Cara Disable Tombol Power pada Laptop agar tidak Sleep saat tertekan - ASHADIN

Tuesday, April 30, 2019

Cara Matikan Tombol Power Laptop

Cara Disable Tombol Power pada Laptop agar tidak Sleep saat tertekan

Cara Matikan Tombol Power Laptop

Saya yakin beberapa diantara anda semua pasti pernah kesal, saat telah mengerjakan suatu dokumen, atau sedang bermain game atau hal lainnya, anda tidak sengaja menekan tombol Power yang biasanya berada pada bagian ujung untuk beberapa jenis Laptop sekarang.

Maka sudah jelas yang terjadi adalah Laptop anda akan masuk ke dalam Mode Sleep dengan sendirinya, alhasil semua perkerjaan anda akan terganggu, meski demikian data anda tidak akan hilang, karena mekanisme Sleep adalah hanya untuk membuat sebuah Laptop menjadi Standby saja.

Kasus ini kurang lebih sama mengesalkannya ketika anda sedang bermain game, tetapi tombol Windows di keyboard tertekan secara tidak sengaja! tentu saja saya sendiri pun kerap di buat kesal dengan hal ini.

Beruntungnya sekarang ini ada settingan untuk menonaktifkan fungsi Tombol Power tersebut, bukan seperti Tombol Power tidak bisa di gunakan sama sekali, anda masih bisa menghidupkan Laptop anda dengan Tombol Power seperti biasanya.

Hanya saja ketika Laptop sudah hidup dan kalau anda tidak sengaja tertekan Tombol Power tersebut, maka tidak akan terjadi apa-apa artinya Laptop anda tidak akan Sleep secara otomatis.

Bagaimana kalau anda ingin mematikan Laptop anda? ya tinggal di Shutdown dengan cara biasa saja, anda pun masih bisa melakukan Force Shutdown dengan menekan Tombol Power dan tahan selama kurang lebih 10 Detik.

Artinya cara Disable yang akan kita lakukan di bawah ini hanya untuk menghilangkan fungsi Sleep saja ketika Tombol Power tertekan di sengaja maupun tidak sengaja, caranya adalah sebagai berikut :


# Cara Mematikan Tombol Power Laptop


1. Silahkan buka dulu Control Panel.
2. Selanjutnya silahkan masuk ke Control Panel >> Hardware and Sound >> Power Options.
3. Lalu Silahkan pilih Opsi ini :

Cara Matikan Tombol Power Laptop

4. Selanjutnya pada bagian When I Press the Power Button pilih saja Do Nothing, yang artinya ketika di tekan maka tidak akan terjadi apa-apa.

Cara Matikan Tombol Power Laptop

5. Terakhir, silahkan Save Changes.

Pada kasus diatas saya menerapkan cara ini pada Windows 10. Namun, perlu anda ketahui cara ini sebenarnya juga tersedia pada Windows 7,8,8.1 tanpa terkecuali, artinya cara ini bisa anda gunakan di semua versi Windows kira-kira minimal versi Windows 7.

Dengan demikian, saat ini anda sudah tidak tergganggu lagi dengan Tombol Power tersebut, karena ada beberapa Laptop yang peletakan Tombol Powernya itu kurang mantap, seperti terletak di sebelah Tombol Delete atau di tempat yang mudah tertekan secara tidak sengaja.

Terakhir, jika memang anda tidak terganggu dengan Tombol Power tersebut, maka saya sarankan tidak usah saja di ganti settingannya. Namun, jika memang anda sudah kesal amit-amit maka silahkan gunakan cara diatas sebelum hal buruk terjadi pada Laptop anda, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact