Cara atasi Keyboard Laptop yang seperti tertahan sesuatu (Keras saat di tekan) - ASHADIN

Friday, April 12, 2019

Atasi Salah Satu Tombol Keyboard Keras Saat di Tekan

Cara atasi Keyboard Laptop yang seperti tertahan sesuatu (Keras saat di tekan)

Tombol Keyboard Keras

Laptop memang seakan menjadi barang wajib bagi sebagian orang, mau itu pelajar, pekerja, mahasiswa, bahkan pengangguran pun kebanyakannya tidak lepas dari benda satu ini, karena dengan adanya Laptop ini maka tentu saja anda bisa dapat berkerja di mana saja, menikmati hiburan dan beragam macam kegiatan lainnya.

Laptop atau Komputer Portable ini memang sudah banyak mengalami perkembangan hingga sekarang, jika dulu fisik Laptop itu tebal, berat dan mahal, maka sekarang sudah tidak lagi, kebanyakan Laptop saat ini sudah memiliki Body yang langsing dan memiliki harga yang tidak mencekik leher.

Meski demikian harga suatu Laptop itu memang di tentukan oleh spesifikasi yang di bawanya, jika memang canggih dan penuh dengan Hardware yang mahal, maka sudah pasti harga Laptop tersebut akan mahal, umumnya harga Laptop yang murah di pasaran itu bisa anda jumpai pada Range harga 2-5 Jutaan.

Seperti halnya Komputer, Laptop juga sering mengalami beragam masalah, salah satu masalah yang sering terjadi adalah masalah yang terdapat pada Keyboard di dalam Laptop itu sendiri, seperti salah satu Key-nya tidak berfungsi, sulit di tekan, keras, bahkan jebol.

Untuk masalah seperti ini biasanya banyak di alami oleh para Mahasiswa yang memang kesehariannya dekat dengan Laptop untuk mengerjakan Tugas, Sharing Video, Main Game dan lainnya, faktanya masalah ini memang menjadi problematika banyak mahasiswa, termasuk saya dulu juga mengalami masalah serupa.

Pada kasus ini saya hanya akan berbicara banyak terkait masalah Keyboard yang keras dan sulit di tekan saja, untuk masalah seperti beberapa Key dalam Keyboard tidak berfungsi, mungkin juga ada keterkaitannya dengan solusi yang akan saya sebutkan di bawah ini.

Sebelum itu anda harus tahu dulu, kenapa masalah ini terjadi dan faktanya tidak di semua Laptop masalah ini bisa muncul.

Umumnya masalah ini muncul pada Laptop yang memiliki Design Keyboard yang menggunakan Membrane, jika Laptop yang anda gunakan menggunakan mekanisme Mechanical, maka harusnya masalah seperti yang kita bicarakan sekarang tidak muncul.


Berikut adalah penyebab Keyboard Laptop yang keras atau sulit di tekan di beberapa Key-nya :


1. Debu.
2. Pasir
3. Batu Kecil
4. Kotoran seperti upil yang sudah mengeras atau serpihan nasi yang sudah membatu.
5. Serpihan kertas
6. Pokonya terkait masalah berupa kotoran!

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah seperti itu? berikut adalah cara yang biasa saya lakukan, ingat! ini hanya merupakan pertolongan pertama, jika memang ada kerusakan serius, maka sudah pasti tidak bisa di perbaiki dengan cara ini.

Berikut adalah cara yang saya maksud :


1. Tiup pada sela Tombol Keyboard (Key)


Cara ini berkali-kali berhasil untuk saya, misalkan tombol yang sulit di tekan (Keras) adalah Key A, maka silahkan angkat Laptop anda dan tiup sekencang-kencangnya pada sela Key A tersebut, cara ini terbukti berhasil untuk menyingkirkan kotoran yang membuat tombol Keyboard tersebut macet.

Perlu saya tekankan, kalau meniupnya jangan sampai keluar liurnya, karena bisa jadi nanti ilernya terbang sampai Motherboard yang mungkin jika anda sial, maka ada kerusakan yang lebih besar.


2. Tekan secara terus-menerus


Cara ini juga sering saya lakukan, misalnya Tombol Enter agak sulit untuk di tekan (Keras), maka biasanya saya akan menekan lebih keras lagi dengan periode yang cepat, harapannya adalah agar kotoran yang sangkut tersebut bisa hancur.

Hanya saja cara ini bisa membuat Membran Keyboard Laptop anda rusak, jadi cara ini lakukan jika pada cara pertama tidak berhasil.


3. Balik dan di Jedug


Saya kurang paham untuk menjelaskan hal ini, intinya silahkan anda angkat Laptop anda, lalu balik dan pukul perlahan belakang Laptop tersebut, harapannya adalah agar Kotoran yang nyangkut bisa keluar (Jatuh) atau berpindah tempat.

Lagi-lagi cara ini harus di lakukan hati-hati, karena belakang Laptop adalah tempatnya Hardware penting, maka kalau anda keras memukulnya, maka bisa jadi ada yang rusak.


4. Congkel


Cara ini hanya di lakukan jika anda memang telah melihat kotoran bersangkutan, seperti bekas serpihan kertas atau potongan benang sempak, jika memang demikian, silahkan congkel saja, gunakan alat yang tersedia, apapun bisa asalkan kecil dan keras.


Itulah ke-4 cara yang kerap saya lakukan jika menemukan masalah Keyboard yang sulit di tekan (Keras) di beberapa Key-nya.

Hanya saja cara diatas dalah cara amatiran atau mudahnya cara gratisan ala mahasiswa, jika memang anda berduit dam Laptop anda masih baru dan mahal, maka saya sarankan jangan pakai cara diatas, kecuali cara yang Nomor 1.

Namun, jika Laptop anda sudah buluk dan terhitung butut, maka silahkan lakukan sesuka hati anda, dengan asumsi tidak akan merugikan orang tua anda dalam biaya perbaikannya nanti, maka sah-sah saja untuk di lakukan.

Jika memang kerusakan memang terjadi pada Keyboard (Secara Fisik), maka tidak ada cara lain lagi, selain mengganti Keyboard tersebut, untuk harganya sendiri lumayan variatif, dari 400 ribuan hingga jutaan tergantung merk dan tergantung tipe dari Keyboard itu sendiri, salam bokek!

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact