Cara mengganti tempat penyimpanan Download di Google Chrome - ASHADIN

Tuesday, March 19, 2019

Ubah Tempat Download di Google Chrome

Cara mengganti tempat penyimpanan Download di Google Chrome

Cara mengganti tempat download Chrome

Saya yakin pasti banyak di antara anda sekarang pasti sudah menggunakan IDM atau aplikasi sejenisnya untuk bisa melakukan Download, karena benar saja banyak kelebihannya jika menggunakan Tool Download Accelerator tersebut.

Sebenarnya anda bisa saja melakukan Download tanpa IDM atau aplikasi sejenisnya, seperti menggunakan Tool Download asli dari Google Chrome, hanya saja Tool Download di Chrome tersebut tidak cocok untuk melakukan Download File yang besar.

Selain lamban, melakukan Download di Chrome juga biasanya memunculkan masalah, yaitu File Download yang anda Download selesai di tengah jalan, maka dari itu sangat tidak cocok untuk di gunakan dalam mendownload File yang besar.

Hanya saja untuk para perkerja kantoran yang hanya membutuhkan Download file dengan size kecil, mereka tidak memperdulikan penggunaan IDM sekali, karena pada dasarnya melakukan Download File seperti Ratusan KB hingga Puluhan MB itu tidak menjadi masalah.

Jika hanya di lakukan dengan Google Chrome semata, hanya saja di Google Chrome sendiri semua File akan otomatis terdownload pada direkori Drive C: >> Users >> (Nama User) >> Downloads.

Maka semua File yang anda download akan menjadi satu dengan File Download yang lainnya, bisa anda bayangkan sendiri, jika sda ratusan File Dokumen Download yang ada pada Folder Download sendiri, saya pastikan anda pasti akan kebingungan untuk mencari File yang telah anda Download.


Sebenarnya anda bisa saja mengganti direktori tempat Download tersebut sehingga tidak di Drive C: lagi, caranya adalah sebagai berikut :


1. Silahkan buka Google Chrome Settings dulu.

Cara mengganti tempat download Chrome

2. Selanjutnya silahkan Scroll pada bagian bawah dan tekan opsi Advanced untuk membuka lebih banyak opsi tingkat lanjutan.

Cara mengganti tempat download Chrome

3. Lalu cari menu Downloads dan silahkan ganti Direktori penyimpanan dengan menekan tombol Change.

Cara mengganti tempat download Chrome

4. Terakhir, silahkan atur saja tempat direktori Download sesukan hati anda, lalu tekan Select Folder.

Cara mengganti tempat download Chrome

5. Done!

Dengan melakukan hal diatas anda akan merubah tempat direktori Download secara permanent, jika anda menggunakan sebuah Komputer publik, seperti Komputer Kantor misalnya, tidak saya sarankan untuk mengubah Direktori Download tersebut, karena mungkin nantinya akan lebih semrawut.

Maka dari itu, silahkan gunakan Chrome Dialog sebelum melakulan Download, karena cara kerjanya adalah ketika anda melakukan Download, maka Chrome akan menanyakan " Dimana anda akan menyimpan File Download tersebut" cara ini sangat saya sukai.

Selain tidak mengubah settingan tempat Direktori Download secara umum, cara ini juga bisa memudahkan anda untuk melakukan Manage terhadap File yang akan anda Download, caranya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan buka Google Chrome Settings dulu.
2. Selanjutnya silahkan Scroll pada bagian bawah dan tekan opsi Advanced untuk membuka lebih banyak opsi tingkat lanjutan.
3. Lalu cari menu Downloads dan Centang Opsi Ask where to save each file before downloading.
4. Setelahnya jika anda akan mendownload File, maka secara otomatis anda akan memilih tempat untuk menyimpan File Download tersebut, seperti ini contohnya :

Cara mengganti tempat download Chrome

5. Done!

Dengan demikian anda sudah bisa melakukan management File Download di Komputer Publik, cara ini sangat efektif untuk mengelompokan data yang anda Download dengan data pengguna Komputer lain.

Tujuannya sederhana saja, agar anda tidak kesulitan untuk mencari data anda dan tentu saja agar anda tidak stress melihat data yang semrawut, karena saya pribadi jika sedang berkerja dan melihat ada tumpukan file yang jadi satu, rasanya itu mau resign saja, karena kepala sudah pusing, badan pegal, melihat hal yang berhamburan seperti itu, mungkin akan menambah beban stress.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact