Cara atur hasil Print Power Point agar dalam 1 lembar kertas terdapat banyak Slide dan berwarna Hitam Putih - ASHADIN

Saturday, March 9, 2019

Cara atur hasil Print Power Point agar dalam 1 lembar kertas terdapat banyak Slide dan berwarna Hitam Putih

Cara atur hasil Print Power Point agar dalam 1 lembar kertas terdapat banyak Slide dan berwarna Hitam Putih

Cara atur Slide Print dan Warna Power Point

Jika anda seorang Siswa atau Mahasiswa bahkan seoarang perkerja kantoran yang ingin melakukan Presentasi, pasti akan menyiapkan bahan Presentasi itu bukan? selain anda menyiapkan Slide untuk presentasi yang akan anda lakukan.

Tentu anda juga harus menyiapkan sebuah Module dan di dalam Module tersebut pasti akan anda sertakan Slide Presentasi yang akan anda Print, sayangnya bisa jadi hal semacam ini akan membuat anda merogoh kocek yang lebih dalam.

Apalagi jika anda tidak punya Printer sendiri di rumah dan anda melakukan Printing di toko ATK bayangkan saja anda memprint 50 Slide warna kali 25 orang, berapa uang yang anda habiskan? tentu dari segi keuangan anda akan di rugikan dari hal ini.

Tetapi, tenang saja anda bisa mengakali hal ini dengan cara menekan harga Print tersebut dengan cara menggabung beberapa Halaman Slide ke dalam satu kertas dan mengubah Format warna dari hasil Print file Presentasi tersebut ke dalam wakna Hitam Putih ataupun warna Gray Scale.

Cara ini selalu saya lakukan jika ingin melakukan Presentasi, selain mengirit kertas dan tintah printer, cara ini juga akan menekan biaya jika anda melakukan Print secara berbayar di toko percetakan.


Lalu apa yang perlu anda lakukan? berikut adalah cara untuk mengatur agar dalam satu kertas muncul beberapa Slide dan cara mengatur warna Slide otomatis menjadi Hitam Putih atau Gray Scale semua.


1. Silahkan buka dulu file Slide Power Point yang akan anda Print.
2. Selanjutnya masuk ke halaman Print bisa dengan menekan Tombol CTRL + P.
3. Lalu silahkan anda atur berapa jumlah Tampilan Slide dalam Satu kertas, dengan menekan Opsi ini, dalam kasus ini saya memilih menampilkan 4 Slide dalam satu lembar kertas Print.

Cara atur Slide Print dan Warna Power Point

3. Agar hasil lebih rapi atur dulu kertas menjadi Style Landscape.

Cara atur Slide Print dan Warna Power Point

4. Selanjutnya agar bisa otomatis berubah warna menjadi Gray Scale atau Black white silahkan ganti Opsi Color menjadi seperti ini :

Cara atur Slide Print dan Warna Power Point

5. Terakhir, maka hasilnya akan terlihat seperti ini.

Cara atur Slide Print dan Warna Power Point

6. Done!

Dengan mengikuti cara diatas tentu saja selain akan menghemat biaya, Module bawaan Presentasi anda akan menjadi lebih sedikit, kalau saya pribadi sebaiknya jangan atur lebih dari 4 Slide dalam satu lembar kertas Landscape.

Karena, biasanya tulisannya akan menjadi sangat kecil dan agak sulit untuk di baca, idealnya dalam satu Lembar kertas itu Minimalnya 1 Slide dan maksimalnya 4 Slide.

Untuk kualitas Print sendiri, saya sarankan gunakan saja yang Standard kalau perlu High, agar tulisan bisa terbaca dengan sempurna.

Jika ada pertanyaan lebih baik hasil Gray Scale atau Black White? maka jawabannya menurut saya sendiri adalah Gray Scale, karena di dalam suatu kondisi, seperti background Slide menggunakan gaya warna yang gelap dan tulisan yang gelap juga.

Maka, pilihan Gray Scale menjadi lebih baik pada kasus ini, di karenakan tulisan Text pada Slide akan tetap bisa terbaca dengan mudah, tetapi jika anda menggunakan warna Black White, sudah pasti tulisan akan hilang, karena menyatu dengan warna latar yang sama-sama gelap.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact