√ Cara Auto Scaling Dokumen Table yang akan di Print agar terlihat lebih rapi tanpa edit di Microsoft Excel - ASHADIN

Saturday, March 9, 2019

Perbaiki Scaling Print di Microsoft Excel

√ Cara Auto Scaling Dokumen Table yang akan di Print agar terlihat lebih rapi tanpa edit di Microsoft Excel

Cara otomatis merapikan dokumen table Microsoft Word

Seperti yang anda tahu, jika kita berbicara terkait pengolahan data berbentuk Table, maka jawabannya adalah pasti menggunakan Microsoft Excel, karena memang aplikasi satu inilah yang sudah sangat handal untuk di gunakan dalam pengolahan Table yang memiliki fitur yang lengkap.

Selain fiturnya yang sangat lengkap, anda bisa membuat ratusan hingga ribuan Table dengan sangat mudah, karena memang di Microsoft Excel semua Dokumen memang di bentuk berdasarkan mekanisme Table.

Jadi, aplikasi ini akan sangat cocok dan dapat di andalkan untuk membuat dokumen seperti dokumen List Barang, Rancangan Anggaran, Pengguna Anggaran dan lain sebagainya.

Lalu, hanya ada satu masalah yang kerap di temukan pada Microsoft Excel tersebut, yaitu adalah saat akan di Print anda mesti mengatur ulang lagi, jarak Table satu dan lainnya agar muat ke dalam kertas yang anda Print nantinya, jika tidak, maka akan terlihat aneh dan terpotong seperti ini :

Cara otomatis merapikan dokumen table Microsoft Word

Sebenarnya, solusi dari masalah satu ini sangat-sangat gampang sekali, karena di Microsoft Excel sendiri sudah di sediakan sebuah Fitur Scaling yang bisa secara otomatis untuk melakukan penyesuaian antar Margin Dokumen sehingga muat ke dalam satu kertas ketika akan anda Print.

Sayangnya, kebanyakan orang tidak tahu adanya fitur ini dan apa yang mereka lakukan? mereka menyesuaikan ulang jarak dari Table tersebut lagi yang mana akan membutuhkan waktu yang lebih banyak tentunya.

Jika anda tidak ingin repot, maka silahkan gunakan saja fitur Auto Scaling yang sudah di sediakan oleh Microsoft Excel, fitur ini sejatinya memang di buatkan untuk mengatasi hal serupa, berikut adalah cara kerjanya :

1. Silahkan bukan dulu Dokumen Table yang ingin anda Print.
2. Silahkan masuk ke Menu Print bisa dengan menekan Tombol CTRL + P.
3. Jika sudah silahkan lihat pada bagian menu Kiri bawah, disini masih tersetting No Scaling.

Cara otomatis merapikan dokumen table Microsoft Word

4. Silahkan ubah Opsi No Scaling menjadi Fit Sheet on One Page, maka secara otomatis Dokumen Table anda akan di Konversi semuanya ke dalam satu buah lembar Print saja, seperti ini :

Cara otomatis merapikan dokumen table Microsoft Word

5. Jika anda ingin lebih rapi silahkan pilih Opsi Fit All Columns on One Page, maka secara otomatis lebar dari Dokumen Tabel akan di sesuaikan dengan ukuran maksimal Margin Kertas yang sudah anda atur sebelumnya ke dalam beberapa lembar kertas Print, seperti ini :

Cara otomatis merapikan dokumen table Microsoft Word

6. Terakhir, silahkan saja di Print.
7. Done!

Dengan demikian, langkah ini tentu saja akan sangat menghemat waktu, karena anda tidak perlu lagi mengatur satu persatu Table agar muat ketika akan di Print ke dalam suatu kertas.

Fitur Auto Scaling ini memang sangat berguna jika anda ingin berkerja secara cepat, hasilnya pun menurut saya selalu pas dan memuaskan, hanya saja yang menjadi kendalannya adalah jika terdapat banyak sekali Columns.

Maka bisa jadi, hasil tulisan di Print akan terlihat begitu kecil, untuk mengatasi masalah seperti ini, anda bisa mengubah Page Style menjadi Landscape atau membagi 2 dokumen Columns tersebut ke 2 halaman File berbeda, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact