Cara Replace / Ganti semua Kata (Text) yang salah secara Otomatis dan menyeluruh di Microsoft Word - ASHADIN

Saturday, March 9, 2019

Cara Replace Text Otomatis di Microsoft Word

Cara Replace / Ganti semua Kata (Text) yang salah secara Otomatis dan menyeluruh di Microsoft Word

Cara ganti semua Text yang salah di Microsoft Word

Saya yakin anda pasti akan kesal, jika dalam kondisi sedang mengedit sebuah Dokumen yang hanya terdapat salah ketik, misalnya tahun dan bulan, atau nama dan sebagainya, namun jumlahnya banyak, tentu saja hal ini akan membuang banyak waktu anda.

Karena anda perlu mengganti Text yang salah tersebut secara satu persatu, misalkan tahun yang anda tulis salah yaitu 2018 yang harusnya adalah 2019, dan jika jumlahnya ada puluhan, maka otomatis akan banyak sekali koreksi yang perlu anda perbaiki.

Selain itu resikonya juga bakal tinggi, karena bisa jadi ada 1 atau 2 Text yang anda lewatkan, maka sebenarnya untuk mengatasi hal semacam ini tidak lah sulit sama sekali, karena di Microsoft Word sudah ada Toolnya.

Maka dari itu, inilah pentingnya pengetahuan, karena bagi mereka yang tahu solusinya maka masalah seperti ini bukan menjadi masalah yang besar.

Pada dasarnya Microsoft Word memang di buat untuk memudahkan perkerjaan anda, jadi untuk mengganti Text puluhan atau Ratusan sama sekalipun tidak akan menjadi masalah, dan hebatnya lagi masalah ini akan selesai dalam hitungan detik!


Bagaimana caranya? berikut adalah cara untuk melakukan Replace semua Text tertenu dan di ganti dengan Text yang baru :


1. Silahkan buka dulu Dokumen yang anda maksud.
2. Tentukan kata apa yang salah, seperti tahun atau nama orang, pada kasus ini saya akan mengganti Text Tahun yang salah ketik sebelumnya.
3. Lalu, lihat pada bagian atas kanan, tekan Opsi Replace.

Cara ganti semua Text yang salah di Microsoft Word

4. Selanjutnya pada bagian Find What, silahkan isi dengan Text yang salah, lalu pada bagian Replace With isi dengan Text yang benar, seperti ini :

Cara ganti semua Text yang salah di Microsoft Word

5. Terakhir tekan saja, button Replace All.

Cara ganti semua Text yang salah di Microsoft Word

6. Dan pada tahap ini berapa Jumlah Text yang telah di Replace bisa di ketahui.

Cara ganti semua Text yang salah di Microsoft Word

7. Done!

Dengan demikian, anda tidak perlu bersusah payah lagi, mengganti satu persatu kata yang salah, dengan Tool ini maka tidak ada satu kata yang salah pun dapat terlewatkan, jadi Resiko seperti kelewatan koreksi itu tidak bakalan terjadi.

Hanya, saja jika sudah menerapkan cara diatas anda perlu mengoreksi ulang lagi semua dokumen yang telah anda buat, karena sifat dari cara diatas adalah pukul rata semua kata yang salah, artinya misalnya kata yang salah itu 2009 dan anda ganti menjadi 2010.

Maka, semua Text yang bertuliskan 2009 akan di ubah menjadi 2010, sehingga anda perlu sesuaikan lagi, karena biasanya jika Dokumen tersebut bersifat seperti Jurnal, Undang-undang, SK, Kontrak dan lainnya, biasanya di perlukan ketelitian untuk mengganti semua Text yang salah tersebut.

Meski cara diatas akan banyak menghemat waktu anda, akan lebih bijaksana rasanya jika anda mengoreksi ulang Dokumen yang sudah di perbaharui tersebut, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact