Jangan salah beli! kenali 2 Perbedaan ROM yang ada di Android Smartwatch - ASHADIN

Wednesday, February 13, 2019

Jangan salah beli! kenali 2 Perbedaan ROM yang ada di Android Smartwatch

Jangan salah beli! kenali 2 Perbedaan ROM yang ada di Android Smartwatch


Anda berniat membeli sebuah gadget baru? apakah itu Smartwatch? maka anda harus tahu dulu bahwa smartwatch Android itu tidak sama semua dari segi ROM, itulah kenapa ada perbedaan yang kentara antara produk smartpwatch branded dan juga versi produk China.

Jika di lihat dari spesifikasi memang tidak begitu terlihat bayangkan saja, produk smartwatch China dengan Chipset MediaTek 6580 Quad Core RAM 1GB hanya di jual kurang lebih 1-2 Jutaan saja, namun Smartwatch Branded dengan Chipest MediaTek 2601 Dual Core RAM 512MB di jual dengan harga yang mendekati 3 Jutaan.

Jika melihat akan fakta ini anda pasti heran, namun ada hal menarik dari situ, yaitu adalah penggunaan ROM yang berbeda, mereka sama-sama bersistem operasi Android, tetapi menggunakan ROM yang berbeda.

Maka berbeda dengan Smartphone Android jika sudah menggunakan Custom ROM maka tampilan dan sistemnya kurang lebih sama saja, seperti versi Android Murni atau Custom ROM lain, namun di smartwatch semua itu berbeda!

Maka disinilah perbedaan harga tersebut di lihat, karena kebanyakan smartwatch murah produk dari China itu menggunakan OS Android dengan Custom Open Watch Project dan yang mahal biasanya menggunakan OS Android besutan Google yang di beri nama Wear OS (dulunya Android Wear).

Sekarang apakah anda sudah tahu letak perbedaannya? jika belum saya akan bahas lebih dalam lagi dan harapannya anda tidak menyamakan semua smartwatch Android lagi kedepannya :


# Open Watch Project



Di usung oleh seorang developer smartwatch bongkar pasang yang bemenggunakan Android yang sama seperti yang ada di Smartphone Android saat ini, sifat dari ROM tersebut adalah penuh.

Dalam artian anda bisa menggunakan aplikasi Play Store selanjutnya mendownload sendiri aplikasi yang ingin anda gunakan, bahkan anda bisa bermain game di smartwatch yang anda miliki, karena spesifikasi smartwatch yang ada saat ini sudah bukan keleng-kaleng lagi, umumnya sudah berada di spesifikasi standard smartphone Android yang bisa menjalankan aplikasi dan game apapun.

Kenapa smartwatch dengan ROM seperti ini murah? kalau saya pribadi menganggap karena biaya developmentnya tidak banyak, karena sumber utama dari ROM ini adalah AOSP dan selanjutnya di pasangkan Clock Engine, maka jadilah ROM Android smartwatch.

Saya tidak pernah bilang ROM ini jelek, saya justru sangat menyukai ROM seperti ini, mengapa tidak? bayangkan saja anda bisa memasangkan TWRP pada smartwatch kesayangan anda! selanjutnya anda bisa menggunakan Custom ROM, sehingga smartwatch ini bisa jadi menjadi smartphone ke-2 yang anda miliki.

Sebenarnya kekurangan dari jenis ROM ini hanya terletak pada bagian konsumsi daya baterai saja, mengingat spesifikasi smartwacth saat ini yang memiliki paling tidak 300-900mAh, tentu saja penggunaan ROM berbasis AOSP Full seperti ini akan cukup boros, karena banyak process yang harus di jalankan melalui Background OS itu sendiri.


# Wear OS



Impementasi dari OS Android, namun khusus di buat sedemikian rupa agar mudah di gunakan pada smartwatch, artinya ini adalah Custom ROM khusus untuk smartwatch yang di buat dan di kembangkan oleh Google itu sendiri.

Saya pikir kenapa smartwatch yang menggunakan ROM ini mahal? karena bisa jadi biaya development dari Wear OS itu sendiri yang mahal, selain itu bisa jadi harga mahal tersebut karena memang produk barang Branded, bayangkan saya smartwatch keluaran Fossil atau Tag Heuer? adakah yang harganya cuma 1 jutaan?

Disampaing harga tersebut, faktanya adakah bahwa Wear OS ini memang di buat sangat sehebat mungkin untuk smartwatch, anda bisa melihat management notifikasi yang keren pada jenis ROM ini.

Selanjutnya semua smartwartch dengan ROM Wear OS sudah di dukung dengan Google Assistant, meski pada ROM Open Watch Project ada juga bisa menggunakan hal serupa, tetapi di Wear OS penggunaan Google Assistant itu di lakukan dengan rendah daya dan tentu saja maksimal untuk penggunaan smartwatch.

Intinya adalah Wear OS itu memang ROM Android yang khusus di buat untuk Smartwatch dan pengembang dari ROM ini juga tidak main-main, karena Google sendiri yang mengembangkannya.

Jadi, apakah anda harus membeli Smartwatch dengan sistem operasi Wear OS atau Open Watch Project? saya pikir ini sudah menjadi ranah keputusan anda sendiri.

Saya membuat artikel ini bukan untuk mendorong anda harus memilih salah satu yang terbaik menurut saya, namun saya cuma memberitahu bahwa tidak semua smartwatch Android itu sama, cuma itu.

Kalau saya pribadi lebih memilih smartwatch dengan OS Open Watch Project, disamping harganya yang terjangkau, ROM semacam ini lebih banyak potensi masa depannya, karena bisa jadi nanti ada sebuah Custom ROM Android yang lebih hebat dari Wear OS dan bisa anda pasang di Smartwatch produk China yang anda gunakan sekarang ini.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact