Jaringan Internet tidak muncul di Android anda? mungkin ini penyebabnya - ASHADIN

Friday, February 22, 2019

Jaringan Internet tidak muncul di Android anda? mungkin ini penyebabnya

Jaringan Internet tidak muncul di Android anda? mungkin ini penyebabnya

Cara memunculkan jaringan Internet yang hilang di smartphone android

Internet memang sudah tidak bisa di pisahkan dari kehidupan sehari-hari kita, karena dengan internet kita bisa berkomunikasi dengan keluarga, kerabat bahkan dengan pasangan hidup, selain itu dengan internet kita juga bisa menikmati beragam hiburan atau hanya untuk sekedar mencari informasi yang anda butuhkan.

Maka dengan demikian internet mungkin sudah seperti menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang, salah satu penyebab besarnya pertumbuhan pengguna Internet adalah karena smartphone.

Dengan adanya sebuah smartphone dimanapun dan kapanpun anda mau, maka anda bisa mengakses Internet atau menggunakan layanan internet jika memang kondisinya memungkinkan, tetapi apa jadinya jika koneksi internet tidak muncul di smartphone Android yang anda miliki, padahal daerah yang anda tinggali memungkinkan atau layak untuk mendapat layanan jaringan internet?

Jangan berasumsi dulu bahwa smartphone yang anda gunakan rusak! mungkin beberapa hal ini yang menjadi penyebabnya :


1. Kartu Provider anda belum terdaftar.


Pada tahun 2018 silam, semua pengguna kartu Provider di Indonesia mewajibkan untuk mendaftarkan Kartu keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) agar bisa menggunakan layanan telekomunikasi yang telah ada di Indonesia.

Sehingga jika anda tidak mendaftarkan identitas anda dan kartu provider yang anda gunakan masih bersifat belum legal, wajar saja anda belum bisa menikmati layanan Internet tersebut, jika belum terdaftar biasanya jaringan Internet tidak akan muncul dan anda juga tidak bisa melakukan panggilan dengan indikasi anda di haruskan mendaftarkan informasi diri dulu sebelumnya.

Untuk mendaftarkan diri atau mendaftarkan ulang anda bisa menggunakan cara ini, tenang saja proses verifikasinya gratis yang perlu anda lakukan adalah dengan membuat pesan sebagai berikut :

# Jika anda pengguna baru, maka ketik ini :


DAFTAR#Nomor KK#NIK

Lalu kirim ke 4444

# Jika anda pengguna lama dan ingin mendaftarkan ulang, maka ketik ini :


ULANG#Nomor KK#NIK

Lalu kirim ke 4444

Umumnya cara diatas berlaku untuk semua operator provider yang ada di seluruh Indonesia, untuk proses verifikasinya pun sangat cepat, jadi daftarkan dulu baru anda bisa menikmati layanan yang akan menjadi hak anda.


2. Anda tidak menyetting APN


Secara umum koneksi Internet pada sebuah smartphone Android itu di dasarkan oleh Access Point Name (APN) jika tidak ada APN maka sudah pasti anda tidak akan bisa menikmati layanan Internet.

Maka dengan demikian silahkan buat APN baru dulu dengan APN universal di isi dengan :

internet

APN dengan isi internet tersebut berlaku secara universal, artinya ini adalah APN bentuk global dan bisa di gunakan untuk mengaktfikan layanan jaringan internet dari semua operator provider yang ada di seluruh dunia.


3. Koneksi Internet Memang sedang gangguan


Hal ini sudah lumrah terjadi di negeri kita tercinta ini, karena biasanya jaringan internet itu sewaktu-waktu tidak stabil, biasanya jika hari sedang hujan lebat berserta badainya, jaringan internet akan hilang, mati listrik pun demikian bisa menyebabkan hilangnya jaringan internet.

Maka dengan demikian bisa jadi jaringan internet yang tidak muncul di smartphone Android yang anda miliki gara-gara hal ini, memang tidak ada yang bisa anda lakukan jika sudah terjadi hal semacam ini, yang bisa anda lakukan hanyalah menunggu saja hingga koneksi stabil lagi.

Untuk memastikannya anda bisa bertanya kepada orang lain atau teman terkait jaringan Internet yang anda gunakan, jika anda dan teman anda menggunakan layanan Internet denga kartu provider yang sama dan tentu saja di wilayah yang sama pula, coba tanyakan apakah jaringan internetnya ada atau tidak.

Jika punya dia ada dan punya anda tidak muncul mungkin Point 1 dan 2 diatas yang bisa jadi penyebabnya.


4. Kerusakan dari Software dan Hardware


Memang sangat jarang terjadi, bahkan saya sendiripun tidak pernah menemuinya. Namun, masih tetap bisa terjadi, karena biasanya jika Firmware yang anda gunakan tidak stabil atau bahkan sudah memunculkan Error yang beragam bisa jadi jaringan GSM, 3G dan 4G LTE juga ikut terpengaruh, jika demikian silahkan lakukan Flash atau Install Ulang Firmware bersangkutan atau anda bisa mengupayakan cara Factory Reset ke settingan pabrikan jika itu masih memungkinkan.

Untuk kerusakan Hardware sendiri saya pikir akan sangat kelihatan indikasinya, biasanya kerusakan hardware itu memiliki indikasi jaringan provider hilang total, meski pada kenyataannya tidak terjadi gangguan jaringan sama sekali, maka dari itu jika yang rusak itu hardware maka bukan hanya jaringan internetnya yang hilang, melainkan dari kesuluran signal akan hilang.

Kasus seperti ini akan lebih mudah terlihat pada smartphone dengan teknologi Dual SIM, karena jika kedua buah kartu provider tersebut tidak memunculkan signal sama sekali, maka anda sudah bisa khwatir akan hal tersebut.

Ke-4 hal diatas adalah kemungkinan tersebar kenapa bisa koneksi Internet di smartphone Android anda tidak muncul-muncul.

Silahkan coba cek satu-persatu lagi hal diatas untuk memastikan kondisi yang sebenarnya, semoga saja yang terjadi hanya gangguan jaringan Internet, karena jika sudah sampai ke kerusakan hardware, maka satu-satunya cara adalah hanya dengan memperbaikinya, tentu saja dengan biaya yang tidak murah.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact