√ Cara membersihkan File Sampah untuk mempercepat Performa Windows 10 - ASHADIN

Sunday, March 17, 2019

√ Cara membersihkan File Sampah untuk mempercepat Performa Windows 10

√ Cara membersihkan File Sampah untuk mempercepat Performa Windows 10

Cara hapus Junk File Windows 10

Seperti yang anda ketahui, semakin lama anda menggunakan Windows 10, maka performa dari Windows 10 yang anda gunakan tersebut akan menurun, hal ini memang wajar terjadi, karena sebuah Sistem Operasi itu pasti akan menunjukan penurunan performa jika telah di pakai terus-menerus untuk segala hal dalam waktu yang lama.

Selain itu penyebab penurunan performa di Windows 10 juga bisa terjadi akibat adanya penurunan kinerja pada Hardware yang di gunakan, misalnya Processor dan RAM, tetapi sebagian masalah penurunan Performa selalu terjadi akibat Windows 10 yang memang sudah sangat lelet kinerjanya.

Salah satu penyebabnya adalah karena adanya Junk File atau dalam arti mudahnya File Sampah yang sudah banyak menumpuk.

Sehingga dari kasus ini anda bisa mengetahui bahwa, kenapa sih Drive C: itu selalu berkurang kapasitasnya, padahal tidak menyimpan data apapun.

Maka jawabannya adalah karena Junk File tersebut! suatu PC Desktop Windows 10 yang sudah di jalankan mungkin setahun lebih, tanpa pernah di bersihkan dan di pakai secara terus-menerus, bisa menghasilkan Junk File sebanyak puluhan GB.

Jadi, inilah penyebab kenapa Drive C: yang anda punyai bisa tiba-tiba menyusut kapasitasnya dari hari ke hari, umumnya File Sampah ini memang harus di hapus, tujuannya agar performa Windows 10 yang anda miliki tetap stabil dan maksimal.


Untuk dampak dari Junk File yang sudah sangat menumpuk ini adalah sebagai berikut :


1. Booting Windows sangat lama.
2. Membuka aplikasi menjadi lama.
3. Kapasitas Drive C: kian menyusut dengan sendirinya.

Maka, akan sangat bijaksana untuk anda agar menghapus Junk File tersebut sekarang juga, sebenarnya ada banyak aplikasi yang menyediakan jasa hapus Junk File tersebut.

Hanya saja di Windows 10 sendiri sudah di sediakan fitur serupa dan parahnya banyak dari pengguna Windows 10 yang tidak tahu, bahwa fitur ini ternyata ada.


Untuk cara menghapus File Sampah tersebut anda bisa mengikuti cara ini :


1. Silahkan cari aplikasi Disk Cleanup yang bisa anda cari di Start Menu.

Cara hapus Junk File Windows 10

2. Selanjutnya silahkan pilih Drive yang akan di hapus File Sampahnya, untuk kasus ini silahkan pilih Drive C: yang biasanya menjadi tempat OS dan tempat berkumpulnya File Sampah.

Cara hapus Junk File Windows 10

3. Silahkan Centang saja semuanya, dan lihat berapa File Sampah yang telah menumpuk di Drive C:, pada kasus saya ada sebanyak 211GB File Sampah! wow bukan.

Cara hapus Junk File Windows 10

4. Perlu saya ingatkan! jika anda juga mencentang opsi Downloaded File, maka semua File di dalam Folder Download akan ikut terhapus, silahkan Backup dulu jika ada data Download yang penting menurut anda.
5. Jika sudah anda pastikan bahwa anda telah siap melakukan bersih-bersih, langkah terakhir silahkan tekan Ok.
6. Tunggu hingga proses bersih-bersihnya selesai.

Cara hapus Junk File Windows 10

7. Jika sudah anda bisa lihat Storage dari Drive C: dan harusnya sudah langsing lagi.
8. Done!

Untuk anda ketahui, silahkan lakukan bersih-bersih File sampah ini secara rutin, paling tidak 3 Bulan sekali, karena jika sudah sangat menumpuk, bukan hanya kapasitas Drive C: saja yang akan di hajarnya.

Melainkan juga akan mengganggu performa dari Windows 10 secara keseluruhan, tentu saja anda tidak ingin bukan menggunakan sebuah PC Desktop Windows yang memiliki performa yang buruk, padahal dari segi Hardware sangat mumpuni.

Maka jika seperti itu, silahkan lakukan Cleaning Disk ini secara rutin, kalau memang perlu silahkan lakukan Defrag Disk, karena cara ini akan membuat performa dari Windows 10 anda menjadi lebih cepat seperti baru lagi.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact