Benarkah Blog yang lama tidak Update Artikel, Visitornya akan turun drastis? - ASHADIN

Sunday, March 10, 2019

Benarkah Blog yang lama tidak Update Artikel, Visitornya akan turun drastis?

Benarkah Blog yang lama tidak Update Artikel, Visitornya akan turun drastis?

Visitor turun Blog tidak Update

Bagi para Blogger pemula, memiliki pengalaman dan pengetahuan yang minim terkait dunia Blogging itu memang menjadi hal yang wajar, karena jika anda ingin sukses dalam dunia ini, maka mau tidak mau anda harus banyak belajar dari penglaman, bisa itu pengalaman orang ataupun dari pengalaman anda sendiri.

Seperti yang saya akan lakukan sekarang ini, saya akan membuktikan apakah sebuah Blog yang tidak Update Artikel cukup lama, apakah akan membuat Visitor turun drastis? dari kasus dan bukti yang akan saya tampilkan di bawah ini, maka anda bisa mendapat pengetahuan baru.

Tujuannya memang untuk mengetahui kondisi sebenarnya yang mungkin sebelumnya baru anda ketahui dari "Katanya" saja, tetapi tidak ada bukti, maka disini saya akan memberikan bukti itu, seberapa besar penurunan Visitor Blog yang tidak di kerjakan selama beberapa Bulan.

Untuk kasus ini saya sengaja tidak mengupdate Artikel pada salah satu Blog lama saya, saya cuma ingin tahu jika tidak di Update dalam waktu tertentu, seberapa besar penurunan Visitor yang terjadi, apakah secara Drastis Turun, Stabil atau turun perlahan?

Untuk statistiknya sendiri saya menggunakan Google Webmaster Tool, data yang saya tampilkan adalah data berupa Impressi Kueri di Halaman Pencarian Google dan tentu saja juga dengan Jumlah Klik hariannya.

Secara singkat Blog yang saya uji coba ini tidak saya Update Artikelnya dari Tanggal 1 Bulan November 2018 lalu hingga 10 Maret 2019, artinya selama 4 Bulan lebih saya sama sekali tidak membuat postingan pada Blog tersebut, lalu apa yang terjadi?


Anda bisa lihat sendiri dari Chart Graphic harian Traffic ini :


Visitor turun Blog tidak Update

Pada Chart diatas adalah Graphic perkembangan Traffic Blog saya selama 6 Bulan terakhir, dan pada Garis Merah adalah saat dimana saya tidak melakukan aktifitas Posting sama sekali, kecuali membalas komenan yang masuk yang kurang lebih mungkin ada sekitar 300-400 Komentar yang masuk hingga 4 Bulan terakhir.


Menurut saya jumlah komenan yang masuk juga tidak akan berpengaruh besar terhadap Traffic suatu Blog, jadi dapat disimpulkan dalam beberapa hal di bawah ini :


1. Satu Bulan pertama saya tidak melakukan Update Artikel Visitor cenderung Stabil
2. Dua Bulan setelahnya terlihat adanya penurunan baik Impressi maupun Jumlah Klik.
3. Setelahnya hingga bulan sekarang terlihat adanya penurunan yang Stabil, sedikit demi sedikit.
4. Setelah 4 Bulan tidak Update Artikel maka di ketahui adanya penurunan kurang lebih 20% dari Jumlah Traffic Normal.

Maka, dari kasus diatas sudah pasti bisa di ketahui bahwa sebuah Blog yang tidak di jalankan dengan semestinya, walaupun sudah memiliki Ranking yang baik dan Jumlah Visitor yang Stabil sebelumnya, jika tidak di kerjakan atau tidak di Update Artikelnya maka pasti akan menurun Jumlah Visitornya.

Selanjutnya dapat kita ketahui juga bahwa penurunan yang terjadi tidak Drastis dan cenderung Turun secara perlahan dan Stabil, hal ini di pengaruhi oleh jumlah artikel di dalam Blog tersebut, yang pada Blog yang saya uji coba ini jumlah artikel ada sekitar 600 buah.

Untuk pendapatan sendiri, setalah 4 Bulan saya mengalami penurunan pendapatan sekitar 15-20% yang jika di rupiahkan mungkin sekitar 1 Juta lebih, hal ini juga di pengaruhi dengan Faktor lain seperti harga CPC yang kecil di awal tahun.

Kenapa saya melakukan hal ini? karena saya ingin tahu dan saya ingin berbagi dengan anda.

Kenapa saya berani Rugi melakukannya? Karena saya pikir penurunan pendapatan sekitar 1 Jutaan saja bukan menjadi masalah, karena Jumlah Income yang masih tergolong besar setiap bulannya.

Jika saya tidak melakukan hal ini, maka saya tidak akan pernah tahu seberapa besar akan dampak jika suatu Blog tidak di kerjakan dengan semestinya, sehingga dengan demikian saya tahu takaran seberapa lama saya bisa ambil cuti dalam kegiatan Blogging tanpa perlu takut adanya terjadi penurunan Visitor Blog.

Maka, jawabannya seperti yang sudah saya jelaskan diatas, umumnya Blog yang tidak di kerjakan selama 1 Bulan penuh, maka tidak akan mempengaruhi jumlah artikel, dari sini kita bisa berpikir ulang, apakah dalam waktu 1 Bulan tersebut ingin fokus membuat Blog baru atau tidak, tanpa adanya kerugian yang berarti.

Lalu, jika Visitor sudah Turun apakah akan sulit untuk mengembalikan jumlah Visit hariannya? saya pikir jika Blog yang sudah memiliki Ranking bagus dan Kueri pencarian yang sudah banyak, dalam waktu 1-2 Bulan pun jika di kerjakan secara konsisten lagi, maka Visitor akan kembali Normal.

Dengan demikian, kasus saya diatas bisa menjadi acuan anda untuk bisa melakukan Experiment lain atau sebagai dasar pembuat keputusan anda di masa depan.

Perlu saya ingatkan lagi, anda tidak boleh Cuti dalam kegiatan Blog jika Ranking Blog anda masih belum kuat, jumlah artikel anda kurang dari 300 atau Visitor anda belum mencapai 10 Ribu lebih, karena bisa jadi akan terjadi lonjakan penurunan yang sangat besar.

Saya sendiri sudah cukup lama ingin melakukan hal ini, tetapi karena beberapa pertimbangan baru saya lakukan pada beberapa Bulan lalu, yang pada hasil akhirnya saya puas, bisa mengetahui Fakta ini.

Semoga artikel ini bisa membuka pikiran anda, pengetahuan anda atau memancing anda untuk melakukan Eksperiment lain, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact