Ketahui cara merawat baterai smartphone yang benar agar awet tahan lama - ASHADIN

Thursday, February 28, 2019

Cara Merawat Baterai HP

Ketahui cara merawat baterai smartphone yang benar agar awet tahan lama

Cara merawat baterai hp yang benar

Secanggih-canggihnya sebuah smartphone kalau kemampuan baterainya jelek juga tidak bisa di katakan baik, karena indikasi smartphone yang baik itu adalah bisa di gunakan tahan lama dalam satu kali charge.

Sekarang ini kapasitas baterai dari sebuah smartphone sudah besar-besar, umumnya rata-rata kapasitas baterai smartphone saat ini berada pada besaran 3000mAh, sehingga smartphone tersebut bisa untuk di gunakan seharian penuh tanpa perlu khwatir kehabisan daya, dengan syarat bukan untuk pemakaian yang berat seperti bermain game dan sebagainya.

Sebenarnya merawat baterai smartphone itu tidaklah sulit, anda hanya perlu tahu bagaimana cara pengisian yang benar, kapan waktu yang tepat untuk melakukan Charging dan kapan harus melakukan Shutdown smartphone tersebut.

Jika anda bisa merawat baterai tersebut dengan baik, maka saya yakin dalam waktu 1-2 tahun performa baterai smartphone yang anda miliki tetap akan prima, meski ada penurunan sedikit, hal tersebut wajar, karena seiring waktu berjalan kemampuan semua baterai itu pasti menurun.

Disini saya punya beberapa Tips agar anda bisa merawat baterai smartphone yang anda miliki, karena jika baterai tersebut rusak, tentu akan sangat merugikan anda, karena harga dari baterai tersebut bisa jadi akan menguras kantong anda dengan harga ratusan ribu dan bahkan jutaan untuk yang original.

Berikut adalah cara yang benar dalam merawat baterai smartphone yang anda miliki :


1. Charge hingga 100%


Hal ini di peruntukan agar kondisi baterai tetap prima dan flexible dalam menyimpan daya, lakukan ini secara konsisten setiap hari, maka percaya saja baterai anda akan lebih awet dari pada melakukan Charge se-enak dengkul anda.


2. Jangan sampai kondisi baterai habis total


Hal yang di takutkan dari ini adalah bisa jadi baterai smartphone tersebut mati total, sudah banyak kejadian semacam ini, karena baterai tiba-tiba menjadi mati atau rusak total, ketika daya di dalamnya sudah kosong sekali.

Maka dari itu, waktu terbaik untuk melakukan Charging adalah ketika baterai sudah berkapasitas 20% lalu silahkan isi hingga 100% hal ini akan sangat baik untuk kesehatan baterai smartphone yang anda miliki.


3. Jika baterai sudah penuh langsung saja cabut dari Chargeran


Inilah hal yang sering membuat baterai smartphone anda rusak, yaitu anda melakukan Charge semalaman penuh, karena umumnya melakukan charging baterai smartphone itu 1-3 jam saja sudah penuh hingga 100%.

Jika berlebihan maka sudah pasti baterai akan rusak dengan indikasi baterai tersebut akan kembung jika di lihat secara fisik.

Memang ada beberapa smartphone canggih jika baterai sudah mencapai 100% maka akan berhenti melakukan Charge, tetapi ini tidak berlaku untuk semua smartphone, jadi alangkah baiknya jika sudah penuh langsung saja di cabut.


4. Jangan menggunakan kepala charger beda smartphone


Umumnya setiap smartphone itu di bekali dengan adaptor baterainya masing-masing sesuai dengan spesifikasi baterai tersebut.

Sehingga idealnya baterai tersebut akan terjaga kesehatannya jika di charge dengan kepala (adaptor) bawaan dari smartphone tersebut, jika menggunakan charge beda smartphone, maka yang di takutkan adalah beda dari Voltage dan juga Ampere yang pasti saja akan mempengaruhi umur dari baterai smartphone tersebut.

Efek sampingnya biasanya anda akan mendapatkan kecepatan charging yang lebih cepat dari Charger bawaan, hanya saja umur baterai smartphone anda juga akan cepat habis, inilah faktanya, maka dengan demikian hindari pemakaian Charger beda smartphone, itu berbahaya sebenarnya.


5. Charge dalam keadaan smartphone mati


Dengan anda melakukan ini, maka proses Charging akan menjadi lebih maksimal, karena tidak ada proses yang terjadi ketika smartphone anda di matikan.

Jadi, performa Charging bisa menjadi 100%, dampak baiknya adalah baterai anda akan lebih awet jika anda menggunakan cara ini sesering mungkin.

Dengan demikian itulah ke-5 hal yang bisa anda lakukan untuk membuat baterai smartphone anda menjadi lebih awet dan panjang umurnya.

Hindari pemakaian yang berbahaya seperti menggunakan Charger smartphone lain atau melakukan Charge semalaman suntuk, karena ada potensi baterai tersebut meledak dan terbakar.

Maka dari itu saya katakan sekali lagi, melakukan Charging pada sebuah smartphone itu merupakan hal yang harus di perhatikan dengan baik, jangan sampai hal sepele bisa merugikan anda di masa depan nanti.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact