Cara atasi Wi-Fi Android yang tidak bisa terhubung ke Access Point - ASHADIN

Friday, March 8, 2019

Wi-Fi Android Tidak Dapat Terhubung

Cara atasi Wi-Fi Android yang tidak bisa terhubung ke Access Point

Cara atasi Wi-Fi android yang tidak bisa terhubung

Selain menggunakan Mobile Network sebagai media untuk menjelahi Internet, semua smartphone Android yang ada saat ini juga sudah di bekali dengan kemampuan Wi-Fi yang bisa membuat anda terhubung kapan pun anda mau, asalkan titik Access Point dari Wi-Fi itu ada dan anda tahu password atau halusnya berhak atas koneksi jaringan Wi-Fi tersebut.

Tetapi, seperti kebanyakan fitur Android lainnya yang bisa jadi Error dalam suatu waktu, sama halnya dengan fitur Wi-Fi tersebut, kadang pada smartphone Android Wi-Fi tersebut tidak bisa berkerja dengan semestinya atau tidak bisa terkoneksi ke Access Point dengan baik.

Umumnya proses Koneksi akan terhenti pada Obtaining IP Address... atau hanya memunculkan pesan Saved saja, tetapi faktanya dari kasus ini maka sudah bisa terlihat masalahnya, sehingga untuk kedua Logs progress tersebut bisa di ketahui bagaimana cara mengatasinya :


# Obatining IP Address


Jika koneksi Wi-Fi anda hanya memunculkan pesan Obatining IP Address tanpa bisa terkoneksi, berarti masalah utamanya adalah pada kekuatan Sinyal dari Wi-Fi itu sendiri, biasanya jika Sinyal Wi-Fi lemah, maka smartphone Android anda akan kesulitan untuk menyambungkan ke Access Point.

Tetapi, jika sudah anda pastikan Sinyal Wi-Fi kuat seperti lebih dari 2 Bar, maka sudah pasti fitur Wi-Fi di Android anda yang menjadi masalahnya, cara untuk memperbaikinya mudah sekali, yang perlu anda lakukan anda dengan mereset Wi-Fi di Android anda dengan cara sebagai berikut :

1. Silahkan buka dulu Access Point Wi-Fi yang sebelumnya sering anda pakai, atau barusan anda pakai dan baik-baik saja koneksinya.
2. Setelah itu silahkan buka Menu More pada titik Access Point pada Wi-Fi tersebut.
3. Selanjutnya tekan Forget Network.
4. Silahkan lakukan Koneksi ulang dengan memasukan Password Wi-Fi lagi.

Cara diatas selalu saja efektif untuk melakukan Reset kepada titik Access Point yang bermasalah, cara ini selalu saya gunakan jika Wi-Fi di smartphone Android saya bermasalah dan harusnya cara ini juga akan berhasil untuk anda.


# Saved


Dalam kasus ini biasanya anda sudah pernah atau sering terkoneksi ke titik Access Point dan biasanya metode koneksinya secara Otomatis, jika Wi-Fi Android anda sudah hidup maka otomatis akan terhubung dengan koneksi Wi-Fi yang sudah terkait pada smartphone Android anda sebelumnya.

Karena data Password Login dan IP Address sudah tersimpan dalam data base smartphone Android anda begitu pula dengan Router yang anda miliki, lalu jika tidak bisa terhubung ke jaringan Wi-Fi dan terus-terusan menampilkan Log Progress Saved, berarti ada masalah disini, yang bisa kita identifikasi ke 2 buah masalah berikut ini :

1. Anda tidak bisa terkoneksi karena jumlah pengguna Router (Access Point) yang sudah penuh.
2. Password Access Point tersebut telah di ganti.

Umumnya masalah Wi-Fi gagal terkoneksi dengan status Saved ini biasanya datang dari 2 hal diatas, untuk solusinya sudah pasti silahkan Reset Router anda, agar anda bisa terhubung lagi, atau buat Access Point baru.

Tetapi, jika anda hanya nebeng jaringan Wi-Fi tetangga atau teman yang sudah di ganti Passwordnya, yang bisa anda lakukan ialah dengan menanyakan ulang Password tersebut, jika Password tersebut sudah benar, harusnya sekarang anda sudah bisa terkoneksi lagi ke jaringan Wi-Fi seperti biasanya.

Dengan demikian, harusnya tuntas sudah permasalah Wi-Fi yang tidak bisa terhubung ke jaringan Access Point tersebut.

Hal ini akan berbeda jika pada kasus anda jika yang di permasalahkan adalah Wi-Fi anda yang tidak mau on, untuk solusi dari masalah tersebut tidak bisa dengan cara diatas, karena biasanya Wi-Fi yang Error atau tidak mau Hidup di Android itu masalahnya pasti terletak di Software yang Crash atau Hardware Wi-Fi yang telah rusak.

Maka dengan demikian jika Wi-Fi Android anda tidak mau hidup, saya rasa penyelesaian yang paling rasional adalah dengan melakukan Flash Ulang atau membawa smartphone tersebut ke tempat Service untuk mengetahui sebenarnya ada kerusakan apa pada fitur Wi-Fi di smartphone Android yang anda miliki.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact