√ Berbahayakah melakukan Charging Smartphone semalaman? ini faktanya! - ASHADIN

Tuesday, March 19, 2019

Bahaya Charge HP Semalaman

√ Berbahayakah melakukan Charging Smartphone semalaman? ini faktanya!

Bahaya charge semalaman

Anda pasti pernah di marahi keluarga atau teman anda, ketika anda lupa mencabut Charge Smartphone dalam waktu yang lama, karena katanya Baterai smartphone tersebut akan rusak bahkan meledak jika di Charge lama, lalu benarkah ini?

Saya pikir pernyataan diatas tidak salah dan tidak sepenuhnya benar juga, karena memang jika dulu melakukan Charging Smartphone semalaman suntuk memang berbahaya, karena tidak di barengi dengan teknologi yang lebih ramah lingkungan seperti yang ada sekarang ini.

Lalu, apakah sekarang aman melakukan Charging semalaman? Harusnya aman-aman saja, tetapi jangan di buat kebiasaan, dan melakukan Charging semalaman pun juga bisa di lakukan berdasarkan kondisi berikut ini :


1. Charging akan memutus daya jika kapasitas sudah 100%


Ini adalah fitur yang memang umum ada di smartphone zaman sekarang, anda memang tidak perlu khwatir lagi untuk melakukan Charge semalaman, karena Charger akan memutuskan daya jika kapasitas baterai sudah 100% dan sekali lagi teknnologi ini baru ada dan banyka di gunakan untuk smartphone keluaran minimal tahun 2018.

Di bawah tahun itu, saya tidak bisa menjamin apakah smartphone anda memiliki fitur ini atau tidak, jadi saran saya jangan coba-coba lakukan Charging smartphone anda semalaman, jika anda memiliki smartphone jadul.


2. Processor mempunyai fungsi untuk memutus daya


Selain Charger yang sudah di dukung untuk memutus daya, hal yang lebih penting lagi adalah Processor smartphone yang anda gunakan harus sudah pintar dan memiliki fitur pemutus daya secara otomatis jika level baterai sudah 100%, karena yang paling utama adalah terletak pada kemampuan Processor, lalu selanjutnya Charger dan lagi-lagi Smartphone dengan spesifikasi seperti ini baru banyak di gunakan pada smartphone yang rilis di tahun 2018.


3. Harus menggunakan Baterai Li-Po


Ini yang paling penting jangan pernah melakukan Charging semalaman pada baterai bertipe Li-ion, karena sangat berbahaya dan rawan meledak, karena struktur baterai dari Li-ion dan Li-Po itu berbeda.

Dimana pada baterai berjenis Li-Po itu lebih ramah lingkungan karena menggunakan bahan Elektrolit Polimer Padat, yang tentu saja akan lebih aman dan tidak rawan terbakar seperti baterai Li-ion.

Maka, silahkan lihat dulu spesifikasi baterai smartphone yang anda miliki, jika itu Li-ion, jangan pernah sekali-kali melakukan Charging Smartphone semalaman.

Tetapi, jika baterai anda berspesifikasi Li-Po maka bukan berarti anda juga bisa melakukan Charging semalaman, karena jika anda biasakan maka baterai tersebut akan cepat rusak, meski tidak ada potensi seperti terbakar atau meledak.

Dengan demikian, sebenarnya ke-3 pernyataan diatas sudah mewakili, apakah anda boleh melakukan Charging smartphone semalaman atau tidak.

Anda bisa saja melakukan Charging semalaman, asalkan kondisinya terpenuhi seperti yang saya jelaskan diatas, tetapi jangan sering di lakukan, karena ujung-ujungnya pasti akan berakibat buruk, jadi anda sebagai pengguna smartphone itu sebenarnya juga harus cerdas dalam menggunakannya.

Karena semua itu sudah ada prosedur keamanannya dan jangan pernah sekali-kali menggunakan barang tersebut secara berlebihan dan membahayakan, karena jika anda terdampak negatif, maka saya yakin anda pasti akan sangat di rugikan, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact