya yakin anda tidak ingin bukan data pribadi anda di curi orang? maka dari itu lakukan Update Firmware sekarang jika itu memungkinkan.


4. Fitur Baru


Karena OS Android terus di perbaharui setiap waktunya, maka benar saja fitur baru yang keren pasti akan selalu tersedia, selain itu fitur Ekslusif dari ROM buatan vendor juga tidak kalah menariknya, jadi sangat disayangkan memang jika anda tidak melakukan Update tersebut.

Karena jika anda melakukan Update Firmware atau OS yang memiliki title "Major" maka harusnya ada berbagai fitur baru yang keren yang siap untuk anda nikmati.


5. Lakukan Update Sebelum Terlambat


Artinya, jika smartphone Android anda mendapat update Firmware atau OS secara berkala, anda harusnya bersyukur, karena masih di Support secara resmi oleh vendor.

Karena jika smartphone Android anda sudah memasuki usia 1 hingga 2 tahun setelah rilis, biasanya tidak akan di Support secara resmi lagi, hal ini khusus untu Update Firmware tersebut, maka dari itu lakukan saja Update Firmware jika memang masih tersedia untuk smartphone Android anda.

Jika sudah tidak di Support oleh vendor, baru anda akan merasa bahwa betapa berharganya Update-update yang di gulirkan secara resmi yang pernah anda abaikan atau anda anggap mengganggu.

Saya punya beberapa Tips jika anda ingin melakukan Update Firmware agar tidak mengganggu dan merugikan aktifitas anda dalam penggunaan smartphone, yaitu adalah sebagai berikut :


# Tips Update Firmware / OS Android


1. Karena Size Update Firmware yang biasanya besar, maka saya sarankan gunakan Wi-Fi.
2. Lakukan Update ketika anda tidak sedang menggunakan Smartphone, seperti waktu tidur di malam hari, atau waktu luang lainnya.
3. Silahkan baca Log Update, agar anda tahu apa saja perubahan yang terjadi pada versi Update terbaru.
4. Lakukan Installasi Firmware di waktu anda sedang tidak menggunakan smartphone, karena biasanya intsallasi Firmware membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dengan demikian, harusnya anda sudah tahu betul, kenapa melakukan Update Fimrware atau OS Android itu begitu penting untuk anda lakukan.

Silahkan anda pikirkan sendiri, bahwa sebenarnya tidak ada ruginya anda untuk melakukan Update Firmware atau OS tersebut, malah anda akan mendapatkan beragam keuntungan yang tidak bisa anda dapatkan dari versi Firmware terdahulu.

Rata-rata penyebab pengguna OS Android jarang melakukan Update adalah karena merekan memang malas untuk mendownload Firmware tersebut, sayang kouta internet atau bahkan tidak peduli, mau update atau tidak.

Saya rasa jika anda tidak melakukan Update yang sudah di Support secara resmi itu memang sangat di sayangkan, jika anda sudah tahu betapa pentingnya untuk melakukan Update Firmware atau OS tersebut, maka tidak ada alasan lagi, jika anda tidak melakukannya sekarang, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact