Cara Verifikasi situs di Google Webmaster Tool baru dengan DNS Record - ASHADIN

Friday, March 29, 2019

Verify DNS Record Google Webmaster Tool

Cara Verifikasi situs di Google Webmaster Tool baru dengan DNS Record

Verifikasi Webmaster Tool dengan DNS Record

Seperti yang anda ketahui, saat ini jika anda menggunakan Google Webmaster Tool maka anda sudah tidak bisa lagi untuk menggunakan versi lawas, karena secara otomatis sudah di redirect ke versi yang baru tanpa adanya opsi untuk kembali ke versi lawas, seperti sebelumnya.

Bagi anda Blogger yang memang sudah terbiasa dengan Google Webmaster Tool lawas, mungkin akan sedikit beradaptasi dengan versi baru ini, karena dari semua fiturnya memang terlihat baru dan salah satunya adalah adanya Tool verifikasi baru untuk sebuah situs.

Jika sebelumnya kita di tuntut untuk melakukan Verifikasi berupa memasukan berbagai macam Legacy domain situs, seperti HTTP, HTTPS, WWW dan Non-WWW, maka sekarang tidak perlu lagi.

Karena semuanya bisa di Verifikasi hanya dengan bermodalkan nama domain anda saja, tidak perlu lagi, menginput satu-persatu Legacy Domain.

Hanya saja cara ini terhitung baru dan saya sangat yakin bagi para Blogger pemula akan kesulitan untuk melakukan verifikasi tersebut, karena memang dalam metodenya tidak semudah seperti meletakan Google Tag Manager di dalam template.

Lebih jauh lagi, bahwa metode ini akan menggunakan DNS Record dan hal ini penting untuk di ketahui oleh Blogger yang menggunakan Blogger Custom Domain, bagi yang menggunakan Sub Domain berupa Blogspot, maka anda tidak perlu memikirkan hal ini.

Lalu bagaimana cara melakukan verifikasi situs dengan DNS Record? sebenarnya caranya mudah sekali, anda hanya perlu mengikuti arahan ini :


# Mendapatkan TXT DNS Record dari Google


1. Silahkan Login ke Webmaster Tool dulu.
2. Pilih domain yang ingin anda verifikasi dengan DNS Record.
3. Selanjutnya masuk menu Settings.

Verifikasi Webmaster Tool dengan DNS Record

4. Lalu tekan opsi Ownership Verification.


5. Lalu tekan lagi opsi Domain Name Provider.

Verifikasi Webmaster Tool dengan DNS Record

6. Disini anda sudah bisa melihat TXT DNS Record Google yang akan kita gunakan untuk melakukan verifikasi via DNS Record.

Verifikasi Webmaster Tool dengan DNS Record

7. Copy TXT DNS Record Google tersebut dan lakukan langkah selanjutnya.


# Melakukan Verifikasi DNS Record


1. Silahkan Login dulu ke tempat anda berlangganan Domain, seperti Niagahoster, Rumahweb, Dewaweb dan lainnya, pada kasus ini saya menggunakan Rumahweb dan saya pikir menunya akan sama saja seperti penyedia Domain yang lain.
2. Jika sudah silahkan pilih Domain situs yang ingin anda verifikasi.
3. Masuk menu DNS Management.

Verifikasi Webmaster Tool dengan DNS Record

4. Lalu silhkan tekan Add New Record.

Verifikasi Webmaster Tool dengan DNS Record

5. Untuk Domain silahkan Kosongkan saja.
6. TTL gunakan yang default saja (bawaan).
7. Record Type pilih TXT.
8. Pada bagian Text Information silahkan isi dengan TXT Record yang sudah Google berikan di Google Webmaster Tool.

Verifikasi Webmaster Tool dengan DNS Record

9. Selanjutnya silahkan tekan Add Record.
10. Hingga muncul seperti ini :

Verifikasi Webmaster Tool dengan DNS Record

11. Lalu silahkan masuk ke Google Webmaster Tool lagi dan lakukan Verifikasi dengan menekan tombol Verify.

Verifikasi Webmaster Tool dengan DNS Record

12. Jika berhasil maka akan muncul pemberitahuan seperti ini :

Verifikasi Webmaster Tool dengan DNS Record

13. Done!

Catatan : Jika tidak berhasil di Verify via Google Webmaster Tool, maka silahkan tunggu hingga 24 Jam, karena biasanya penyedia layanan Domain perlu proses untuk melakukan penyesuaian settingan Domain baru yang telah anda buat.

Saya sendiri baru berhasil melakukan Verifikasi tersebut setelah 20 Jam lamanya, jadi harusnya jika sudah 24 jam, maka melakukan verifikasi sudah sangat mungkin untuk di lakukan.

Perlu anda ingat, dengan menambahkan DNS Record baru di Domain yang anda punyai tidak akan mengganggu performa Blog anda sedikit pun, karena sifatnya cuma meletakan Text saja dan tidak memberikan dampak lain seperti misal mengganti CNAME dan lainnya.

Sehingga cara diatas ini sangat aman untuk anda gunakan dan pastinya tidak akan sedikitpun mengganggu peforma Blog yang anda miliki.

Jika sudah ter-verifikasi, maka biarkan saja TXT DNS Record yang telah anda buat tersebut, karena dengan adanya DNS Record baru tersebut, maka Blog anda di Google Webmaster Tool sudah di pastikan akan menggunakan satu buah domain master saja lagi dan tidak memerlukan Legacy lagi.

Lalu, katanya cara ini akan sangat berguna untuk kepentingan Google Search, benar atau tidak kita akan buktikan nantinya, semoga bermanfaat dan lakukan dengan hat-hati.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact