Amankah Mencabut Flash Disk Langsung tanpa perlu Eject ? - ASHADIN

Monday, April 15, 2019

Cabut Flash Disk Tanpa Eject

Amankah Mencabut Flash Disk Langsung tanpa perlu Eject ?

Cabut Flash Disk Tanpa Eject

Saya yakin banyak dari anda semua mungkin tidak tertarik dengan pembahasan ini, tetapi menurut saya biarpun anda tidak tertarik mau tidak mau anda harus paham terkait masalah ini, apakah benar seperti yang orang bilang jika mencabut Flash Disk langsung itu akan membuat Flash Disk rusak?

Harga sebuah Flash Disk memang tidak mahal, tetapi data di dalamnya itu yang bisa di bilang tidak terukur dengan harga, bayangkan saja ada data penting yang teramat penting bagi anda di Flash Disk, tiba-tiba menjadi hilang akibat anda tidak benar dalam menggunakan Flash Disk tersebut.

Saya kira pasti anda akan sangat kesal sekaligus kecewa, lalu pertanyaannya apakah memang benar mencabut Flash Disk langsung tanpa perlu melakukan Eject (Remove Safety) tersebut akan merusak Flash Disk? saya akan kemukakan pendapat saya disini.

Untuk anda ketahui, Flash Disk itu adalah bagian dari perangkat Elektronik yang di hubungkan melalui Port, hingga akhirnya di aliri listrik dan dapat di fungsikan sebagai Eksternal Storage, sampai disini saya yakin anda pasti sudah tahu bahwa Flash Disk itu baru bisa berkerja jika terhubung dengan konektor Port dan juga ada Supply dari Listrik.

Jika anda cabut tanpa melakukan Eject apa yang terjadi? Kebanyakan orang akan menganggap lambat laun akan rusak! tetapi tidak begitu kenyataannya, memang di aliri listrik tetapi tidak besar, yang bisa menyebabkan rusaknya sebuah Flash Disk itu ketika Konektornya Rusak atau dari Flash Disknya sendiri yang rusak.


Sebabnya? bermacam-macam, berikut adalah hal yang bisa menyebabkan Flash Disk rusak :


1. Jatuh
2. Terkena Air
3. Kuningan Konekornya rusak
4. Hardware Storage rusak.
5. Virus

Dari masalah diatas, tidak di temukan penyebab Flash Disk rusak akibat di cabut tanpa di Eject dulu, disinilah saya ingin meluruskan persepsi anda yang salah.

Selain itu katanya jika tidak di Eject Flash Disk akan terserang Virus? ini ngaco benar dah! Virus itu baru bisa menjangkiti sebuah Flash Disk ketika Komputer Bersangkutan sudah terserang Virus, dan Virus itu baru bisa melakukan Infeksi jika anda melakukan kegiatan Copy Paste.

Jika hanya anda colok begitu saja, tanpa membuka dokumen dan melakukan kegiatan Copy Paste, maka Flash Disk anda tidak akan terkena Virus (Koreksi jika saya salah).

Lalu, ada yang menentang pernyataan saya, kenapa Windows menyediakan fitur Remove Safety? Jawabannya cukup sederhana, untuk memutus semua kegiatan yang anda lakukan di Flash Disk.

Misalkan ketika anda melakukan Copy Paste, lalu anda melakukan Eject, maka akan ada peringatan bahwa Flash Disk yang tertancap sedang di gunakan untuk melakukan Transfer File, setau saya tidak ada fitur di Windows yang berfungsi untuk membuat Flash DFisk tidak rusak saat di Cabut begitu saja.

Tidak percaya dengan argumen saya diatas? ini faktanya! di Windows 10 versi terbaru, tidak sediakan lagi fitur Remove Safety, artinya anda bisa dengan leluasa mencabut Flash Disk sesuka hati anda, logikanya begini, jika fitur Remove Safety (Eject) itu teramat penting untuk Flash Disk, kenapa saat ini di tiadakan oleh Developers Windows?

Silahkan anda pikirkan sendiri, tidak usah lagi di bodohi orang, karena saya pribadi dari jaman Windows XP sudah tidak percaya bahwa mencabut Flash Disk tanpa melakukan Eject akan menimbulkan kerusakan, apalagi hingga terserang Virus.

Sejauh ini saya kira saya sudah banyak gonta-ganti Flash Disk, tidak ada satu pun yang rusak karena saya tidak melakukan Eject ketika ingin mencabut Flash Disk tersebut, yang ada Flash Disk saya hilang entah itu tercecer, di ambil teman atau atasan, bahkan tertinggal di tempat Foto Copyan atau di kantor.

Jika fitur Remove Safety ini bisa mengamankan Flash Disk saya agar tidak hilang di maling orang, maka baru saya akan menggunakan fitur ini sampai kapanpun, jadi, cerdaslah sedikit, ok!

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact