Cara mematikan Update Aplikasi Otomatis di Google Play Store - ASHADIN

Wednesday, March 6, 2019

Cara mematikan Update Aplikasi Otomatis di Google Play Store

Cara mematikan Update Aplikasi Otomatis di Google Play Store

Cara agar play store tidak update

Google Play Store memang sudah tidak bisa lagi di pisahkan dengan OS Android, mengapa tidak? karena dengan adanya Google Play Store tersebut anda bisa mendownload ribuan aplikasi keren, game yang menyenangkan, aplikasi tak karuan dan bisa anda dapatkan secara gratis tentunya, meski demikian ada juga beberapa aplikasi yang mengharuskan anda untuk membayar sekian uang terlebih dahulu.

Dalam Google Play Store anda bisa dengan mudah mengunduh aplikasi apapun yang anda inginkan, asalkan aplikasi tersebut tidak bersifat illegal atau semacamnya, selain itu untuk keamanan aplikasi yang di distribusikan di Google Play Store itu sudah di jamin keamanannya.

Sehingga terbebas dari segala macam virus dan ancaman yang bisa merugikan pengguna. Jadi, wajar saja jika aplikasi yang tersedia di Google Play Store itu kebanyakannya memang aplikasi dengan rating yang tinggi dan mendapat feedback yang baik dari pengguna.

Selain terdapat ribuan aplikasi yang sangat keren dan bermacam-macam coraknya, di Google Play Store sendiri juga di bekali dengan satu buah fitur yang sebenarnya cukup penting dan menarik, yaitu adalah fitur Auto Update.

Dimana fungsi utama dari fitur ini adalah agar aplikasi yang sudah anda Download dan Install dari Play Store selalu up to date dengan versi paling baru yang telah di rilis oleh developers aplikasi bersangkutan.

Hanya saja terdapat banyak respon negatif dari para pengguna fitur Auto Update tersebut, yaitu adalah borosnya Kouta internet yang habis bisa begitu cepat akibat dari Fitur Auto Update tersebut.

Umumnya setiap aplikasi itu bisa membutuhkan data sekitar 1MB hingga 1GB banyaknya untuk bisa melakukan update dan bayangkan saja jika anda punya puluhan aplikasi dan game yang Update setiap hari.

Maka sudah jelas Kouta Data Internet anda di pastikan akan bocor kemana-mana, maka dari itu sebaiknya jangan aktifkan fitur Auto Update tersebut, kecuali jika anda menggunakan jaringan Wi-Fi.

Di Google Play Store sendiri anda juga di beri keleluasaan untuk bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Auto Update tersebut, meski anda non-aktifkan anda masih bisa melakukan Update secara manual dan saya pikir cara ini lebih efektif di banding harus mengupdate semua aplikasi yang bisa jadi ada beberapa di antaranya yang mungkin tidak anda butuhkan.


Untuk bisa menonaktifkan fitur Auto Update tersebut, sebenarnya cukup mudah anda hanya perlu mengikuti cara ini :


1. Silahkan buka aplikasi Google Play Store.
2. Selanjutnya silahkan buka menu Settings.

Cara agar play store tidak update

3. Lalu pilih pada bagian opsi Auto-Update Apps.

Cara agar play store tidak update

4. Silahkan pilih salah satu, kalau saya menyarankan anda untuk pilih opsi Don't Auto-Update Apps.

Cara agar play store tidak update

5. Selanjutnya tekan Done.
6. Selesai!

Sebegitu mudahnya sebenarnya, dengan mengikuti cara ini di pastikan Kouta anda tidak lagi terbuang secara sia-sia untuk melakukan update secara terus-menerus pada puluhan aplikasi yang telah anda download dari Google Play Store.

Untuk anda ketahui bahwa biasanya aplikasi-aplikasi di Google Play Store itu memberikan update secara Minor saja, maka saya pikir tidak begitu penting untuk mengupdate sebuah aplikasi yang jika updatenya hanya bersifat minor saja.

Namun, jika sifat update tersebut adalah Major maka anda harus melakukan update tersebut, karena biasanya jenis update ini akan membawa perubahan yang besar.

Terakhir, jika anda tidak ingin Kouta Internet anda habis tak karuan karena fitur Auto Update tersebut, tetapi anda masih ingin agar aplikasi-aplikasi anda up to date, maka saya sarankan pilih opsi Auto Update dengan menggunakan Wi-Fi Only saja, menurut saya akan lebih rasional jika anda menggunakan opsi ini, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact