Cara Rename File banyak sekaligus dan berurutan sesuai Nomor di Windows - ASHADIN

Saturday, March 9, 2019

Cara Rename Sekaligus di Windows

Cara Rename File banyak sekaligus dan berurutan sesuai Nomor di Windows

Cara Rename File sekaligus dan berurutan

Tentu sangat mengesalkan bukan punya banyak berkas yang berhamburan dalam suatu Folder yang tidak di beri nama dengan benar, karena anda bisa saja kesulitan untuk bisa menemukan file yang anda inginkan.

Bayangkan saja dari ratusan File yang ada dalam suatu Folder dengan nama acak dan anda di suruh mencari File nomor 30 misalnya, saya yakin anda pasti akan kesulitan untuk menemukannya, selain tidak di beri nomor, nama File yang berantakan tersebut bisa menghambat anda dalam perkerjaan yang anda lakukan sekarang.

Sebenarnya cara mudahnya adalah dengan memisahkan File tersebut dengan File lainnya agar tidak tergabung dan berantakan, misalnya Folder A khusus untuk Dokumen Utama dan Folder B untuk Dokumen Pendukung.

Tetapi, kalau tidak di beri nama yang sama dan di urutkan sesuai dengan nomornya, mungkin pada kasus ini anda tetap akan kesulitan untuk membuka File tersebut satu persatu demi menemukan File yang anda inginkan.

Beruntungnya, di jaman sekarang ini segalanya sudah menjadi mudah berkat bantuan dari perangkat komputer, anda tidak perlu lagi bersusah payah untuk menamai satu-persatu File dan di Urutkan berdasarkan tanggal dan waktunya, karena semuanya bisa anda lakukan dengan 1 Kali cara pengerjaan saja.


Jika, anda ingin merapikan File anda di dalam Folder agar sesuai dengan nama dan nomor urut dengan sangat mudah, maka silahkan ikuti cara yang saya sebutkan di bawah ini :


1. Silahkan Buat Folder baru dulu dan kelompokan Data mana yang ingin anda Rename dan Urutkan sesuai tanggalnya, misalnya seperti ini :

Cara Rename File sekaligus dan berurutan

2. Terlihat sangat berantakan bukan? untuk menyortir sesuai tanggal rilisnya publish atau rilisnya silahkan tekan pada bagian Date, harusnya dengan demikian File di dalam Folder tersebut akan menjadi tersusun sesuai tanggalnya mulai dari paling lama, ke yang paling baru, atau sebaliknya.

Cara Rename File sekaligus dan berurutan

3. Lalu di Sortir (Block) semua File tersebut dengan menekan Tombol CTRL + A.
4. Selanjutnya silahkan pilih File paling atas dan tekan Klik Kanan, lalu Rename.

Cara Rename File sekaligus dan berurutan

5. Secara Otomatis semua File akan berubah dengan nama yang sama dan dengan Nomor Urut yang sudah sesuai dengan tanggal rilisnya.

Cara Rename File sekaligus dan berurutan

6. Done!

Dengan melakukan hal diatas, tentu saja perkerjaan anda akan menjadi lebih mudah, karena anda tidak lagi kesulitan untuk mencari File yang anda inginkan, tinggal lihat nama dan nomornya yang sudah anda urutkan, maka perkerjaan anda akan lebih cepat tanpa harus membuka satu-persatu File yang anda cari.

Sebenarnya cara diatas akan lebih bermanfaat, jika sebelumnya sudah anda kelompokan data tersebut sesuai dengan kategorinya, karena yang perlu anda lakukan pada tahap akhirnya adalah dengan melakukan Rename saja lagi dan bukan mengelompokan data sesuai jenisnya dulu yang bisa jadi membutuhkan banyak waktu.

Meski demikian cara diatas memang sangat bisa di andalkan, karena melihat data yang berhamburan itu tentu saja sangat mengesalkan dan mungkin akan mengurangi semangat anda dalam berkerja, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact