Tuesday, June 23, 2020

Cara mengatasi masalah IDM is Corrupt pada versi paling baru

Cara atasi IDM is Corrupt

Anda sedang mengalami masalah ini? berarti saat ini anda sedang menggunakan versi IDM "Pak Tani", kenapa saya bisa tahu? tentu saja karena saya juga sedang menggunakannya, masalah ini umumnya terjadi pada versi IDM 6.32 Build 6,

Memang terkesan mengganggu, karena jika anda tekan Close atau Ok maka langsung akan masuk ke halaman Browser, bayangkan saja jika anda sedang bermain game Online dan Notifikasi IDM tersebut muncul? saya yakin game yang anda mainkan akan keluar dengan sendirinya.

Tentu sangat mengesalkan, memang anda sebenarnya tidak punya kewajiban untuk marah atau sebagainya, karena anda menggunakan versi IDM pak tani yang jelas saja resiko di tanggung oleh penggunannya.

Setahu saya masalah ini memang tidak mengganggu performa dari aplikasi IDM tersebut, hanya saja notifkasi IDM is Corrupt tersebut bisa sangat mengganggu dan bisa muncul di saat yang tidak tepat.

Cara atasi IDM is Corrupt

Seperti sedang menonton Film atau bermain Game dan jika anda tekan OK, maka halaman Browser baru akan langsung terbuka.

Cara atasi IDM is Corrupt

Sebenarnya masalah yang terjadi adalah karena Patch pada IDM terbaru ini memang ada masalah dan kabarnya juga ini adalah bentuk proteksi baru dari IDM untuk membuat tidak nyaman pengguna yang menggunakan IDM bajakan.

Sebenarny ada 2 buah solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini yang sudah saya coba sendir dan tentu saja berhasil dan membuat IDM tersebut tidak mengganggu lagi, berikut yang bisa anda lakukan :


1. Force Stop (End Task) di App Background


Cara ini tentu saja tidak akan memperbaiki IDM yang masih sedikit Crash tersebut, hanya saja jika anda menggunakan cara ini maka notifikasi IDM is Corrupt tidak akan muncul untuk sementara waktu, dalam artian tidak akan muncul jika IDM tersebut di matikan dari App Background.

Caranya adalah silahkan buka Task Manager atau langsung tekan saja CTRL + SHIFT + DEL, lalu cari App Background di Tab Processes dengan nama Internet Download Manager.

Silahkan Force Stop (End Task) semua yang bernama Internet Download Manager atau IDman.exe, maka otomatis IDM tidak akan stanby lagi dan anda akan terganggu lagi jika sedang menonton film atau sedang bermain game.

Cara atasi IDM is Corrupt

Jika anda ingin mengaktifkan IDM lagi, maka buka saja aplikasi IDM tersebut dan IDM akan kembali lagi berjalan di App Background, semudah itu sebenarnya caranya, lagian anda juga tidak melulu mendownload setiap saat bukan? jadi dengan melakukan Disable dalam beberapa waktu sedang tidak di perlukan memang merupakan tindakan yang cukup bijak untuk di lakukan sekarang.


2. Downgrade versi IDM


Ini adalah solusi jika anda tidak ingin menemui masalah IDM is Corrupt dengan mudah, pasalnya masalah ini hanya muncul di variant IDM versi 6.32 Build 6 saja, jika anda menggunakan versi di bawahnya, maka sudah pasti masalah ini tidak akan muncul lagi.

Selain itu saya juga tidak tahu apa perbedaan dari IDM versi lawas dan baru tersebut, ketika saya gunakan kecepatan Download masih tetap sama saja, tampilan antarmuka pun sama saja.

Jadi, melakukan Downgrade ke versi lebih rendah memang menjadi solusi terbaik saat ini, hanya saja jika anda ingin melakukan Downgrade, saran saya adalah lakukan Uninstall dulu secara Full pada IDM versi 6.32 Build 6 yang sedang bermasalah sekarang, tujuannya adalah agar tidak meninggalkan jejak berupa Cache dan Registry. Sehingga pada IDM versi Downgrade nantinya anda tidak akan menemui masalah serupa lagi.

Cara atasi IDM is Corrupt


3. Update IDM ke Versi Minimal 6.32 Build 8


Masalah Pop up Notifikasi IDM is Corrupt ini sudah teratasi sepenuhnya di versi IDM Build baru, anda bisa menggunakan IDM versi 6.32 Build 8 minimal atau gunakan versi setelahnya.

Jadi, silahkan anda wahai "Pak Tani" memperbaharui IDM yang anda gunakan sekarang ini, karena saya sudah membuktikannya sendiri, masalah IDM is Corrupt sudah benar-benar teratasi dengan Patch terbaru pada versi IDM Build paling terbaru.

Dengan demikian, menurut saya ke-2 cara diatas adalah cara yang paling rasional untuk anda lakukan sekarang jika memang anda merasa terganggu dengan Notifikasi Pop Up dari IDM is Corrupt tersebut.

Jika anda masih ingin stay di versi IDM 6.32 Build 6 tersebut juga tidak masalah, anda bisa menggunakan cara pertama sambil menunggu Fix untuk Patch-nya yang saya pikir tidak akan lama lagi akan hadir, semoga bermanfaat.

Tags :

Published by : Javem Tupelo

Rada belagu sih, tapi ngangenin!