Daftar Processor terbaik dan terpopuler untuk smartphone Android - ASHADIN

Friday, February 22, 2019

Processor (CPU) Android Terbaik

Daftar Processor terbaik dan terpopuler untuk smartphone Android

Processor Android terbaik

Anda sedang mencari sebuah smartphone baru yang bertenaga dan memiliki ratio harga dan spesifikasi terbaik di kelasnya? atau sedang mencari tahu apakah jenis processor yang anda gunakan itu bagus atau tidak? maka anda sudah berada di tempat yang tepat.

Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi kepada anda semua terkait merek Processor mana saja yang paling terbaik dan populer untuk smartphone Android.

Perangkingan yang saya buat kali ini berdasarkan banyak pemakai Processor tersebut, kualitas dari processor tersebut dan tentu saja melihat dari feedback pengguna dari smartphone Android dengan processor terkait, sehingga membuat sebuah chart atau perangkingan sebagai berikut :

Sebelum itu saya tekankan sekali ini saya hanya akan membahas merek Processornya saja, bukan secara detail menjelaskan terkait jenis seri dari processor tersebut, karena jika Brand dari Processor tersebut selalu mendapat feedback positif berarti, nama brand dari Processor tersebut memang layak untuk berada di jajaran atas.


1. Qualcomm Snapdragon 


Memulai debu perilisan pada akhir tahun 2007, hingga sekarang membuat produsen Processor satu ini selalu mendapat perhatian yang baik dari publik, karena mindset yang ada saat ini adalah jika sebuah smartphone Android menggunakan processor Qualcomm Snapdragon itu pasti bagus, apakah itu benar?

Kalau saya pribadi menganggap hal ini benar, karena setiap tahunnya Processor Qualcomm Snapdragon selalu saja mengeluarkan teknologi terbaru yang pastinya akan membuat lari kencang performa dari smartphone Android yang anda miliki.

Selain itu mereka juga sering kali menjadi pionir dalam urusan teknologi untuk konektifitas, urusan konsumsi daya baterai hingga hal lainnya, maka tidak mengherankan jika processor Qualcomm Snapdragon menempati peringkat 1, karena selain populer, penyebaran distribusi dari Processor ini juga sangat banyak, sekarang ini ada 3 seri jenis Processor di keluarga Qualcomm Snapdragon, yaitu adalah :

Qualcomm Snapdragon 8xx (High End)
Qualcomm Snapdragon 6xx (Mid End)
Qualcomm Snapdragon 2xx (Low End)


2. MediaTek


Memulai Debut untuk processor Mobile pada tahun 2004 juga membuat produsen processor satu ini masih exist dan terpercaya hingga sekarang, jika kita urut berdasarkan rilis jenis Processor maka, MediaTek inilah yang paling sering memberikan rilis Processor baru yang mereka buat.

Kabarnya penyebaran penggunaan Chipset MediaTek ini bahkan lebih banyak dari Qualcomm Snapdragon, maka wajar saja jika kebanyakan smartphone lokal maupun branded banyak mempercayakan performa dari smartphone yang mereka garap ke MediaTek.

Umumnya smartphone dengan jenis Processor MediaTek ini di jual lebih murah dari pada smartphone dengan Chipset Qualcomm Snapdragon, untuk urusan performa MediaTek ini juga bisa di andalkan.

Tetapi, berbeda dengan Qualcomm Snapdragon yang menyasar semua kelas, untuk MediaTek sendiri biasanya hanya menyasar pada kelas Menengah dan kelas bawah saja, untuk perbedaan utama dari Qualcomm Snapdragon adalah bahwa MediaTek ini lebih boros terhadap daya tahan baterai.

Sekarang ini ada banyak sekali jenis Processor MediaTek yang biasanya di pakai untuk smartphone Entry-level adalah berseri MT tanpa embel-embel dan Flagshipnya memiliki embel-embel Helio X dan Helio P.


3. Samsung Exynos


Seperti namanya sendiri, jenis Processor ini di buat secara langsung oleh raksasa teknologi yang berasal dari Korea Selatan yaitu Samsung!, mereka mulai serius terjun ke dunia Processor ini pada tahun 2011 untuk jajaran seri Smartphone Samsung Galaxy S.

Untuk urusan performa, Samsung Exynos ini hampir sama seperti Qualcomm Snapdragon, irit daya, powerful dan canggih, begitulah kira-kira.

Kenapa tidak mendapat perangkingan nomor 2? karena saya pikir tingkat persebaran pengguna dan harga yang menjadi faktor pentingnya.

Seperti yang anda ketahui harga processor Samsung Exynos ini lebih mahal dari rata-rata harga Chipset MediaTek, sehingga tidak banyak vendor smartphone yang menggunakan jenis Processor ini.

Umumnya jenis Processor ini biasa di temukan pada jenis smartphone Samsung Galaxy saja, sehingga mungkin akan kalah populer dari Chipset MediaTek apalagi Qualcomm Snapdragon, namun urusan tenaga, saya jamin 11 12 sama Qualcomm Snapdragon.

Adapun seri processor yang teradap pada Samsung Exynos adalah sebagai berikut :

Exynos 2
Exynos 3 
Exynos 4 
Exynos 5 
Exynos 6 
Exynos 7 
Exynos 8 
Exynos 9 

Dan selalu update seri pada beberapa tahun sekali, sekarang ini Flagship dari variant Samsung Exynos berada pada versi Exynos 9, untuk anda ketahui sendiri Qualcomm Snapdragon pernah melakukan kerja sama dengan Samsung Exynos untuk membangun Chipset dengan ukuran 10nm, jadi bisa di bayangkan bahwa Samsung Exynos ini sebenarnya memiliki teknologi yang bisa jadi lebih canggih dari Qualcomm Snapdragon.


4. Huawei Kirin (HiSilicon)


Tidak mau kalah dari vendor pesaing yaitu Samsung, raksasa teknologi asal China ini juga ikut membuat sebuah Processor buatan sendiri yang di beri nama Kirin yang telah memulai debutnya pada tahun 2015 untuk jajaran smartphone flagship Huawei.

Untuk persebarannya sendiri kurang lebih sama saja seperti Samsung Exynos, karena biasanya Processor ini hanya dapat di temukan pada variant smartphone Huawei saja, untuk urusan performa saya pikir hampir salip-salipan dengan Samsung Exynos.

Untuk variant serinya sendiri teradapat beberapa macam yang menyasar beberapa kelas, sebagai berikut :

Kirin 6xx (Entry-level)
Kirin 7xx (Mid-High)
Kirin 9xx (High end)


5. Broadcom


Memang tidak seterkenal pesaingnya diatas. Namun, processor Broadcom ini juga termasuk salah satu processor yang masih exist sekarang ini, percaya atau tidak vendor besar seperti Samsung dan HTC pernah menggunakan processor besuatn Broadcom tersebut.

Tetapi, sekarang ini jenis processor ini kebanyakan hanya di temukan pada variant smartphone Entry-level besutan produk lokal saja, untuk performanya juga cukup menjanjikan di kelas menengah kebawah.

Dengan demikian, itulah ke-5 jenis Processor yang paling baik dan paling populer hingga sekarang ini, sejatinya sebuah smartphone Android itu tidak bisa di bilang bagus dari jenis processornya saja, tetapi masih banyak lainnya seperti, RAM, Baterai dan hardware lainnya.

Tetapi, faktor utama yang membuat smartphone Android itu menjadi sangat bertenaga ialah karena Processor itu sendiri,jadi processor mana yang anda gunakan sekarang?

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact